Keadaan nggak bisa terprediksi dan tentu menyertakan sisi emosional. Tantangan pun juga demikian. Ada saja setiap hari masalah atau pekerjaan yang wajib diselesaikan. Ditambah lagi beberapa orang mendadak menyebalkan. Di zaman modern, hal seperti itu sudah biasa. Tapi positifnya, keadaan yang seperti itu bisa membentuk karakter yang tangguh. Tentunya didukung dengan tips berikut ini. Jangan sampai terlepas emosi, ya, Bela!

1. Kendalikan emosi

Begini Caranya Supaya Bisa Jadi Perempuan Tangguhunsplash.com

Kalau kamu lihat beberapa wanita tangguh punya sesuatu yang berbeda. Mereka punya pandangan yang positif dalam menghadapi segala kejadian dan permasalahan. Intinya, mereka nggak gampang terpancing secara emosi. Karena, mereka mampu mengendalikan emosi sebelum emosi menguasai diri mereka. Selain itu, mereka juga kurang suka untuk memendam permasalahan terlalu lama.

2. Jalin hubungan baik dengan sekitar

Begini Caranya Supaya Bisa Jadi Perempuan Tangguhunsplash.com

Menjadi wanita yang tangguh bukan berarti mereka mengedepankan sikap egois. Sebaliknya, mereka akan membentuk dan menjaga setiap hubungan. Baik itu personal dan profesional. Maka nggak heran kalau  mereka akan dikelilingi orang-orang yang inspiratif dan saling mendukung. Akan ada saja orang yang membantu untuk bangkit ketika mereka dihadapkan dengan suatu masalah.

3. Belajar netral

Begini Caranya Supaya Bisa Jadi Perempuan Tangguhunsplash.com

Susah sekali untuk menjadi netral dalam menghadapi suatu permasalahan. Untuk itu perlu sekali memahami persoalan dari dua sisi. Dan, menyelesaikan masalah tanpa memihak. Walaupun bisa untuk menyalahkan orang lain, tapi mereka menyampaikannya dengan cara yang netral dan elegan. Mereka nggak ingin membuat orang lain tersinggung karena ulahnya.

4. Nggak ragu untuk berbagi

Begini Caranya Supaya Bisa Jadi Perempuan Tangguhunsplash.com

Mereka sadar bahwa hidup nggak mudah untuk dijalani. Untuk itu, mereka terlihat lebih tangguh, berani, dan mandiri. Mereka yakin bahwa hidup bukan hanya diisi dengan stigma lama dan sugesti yang negatif. Untuk itu mereka akan selalu belajar dan berbagi dengan orang lain. Karena untuk bisa menemukan jati diri adalah dengan nggak terlalu mementingkan diri sendiri.

5. Hindari untuk mempermalukan diri sendiri

Begini Caranya Supaya Bisa Jadi Perempuan Tangguhunsplash.com

Mereka yang tangguh memercayai kekuatan dalam diri mereka. Adalah hal yang biasa kalau mereka bekerja keras kemudian mengapresiasi diri sendiri. Bagi mereka membuat kesalahan adalah hal biasa dan nggak akan mengulanginya. Mungkin mereka membutuhkan waktu untuk menganalisa kesalahan dan nggak malu untuk mengakuinya. Karena mereka nggak mau melakukan hal yang memalukan diri sendiri.

Menjadi wanita yang tangguh berarti kamu harus siap dengan stres dan tantangan.

BACA JUGA : Ini Alasan Kenapa Kamu Membuat Keputusan Buruk