Coba bayangkan, mulai hari ini kantormu merupakan tempat yang paling kamu nantikan setiap harinya. Percaya nggak, dengan pikiran  positif seperti itu akan membuatmu semakin semangat untuk bekerja ke kantor setiap harinya? 

Tapi nggak cukup itu aja lho, dilansir dari Huffpost ini enam tips yang bisa membantumu membuat suasana kantor menjadi tempat yang menyenangkan! Dengan mengikuti cara ini, kamu bisa lebih bahagia ketika kerja di kantor.

1. Berteman dengan Rekan Kerja yang Lain

Ingin Selalu 'Happy' di Kantor? Lakukan 6 Hal Inipexels.com/iPrice Group

Kalau selama ini rutinitasmu sehari-harimu hanya berangkat ke bekerja dan usai jam kantor langsung pulang ke rumah, itu tandanya ada yang perlu kamu benahi. Hasil penelitian menunjukkan ketika kita menggunakan waktu untuk ngobrol dan interaksi dengan teman kerja dan klien ternyata berdampak positif lho, kamu akan lebih bersemangat, produktif dalam bekerja dan lebih sehat. 

Tak cukup hanya berteman dengan orang-orang satu divisi saja, tetapi perluas dengan mereka dari divisi yang berbeda. Caranya mudah, bisa dengan mulai mengajak berbincang atau percakapan lewat e-mail, maka kamu akan menemukan hal-hal menarik.  Seorang psikolog klinis di New York City mengutarakan, “Temukan dan pertahankan orang-orang yang kamu percayai di sekitarmu,” tutur Passareli kepada The Huffpost.

2. Ciptakan Kesuksesan dengan Suasana Meja Kerja yang Ceria

Ingin Selalu 'Happy' di Kantor? Lakukan 6 Hal Inipexels.com/rawpixel.com

Bawalah foto-foto orang yang kamu sayangi dan termasuk pernak-pernik personalmu supaya area kerjamu seperti ruang pribadi dan membuatmu lebih nyaman. Supaya semakin fresh, tambahkan  satu atau dua tanaman hidup dalam pot mungil untuk menghias ruangan kerjamu karena suasana hijau membuatmu  lebih fokus dalam bekerja dan dapat mengurangi tingkat stres. “Sama seperti kamu menghias apartemen atau rumahmu, buatlah ruang kerja yang terasa seperti rumah bagimu,” tutur Brown, salah satu pendiri The Wellness Project NYC kepada HuffPost.

3. Rutin Melakukan Jalan Kaki di Luar Kantor

Ingin Selalu 'Happy' di Kantor? Lakukan 6 Hal Iniunsplash.com/bruce mars

Jika kamu sedang mendapatkan masalah nggak ada salahnya berbagi dan ngobrol dengan teman kantor untuk mencari solusi, misalnya saat makan siang atau berjalan-jalan di sekitar taman kantor.  Aktivitas tersebut  bisa menciptakan suasana mood yang baik, pikiranmu lebih fresh dan kreatif. Menurut para peneliti di Stanford University, “Aktivitas berjalan akan membantumu mendapatkan vitamin D dan sinar matahari serta meningkatkan kualitas tidur lebih baik,” ujar Brown.

4. Tumbuhkan Sikap Empati

Ingin Selalu 'Happy' di Kantor? Lakukan 6 Hal Inipexels.com/mentatdgt

Salah satu sikap yang perlu ditingkatkan dalam lingkungan kerja ialah menumbuhkan empati. "Saya tahu kedengerannya nggak mudah ketika merasa kecewa dengan pekerjaanmu, tetapi ketika  kamu berusaha menerima dan tetap berpikir positif, ini merupakan salah satu cara terbaik mengubah perspektifmu," saran Brown. Sikap positif seperti ini bermanfaat untuk menghadapi klien yang sangat sulit lho Bela. 

5. Membawa Bekal yang Lezat

Ingin Selalu 'Happy' di Kantor? Lakukan 6 Hal Inipexels.com/Life Of Pix

Membawa bekal makanan yang kamu suka akan menjadi hiburan tersendiri saat kamu benar-benar sibuk bekerja. Tapi jangan khawatir kalau nggak punya waktu untuk membeli sesuatu, kamu dapat memulainya membeli makanan yang tersedia di kantor. ” Sisihkan waktu di pagi hari untuk membawa bekal makanan yang kamu sukai. Kemudian manfaatkanlah waktu istirahat makan siangmu, jauhkan diri dari layar monitormu." 

6. Prioritaskan Dirimu

Ingin Selalu 'Happy' di Kantor? Lakukan 6 Hal Inipexels.com/bruce mars

Pastikan untuk selalu memprioritaskan dirimu dan kebutuhanmu. “Hal yang perlu selalu diingat bahwa kita adalah orang yang sama saat bekerja dan di luar pekerjaan,” tutur Brown. Karena ada seseorang yang berbeda sikap  saat berada di tempat kerja atau saat mereka sedang menjalani kehidupan pribadinya. "Apa yang membuatmu merasa lebih baik? Kamu hanya satu orang. Istirahatlah. Makanan yang sehat. Buatlah pertemanan yang akrab. Nikmati acara makan siangmu dan jalan-jalanlah di sekitar blok kantor. Lakukan semua itu di hari kerja untuk membuat harimu menyenangkan."

Semoga makin betah di kantor ya Bela!

Baca Juga: 6 Tipe Rekan Kerja yang Harus Kamu Pahami Agar Betah di Kantor Baru