Menemukan tempat magang atau perusahaan untuk bekerja, membutuhkan waktu dan perencanaan. Tetapi, hasilnya bisa sepadan dengan usahamu. Berikut adalah beberapa rekomendasi bagi kamu yang sedang mencari magang atau pekerjaan untuk pertama kalinya.

1. Mulailah cari peluang dari lingkungan kampus

5 Kiat Sukses untuk Lulusan Baru Saat Mencari Pekerjaan Atau MagangUnsplash.com / you x ventures

Langkah pertama yang perlu dilakukan ialah menjangkau lingkungan terdekat yaitu kampusmu. Kamu dapat mengontak atau mengakses sosial media yang menghubungkan dengan para alumni dari kampusmu untuk mencari peluang yang ada. Siapa tahu di antara mereka ada yang dapat menawarkan pekerjaan atau lowongan  yang sesuai dengan bidang studi dan minatmu.

2. Gunakan teknologi

5 Kiat Sukses untuk Lulusan Baru Saat Mencari Pekerjaan Atau MagangPexels.com

Kini segala sesuatu bisa kamu dapatkan informasinya melalui internet, begitupula dengan peluang pekerjaan. Kamu dapat browsing secara langsung melalui situs pencari kerja atau mengunduh aplikasi pencari pekerjaan seperti Linkedin, Jobstreet dan lainnya. Saat menemukan lowongan pekerjaan yang cocok denganmu, kirimkan resume terbaikmu dengan foto yang profesional, serta ketahui tata krama mengirimkan e-mail lamaran pekerjaan, seperti salam sapa, kata pengantar, cover letter, mencantumkan judul e-mail, hingga sudah tahu kepada siapa e-mail ditujukan. 

3. Persiapkan diri untuk wawancara secara virtual ataupun langsung

5 Kiat Sukses untuk Lulusan Baru Saat Mencari Pekerjaan Atau MagangPexels.com / Anna Shvets

Dalam proses perekrutan selalu ada tahapan wawancara, kegiatan ini dapat dilakukan secara langsung ataupun virtual. Tetapi di masa kini, wawancara virtual banyak menjadi pilihan, misalnya melalui telepon atau video call. Meskipun demikian, proses ini sama pentingnya dengan wawancara secara langsung. Maka bila panggilan itu tiba, pastikan dirimu memberikan performa terbaik, mulai dari kesan pertama yaitu penampilan.

4. Sabar

5 Kiat Sukses untuk Lulusan Baru Saat Mencari Pekerjaan Atau MagangPexels.com / Andrea Piacquadio

Mencari pekerjaan itu seringkali dianggap sebagai hal yang cukup menegangkan bagi lulusan baru, namun proses perekrutan juga membutuhkan waktu yang tidak singkat sehingga seringkali ada keterlambatan respon dan lainnya. Kuncinya sabar, janganlah kamu kemudian bersikap terlalu agresif seperti menanyakan bagaimana responnya terhadap wawancara. Setiap perusahaan memiliki mekanismenya sendiri, percayalah jika kamu memang kompeten pasti akan dihubungi kembali. Jika tidak, hindari berkeluh kesah di media sosial, akrena bisa menjadi bumerang saat kamu dilirik oleh perusahaan lain.

5. Usahakan segala sesuatunya jangan terlalu personal, ingat ini hanyalah sementara

5 Kiat Sukses untuk Lulusan Baru Saat Mencari Pekerjaan Atau MagangPexels.com / Andrea Piacquadio

Setelah melalui proses yang berliku, ternyata yang terjadi sebaliknya kamu belum berhasil mendapatkan pekerjaan yang sesuai harapan. Jangan patah semangat, ini hanyalah sementara, percayalah bahwa kamu akan mendapatkan pekerjaan impian tepat pada waktunya.

Bila perlu, perluas lagi koneksimu, agar mendapat titik cerah untuk pekerjaan atau tempat magang yang lain.

Itulah kiat sukses untuk lulusan baru saat mencari pekerjaan atau magang. Sudah siap berjuang, Bela?

Baca Juga: Tips Sukses Hadapi Interview Kerja Bagi Fresh Graduate

Baca Juga: Tips Jitu Negosiasi Gaji Buat Si Fresh Graduate

Baca Juga: 5 Tips Melamar Kerja untuk Fresh Graduate yang Belum Punya Pengalaman

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Rasa Gugup Sebelum Interview Kerja