Masih ingat dengan kata "igeboyah" yang sempat viral di TikTok? Kreatornya, Aul, diundang untuk menjadi pembicara Indonesia Millennial And Gen Z Summit 2022. Dalam sesi "Be Authentic: Staying On Top Of Trends" di panggung Talent Trifecta, ia berbagi soal awal mula ia menjejaki dunia konten.

"Gue tuh baru mulai 2021 kemarin. Awalnya gue tuh anak broadcast biasa, terus kerja di digital agency gitu satu setengah tahun. Terus waktu itu karena pandemi gue WFH (Work From Home) iseng-iseng bikin konten, ternyata alhamdulilah-nya rame. Video-video gue yang lain jadi ngikut algoritmanya, banyak yang nonton," kenangnya.

Konten sesuai kesukaan

#IMGS2022: Keanu & Aul Bagikan Kiat Bangun Persona yang MelekatDok. IDN Media

Selama ini, Aul juga dikenal karena pembawaannya yang tampak seperti orang lemas. Namun, ia mengaku hal tersebut bukan sengaja ia bentuk sejak awal. Persona itu ditemukan oleh audiensnya. 

Meskipun begitu, ia tetap disukai netizen TikTok karena jenis kontennya. Ditambah lagi, konten komedi yang selama ini diusungnya juga sesuai dengan apa yang disukainya.

"Kalo ditanya gue kreator yang seperti apa, lebih ke komedi monolog gitu kalo di TikTok. Jadi gue emang sukanya konten-konten yang ringan-ringan aja dan relatable dengan orang di TikTok, karena mereka juga cari yang hiburan-hiburan gitu kan?" ujarnya.

Mengenai rahasia di balik keviralannya, Aul tak menjawab dengan muluk-muluk. Ia berpesan agar orang-orang lebih berani mencoba dan tak khawatir berlebihan soal hasilnya.

"Harus berani coba. Nggak usah mikir kemana-mana dulu. Entah gimana nanti hasilnya, itu nomor sekian. Terus jangan berhenti buat eksplor konten lo, seiring berjalannya waktu, nanti akan ketemu," pesannya.

Keanu disukai karena jadi diri sendiri

#IMGS2022: Keanu & Aul Bagikan Kiat Bangun Persona yang MelekatDok. IDN Media

Disukai netizen karena kepribadian asli terjadi pula pada Keanu yang turut hadir dalam sesi diskusi ini. Laki-laki ini membeberkan sebenarnya ia hanya membagikan kehidupan sehari-harinya. 

"Tujuan gue tuh bukan itu, menghibur orang dengan konten, tapi orang-orang tuh terhibur dengan gue jadi diri gue sendiri," ujarnya.

Persona marah-marah yang begitu melekat dengan dirinya juga menjadi sesuatu yang baru di kalangan public figure. Keanu pun terang-terangan mengungkap bahwa ia lebih suka disebut selebgram daripada kreator konten.

"Menurut gue untuk ada di posisi ini, apa pun itu, lo harus punya karakter yang kuat banget, sih. Selama lo punya karakter walaupun gue nggak bikin konten di TikTok, bikin konten di YouTube, nggak yang kreator gitu, tapi karena karakter gue kuat, Keanu ya cuma Keanu. Dan Keanu tuh Keanu banget, jadi gue tetep menonjol, gue tetep kedengeran, karena gue sangat berkarakter dan beda dari apa yang sudah ada," ungkapnya.

Sudah ada bukti nyata kalau untuk sukses itu nggak perlu berpura-pura jadi orang lain, nih, Bela! Buat kamu yang masih suka nggak pede, coba pelan-pelan untuk berani, yuk!