Memasukin hampir satu bulan para pekerja kantoran melakukan pekerjaannya dari rumah, membuat tingkat produktivitas bisa semakin menurun karena bosan, kurangnya interaksi sosial, hingga merasa terkungkung di dalam rumah. Bagaimana supaya tetap fokus menyelesaikan pekerjaan saat di rumah? Berikut 5 tipsnya untukmu, Bela. 

1. Bersyukurlah dan tunjukkan rasa terima kasih

Mulai Jenuh #WFH? Ini 5 Kiat Tetap Fokus Bekerja dari RumahUnsplash.com / Ben White

Percaya nggak sih, bahwa lingkungan kerja akan menempatkanmu dalam mood untuk bekerja. Faktanya  ketika berada di kantor, otomatis kamu akan termotivasi untuk bekerja karena suasananya sangatlah mendukung. Kini ketika kamu harus bekerja dari jarak jauh, mungkin akan sedikit sulit untuk mengatur suasana hati dan mood yang tepat, terutama jika kamu lebih suka melakukan sesuatu yang lain ketika berada di rumah. 

Mari cobalah untuk memulai hari dengan bersyukur dan berterima kasih kepada Sang Pencipta karena kamu diberikan kesempatan untuk bangun pagi, dikaruniai kesehatan yang baik dan mempunyai kemampuan untuk mendatangkan penghasilan dan masih tetap bekerja. Mulailah harimu dengan menghirup udara pagi dan menyapa hangatnya sinar matahari. Secara otomatis pikiran yang positif dan semangat untuk memulai hari untuk bekerja, akan muncul. 

2. Mengatur jadwal

Mulai Jenuh #WFH? Ini 5 Kiat Tetap Fokus Bekerja dari RumahPexels.com / Emma Matthews

Ketika di rumah tidak ada batasan jam kerja, maka pastikan untuk disiplin melakukannya seperti di kantor. Waktu itu berlalu begitu cepat, maka tugasmu mengaturnya dengan tepat. Susun timeline dan jadwal saat bekerja, apakah ingin fokus bekerja selama delapan jam seperti biasa, atau menyesuaikan dengan keadaan. Kuncinya sesuaikan dengan kebiasaamu, jika ternyata waktu terbaik menyelesaikan pekerjaan di pagi maka produktiflah di waktu tersebut, sementara jika malam hari kamu merasa lebih efektif, maka isi waktu siangmu dengan berolah raga, berkreasi atau justru istirahat yang cukup.

3. Fokus dan hindari gangguan yang tidak perlu

Mulai Jenuh #WFH? Ini 5 Kiat Tetap Fokus Bekerja dari RumahPexels.com / Andrea Piacquadio

Berada di rumah membuatmu memiliki keterbatasan akses kegiatan fisik, maka aktivitas yang membuka jendela dunia yaitu melalui media sosial. Melalui aplikasi inilah kamu bisa mendapatkan berita terbaru atau hanya sekedar berinteraksi dengan teman-teman di Facebook atau Instagram. Itulah alasan mengapa sangat penting untuk mematikan ponsel ketika perlu melakukan bekerja tanpa gangguan, karena akan membantu membuatmu tetap produktif saat bekerja dari jarak jauh.

4. Pilihlah musik yang membangkitkan mood

Mulai Jenuh #WFH? Ini 5 Kiat Tetap Fokus Bekerja dari RumahPexels.com / Sound On

Mood dapat memengaruhi pekerjaanmu. Cara mengendalikannya yang paling tepat dengan mendengarkan musik kesukaan, yang dapat memberikan pengaruh besar tentang perasaan. Maka pastikan memilih lagu yang meningkatkan mood dan senantiasa membuatmu berpikir positif.

5. Tetapkan batas dengan keluarga dan teman saat bekerja

Mulai Jenuh #WFH? Ini 5 Kiat Tetap Fokus Bekerja dari RumahPexels.com / Andrea Piacquadio

Pastikan kamu menetapkan batasan untuk keluarga dan teman-teman, sehingga mereka tidak menjadi penghambat produktivitas kerjamu. Memberitahu keluarga dan teman-teman tentang jadwal kerja sangatlah penting untuk menghindari konflik atau mengganggu fokus saat bekerja. 

Bebas dari gangguan, Bela!

Baca Juga: #PopbelaWFH Kenapa Hujan Bikin Mood Jadi Sendu? Ini Penjelasannya

Baca Juga: Gemas! Foto Binatang Sebagai 'Rekan Kerja' Ini Bikin WFH Nggak Konsen

Baca Juga: Tips Membuat Ritual untuk Meningkatkan Semangat Saat WFH