Konten media sosial hari ini sudah jadi bagian dari kehidupan masyarakat. Tak heran jika fungsinya kini tak lagi sekadar hiburan, tetapi juga untuk melebarkan sayap bisnis. YouTube Shorts contohnya. Mereka menggandeng beberapa kreator ternama untuk mendukung UMKM dengan kampanye #SambilanCuan.

"Saya bersama YouTube Indonesia ingin mengajak Anda untuk merayakan dan mendukung mereka di YouTube pada Hari UMKM Internasional ini. Mari kita apresiasi usaha-usaha kecil, para pekerja keras yang ulet, para juragan yang serba bisa, dan para pejuang ekonomi yang pantang menyerah di sekitar kita melalui kampanye #SambilanCuan di YouTube Shorts,” kata Jerome Polin, pemilik kanal YouTube Nihongo Mantappu.

Sarana mengedukasi penonton

Promosi Bisnis Lebih Untung dengan YouTube Shorts #SambilanCuaninstagram.com/soniabasil

Di tengah derasnya arus konten, keunikan jadi salah satu aspek penting untuk menarik perhatian penonton. Salah satu jenis konten yang terjamin keorisinalitasannya adalah cerita di balik sebuah usaha. Hal ini dijadikan sebuah celah untuk turut mengedukasi para calon konsumen.

YouTube Shorts jadi cara kita untuk ceritain serta mengedukasi para penonton kita untuk mengetahui proses penggarapan, butuh waktu berapa lama serta kesulitan apa yang dihadapi apalagi pembuatan kue custom itu beda banget nggak kaya kita beli kue jadi di toko langsung. Maka itu aku mulai semua prosesnya, aku rekam semua dari awal sampai akhir," ujar Sonia Basil.

Unique story point

Promosi Bisnis Lebih Untung dengan YouTube Shorts #SambilanCuaninstagram.com/christiebasill

Daya tarik lain sebuah konten adalah kemampuan kreatornya untuk menyajikan sebuah cerita yang relevan. Christie Basil yang berkecimpung di bisnis mode bahkan mendefinisikan USP bukan lagi sekadar Unique Selling Point, tetapi juga mengarah pada Unique Story Point. Penerapan hal tersebut membuat ia dan Sonia meraup cuan hingga 4-5 kali lipat lebih besar.

Kita berdua mulai Shorts sejak tahun lalu, peningkatan penjualan kami langsung terasa hingga 4-5 kali lipat dibandingkan sebelumnya. Ini sebuah profit yang tak disangka, namun tentunya dibarengi dengan tantangan yang terus bermunculan. Salah satunya untuk terus mendapatkan kepercayaan dari para konsumen kita,” ucap Christie.

Usaha kamu juga punya peluang dikenal lebih banyak orang, Bela! Melalui challenge #SambilanCuan ini, kamu tinggal membuat video promosi dan menunggahnya di YouTube Shorts. Video paling menarik bahkan berkesempatan dipromosikan oleh Jerome Polin yang sudah punya 9,5 juta lebih subscribers, lho! Jangan sampai ketinggalan, ya!

Baca Juga: Aktif Jadi Youtuber Hingga Host Podcast, 5 Artis ini Mantan Idol K-Pop

Baca Juga: 15 Potret Rumah Jerome Polin di Surabaya, Hadiah untuk Orang Tua

Baca Juga: 5 Trik Jitu Bikin Konten Video Pendek Memasak Hanya dengan Smartphone