Setelah menuntut ilmu selama empat tahun di perguruan tinggi akhirnya kamu lulus kuliah sebagai fresh graduate, yeay ini tandanya kamu sudah siap terjun menjadi anggota masyarakat yang sesungguhnya. Salah satu tanggung jawab yang perlu kamu lakukan sesegera mungkin yaitu dengan bekerja untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang kamu miliki termasuk minat dan bakatmu. 

Tetapi satu-satunya masalah biasanya muncul ketika kamu belum pernah mempunyai pengalaman bekerja, baik itu magang ataupun pekerjaan sampingan. Tetapi tenanglah selalu ada jalan untuk melangkah lagi. So, jangan merasa tidak percaya diri karena kamu tetep bisa menarik perhatian dengan melakukan enam tips berikut.

1. Cantumkan Biodata yang Menarik

6 Kiat Menulis Resume Bagi yang Belum Pernah Memiliki Pengalaman Kerjapexels.com

Jangan hanya menyertakan info umum seperti nama, alamat, tempat tanggal lahir dan nomor telpon yang bisa di hubungi saja. Infokan hal lain secara ringkas seperti hobi, minat yang sekiranya sesuai dengan posisi yang kamu lamar untuk memperluas kesempatanmu. 

2. Tentukan Tujuan Karier

6 Kiat Menulis Resume Bagi yang Belum Pernah Memiliki Pengalaman Kerjapexels.com

Menentukan tujuan karier sejak awal ternyata bisa membuatmu yang tanpa pengalaman menjadi tampak sangat profesional. Karena memiliki tujuan karier merupakan cara untuk menunjukkan keahlian dan kemampuanmu yang akan membantu untuk memenuhi tanggung jawab posisi tersebut. Tulislah karakter dan kepribadianmu yang membuat cocok di posisi tersebut dan hal tersebut akan membantu menarik perhatian HRD di perusahaan impian.

3. Perluas Informasi Seputar Pendidikanmu

6 Kiat Menulis Resume Bagi yang Belum Pernah Memiliki Pengalaman Kerjaicebreakerideas.com

Bagi yang berpengalaman biasanya saat menulis resume merupakan sarana untuk membuktikan posisimu saat ini. Tetapi karena belum memilikinya maka memperluas informasi dengan menfokuskan informasi pendidikanmu. Well, kamu juga bisa menambahkan informasi lainnya seputar IPK (jika di atas 3.0 atau lebih), pengalaman organisasi, pengalaman kepanitiaan, penghargaan akademik atau non akademik, kursus yang sedang di jalani atau pernah dilakukan,  termasuk keterampilan dan minat yang kamu miliki sebagai materi untuk mempromosikan dirimu.

4. Tuliskan Prestasi dan Pencapaian Terbesarmu

6 Kiat Menulis Resume Bagi yang Belum Pernah Memiliki Pengalaman Kerjanewspatrolling.com

Apakah kamu termasuk mahasiswa yang berprestasi, atau aktif mengikuti organisasi di kampus dan kepanitiaan sebuah acara, atau bahkan senang mengikuti konferensi dan kompetisi? Jika jawabannya adalah iya cantumkan segala aktivitas tersebut di formulir resumemu sebagai pekerjaan yang profesional. Untuk itu informasikan lebih detail dan rinci tentang jobdesk dan tanggungjawabmu saat itu.

5. Menulis Surat Pengantar yang Kuat Saat Melamar

6 Kiat Menulis Resume Bagi yang Belum Pernah Memiliki Pengalaman Kerjaunsplash.com

Selain menyiapkan isi resume yang sempurna ternyata penulisan surat pengantar merupakan cara yang bagus untuk mempromosikan diri. Buatlah HRD terpesona sebelum mereka membaca resumemu. Kuncinya sampaikan dengan ringkas namun tepat sasaran.

6. Desain Resume Semenarik Mungkin

6 Kiat Menulis Resume Bagi yang Belum Pernah Memiliki Pengalaman Kerjashiraink.com

Tak hanya isi materi resume saja yang penting, inilah kuncinya yang paling penting desainlah CV kamu semenarik mungkin namun tetap ringkas dan mengesankan. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi desain yang simpel, tetapi jika kamu merasa kesulitan untuk membuatnya sendiri, kamu bisa meminta pertolongan teman yang memiliki kemampuan desain yang baik. Karena kesan pertama begitu menggoda, maka buatlah sebaik mungkin.

Semoga beruntung Bela!

Baca Juga: Apa Itu Surat Lamaran Kerja? Ini Arti Penting dan Bedanya dengan CV