Produsen serat rayon berkelanjutan, Asia Pacific Rayon (APR) bersama Jakarta Fashion Hub (JFH) dan  Ikatan Designer Ecoprint Indonesia (IDEI) baru saja meluncurkan koleksi kolaborasi, yaitu Moda Botanica pada Jumat, (10/12). Runway digital fashion show kali ini menampilkan 18 desainer ecoprint dengan koleksi busananya yang cocok digunakan dalam berbagai kesempatan.

Ikatan Designer Ecoprint Indonesia (IDEI) sendiri adalah komunitas UMKM yang mendukung gerakan sustainable fashion. Komunitas ini diprakarsai oleh Inen Kurnia, Geisha Ratu, Wirasanti dan Sri Isnawati pada 2014 lalu. Sementara itu, kolaborasi Moda Botanica ini diinisiasi oleh Jakarta Fashion Hub, selaku ruang kolaborasi yang mempertemukan fesyen dan kreativitas yang digagas oleh APR.

FYI Bela, dalam pembuatan koleksi Moda Botanica ini, IDEI menggunakan bahan rayon viscose dari APR yang ramah lingkungan. Kira-kira seperti apa sih koleksi Moda Botanica dari APR dan IDEI? Buat Bela yang penasaran, langsung simak artikelnya berikut ini yuk!

1. Ayya Craft by Yuli Wulandari

Sustainable Fashion, Ini 7 Koleksi Teknik Ecoprint dari APR X IDEIDok. APR

Koleksi pertama datang dari Yuli Wulandari. Outfit yang satu ini menghadirkan mini dress lengan pendek bernuansa earth tone yang dipadukan dengan warna cokelat muda dan cream bermotif motif dedaunan khas ecoprint. 

"Kolaborasi antara APR dan IDEI ini kami harapkan semakin menggerakkan semangat sustainable fashion di Indonesia. Kolaborasi ini menggunakan kain viscose-rayon, teknik pewarnaan dan pembuatan motif yang seluruhnya berasal dari kekayaan botani yang menjadi dasar dari tema kolaborasi kali ini 'Moda Botanica'," kata Sheila Rahmat, Head of Marketing Communication Asia Pacific Rayon.

Bela bisa melengkapi outfit ini dengan white sneakers untuk tampilan yang lebih cute! Jika ingin mendapatkan gaya yang lebih elegan, kamu bisa menambahkan aksesori berupa belt dengan warna senada.

2. Syirka Ecoprint by Anggyatika

Sustainable Fashion, Ini 7 Koleksi Teknik Ecoprint dari APR X IDEIDok. APR

Selanjutnya ada koleksi mini dress lengan panjang dengan siluet A-line dari Anggyatika. Koleksi ini menyuguhkan motif dedaunan yang dominan dengan warna cokelat tua. Tambahan dasi kupu-kupu pada dress ini memberikan kesan formal tapi tetap stylish!

Bela bisa memadukannya dengan wedges dan heels berwarna senada atau cokelat yang lebih muda supaya look kamu semakin cute. Oh iya, koleksi Syirka Ecoprint juga sudah menerapkan konsep sustainable fashion lho!

3. 12Neta by Julitta Savitri

Sustainable Fashion, Ini 7 Koleksi Teknik Ecoprint dari APR X IDEIDok. APR

Koleksi outfit Moda Botanica yang satu ini juga menghadirkan mini dress lengan panjang bernuansa formal, Bela. Dengan siluet I-line dan motif dedaunan khas ecoprint, dress ini terbuat dari kain viscose dan pewarna yang ramah lingkungan lho.

Dress ini juga bisa jadi pilihan untuk Bela yang ingin tampil simpel nan elegan. Untuk menambah kesan yang lebih elegan dan mewah, kamu pun bisa padukan wedges atau heels.

4. Nauli Ecoprint by Iwan Risnasari

Sustainable Fashion, Ini 7 Koleksi Teknik Ecoprint dari APR X IDEIDok. APR

Nggak hanya mini dress, kolaborasi APR X IDEI juga menghadirkan koleksi long dress dengan model sleeveless. Nauli Ecoprint cocok untuk Bela yang ingin tampil feminin dan classy di acara-acara pesta, karena dress jenis ini bisa memancarkan kesan anggun.

Dengan bahan viscose yang terbuat dari serat kayu eucalyptus ramah lingkungan, outfit berwarna dark grey ini juga dipermanis dengan tambahan aksesori berupa ribbon belt.

5. Fatiza by Catur Hasju

Sustainable Fashion, Ini 7 Koleksi Teknik Ecoprint dari APR X IDEIDok. APR

Mengusung nuansa earth tone, Fatiza by Catur Hasju juga mengeluarkan koleksi maxi dress bergaya sleeveless. Outfit yang satu ini terlihat sangat modern dengan motif stripes berwarna merah yang bikin penampilan semakin chic.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan belt torso yang unik untuk memberi kesan stand out. Dijamin deh, dengan outfit ini kamu akan jadi spotlight di mana pun!

6. Inen Signature by Inen Kurnia

Sustainable Fashion, Ini 7 Koleksi Teknik Ecoprint dari APR X IDEIDok. APR

Untuk Bela yang berhijab, kamu bisa mencoba long dress cantik koleksi Inen Kurnia. Terbuat dari kain viscose 60’s, outfit berwarna cokelat tua dengan motif daun besar ini memberikan kesan stylish tanpa meninggalkan sisi muslimahmu.

“Untuk desain yang aku gunakan di digital fashion show kali ini aku pakai perca kain viscose 60’s yang digabung menjadi satu buah rok yang besar. Nah kain ecoprint itu kita dikombinasikan menjadi satu buah rok dengan 4 macam pewarna alam,” kata Inen dalam dalam sesi peluncuran digital fashion show koleksi Moda Botanica APR X IDEI.

Bela bisa memadukan koleksi ini dengan celana panjang cream dan sneakers putih. Nah, untuk memaksimalkan outfit yang dikenakan, kamu bisa memilih hijab dengan warna yang lebih terang.

7. Tersedia set koleksi untuk keluarga

Sustainable Fashion, Ini 7 Koleksi Teknik Ecoprint dari APR X IDEIDok. APR

Melengkapi koleksi Moda Botanica APR X IDEI, hadir pula set keluarga dengan padanan warna kuning, cokelat, dan oranye yang eksentrik. Untuk outfit set anak, ada dress yang diperuntukkan bagi anak perempuan dan kemeja bagi anak laki-laki. 

Sementara, untuk koleksi dewasa Moda Botanica hadir dalam bentuk outer set dan long pants bermotif cap daun alami yang elegan untuk laki-laki. Ada juga dress dan jumpsuit yang menerapkan desain ecoprinting yang unik. Nah, untuk Bela yang tertarik dengan koleksi Moda Botanica ini bisa langsung kunjungi website IDEI ya!

Itu dia beberapa koleksi Moda Botanica dari APR X Ikatan Designer Ecoprint Indonesia (IDEI). Wah, unik dan modern banget ya, Bela! Apalagi seluruh koleksi Moda Botanica ini termasuk sustainable fashion yang menggunakan bahan rayon viscose dari APR yang ramah lingkungan. (WEB)