Kalau sedang sekolah atau kuliah, menghadapi tugas dadakan bukan lagi hal baru. Apalagi kalau kamu mengambil beberapa mata pelajaran atau kuliah tambahan. Tantangannya akan semakin seru. Di sisi lain, kamu juga ingin bermain, mengembangkan diri, dan bersenang-senang. Ini adalah keinginan yang wajar. Namun, beberapa dari kamu akan mengorbankan pelajaran.

Masalah yang paling banyak dikeluhkan adalah ketika waktu ujian dan pengumpulan tugas semakin dekat. Merasa belum siap dan semakin banyak yang harus dikerjakan. Kamu pun akan merasa stres dan waktu semakin cepat. Sebenarnya dari sini kamu bisa belajar mengatur waktu dan perlu tahu tips cerdas menghadapi tugas dan ujian.

Pilih tempat belajar yang nyaman

Tips Agar Semangat Menghadapi Banyak Tugas dan Ujianpexels.com/pixabay

Setiap orang punya cara belajar berbeda, semakin dewasa kamu juga tahu seperti apa cara belajar yang cocok. Selain itu, pilihlah tempat yang mendukung kamu untuk konsentrasi dan nggak banyak gangguan. Misalnya di perpustakaan atau café.

Kalau ingin suasana yang lebih ramai, kamu bisa dengarkan lagu. Jangan ragu untuk pindah tempat belajar, ketika bosan. Kalau memang harus di rumah, nggak ada salahnya untuk membuat tempat belajar kamu nyaman dan bersih.

Olahraga

Tips Agar Semangat Menghadapi Banyak Tugas dan Ujianpixels.com/Burst

Menghadapi ujian dan tugas yang banyak memang butuh tubuh yang prima. Memang membuat jenuh harus mengerjakan ujian, mau liburan pun belum saatnya. Untuk menyegarkan pikiran, meningkatkan konsentrasi, dan mengurangi stres, kamu bisa berolahraga.

Setiap pagi lari kecil selama 30 menit membantu kamu untuk menjalankan aktivitas yang padat. Lakukan kebiasaan ini jauh hari sebelum ujian dan tugas datang secara bersamaan. Tujuannya, agar tubuh bisa beradaptasi terlebih dahulu.

Konsumsi makanan bergizi

Tips Agar Semangat Menghadapi Banyak Tugas dan Ujianpexels.com/pixabay

Menjelang ujian dan tugas mulai menumpuk, biasanya kamu mulai mengabaikan pola makan. Bahkan, kamu melewatkan jam makan hanya untuk belajar atau menyelesaikan tugas. Nggak heran kalau kamu merasa lemas, asam lambung meningkat, hingga badan mulai kurang sehat. Tentu saja, kamu nggak ingin kalau harus konsumsi obat di saat penting, kan.

Ada baiknya mulai belajar untuk mengatur pola makan, salah satunya adalah mulai sarapan. Setelah itu, makan makanan seimbang jauh hari sebelum ujian. Jangan ragu juga untuk konsumsi makanan ringan disela-sela kesibukan. Karena ini bisa membantu kamu belajar lebih semangat dan nggak mudah bosan.

Jangan mengeluh

Tips Agar Semangat Menghadapi Banyak Tugas dan Ujianpexels.com/pixabay

Ujian dan tugas merupakan tantangan biasa yang dihadapi oleh semua orang. Ada baiknya untuk membuat itu menjadi biasa dan nggak melebih-lebihkan. Terlalu banyak mengeluh hanya membuat berat dan nggak akan selesai. Hindari untuk mengharapkan perlakuan istimewa karena kamu sedang mengerjakan banyak tugas dan akan menghadapi ujian.

Minimalisirlah gangguan, caranya adalah membuat tempat belajar nyaman, fokuskan diri selama satu jam, dan pilih musik yang nggak mengganggu konsentrasi. Dan hindari untuk membuka sosial media, kalau nggak perlu.

Jangan sks

Tips Agar Semangat Menghadapi Banyak Tugas dan Ujianunsplash.com/Caesar Aldhela

Telah menjadi kebiasaan sejak lama, kalau suka sekali mengerjakan tugas dan belajar ujian mepet dengan waktunya. Cara seperti ini menjadi kurang efektif, karena pasti banyak materi yang harus dipahami. Belum lagi kalau catatan dan bahan belajar kurang.

Selain itu, kamu akan mengorbankan kesehatanmu untuk beberapa hari ke depan. Belajar banyak dalam waktu satu malam juga nggak efektif. Karena kamu hanya menghapal dan kurang memahami. Ada baiknya untuk belajar jauh hari.

Atur waktu belajar

Tips Agar Semangat Menghadapi Banyak Tugas dan Ujianunsplash.com/Matt Ragland

Belajar dalam durasi waktu yang lama ternyata juga nggak efektif. Karena kamu memaksakan badan terlalu keras tanpa istirahat cukup. Apalagi yang kamu kerjakan dan pelajari nggak cuman satu pelajaran saja. Secara nggak langsung ini bisa menimbulkan kecemasan dalam diri.

Oleh sebab itu, aturlah waktu belajar. Bisa pakai cara 20 hingga 50 menit fokus belajar, lalu ambil istirahat kecil selama 5 hingga 10 menit. Bisa kamu gunakan untuk minum, makan kue, ke kamar kecil, hingga merenggangkan badan.

Jaga pola tidur

Tips Agar Semangat Menghadapi Banyak Tugas dan Ujianunsplash.com/Kinga Cichewicz

Tidur nyenyak di malam hari pada saat pekan ujian ternyata penting untuk membantu menjaga memori materi yang telah kamu pelajari. Terkesan sepele memang kalau ada yang mengingatkan tidur cukup, agar keesokan hari lebih segar dan siap mengerjakan soal ujian.

Jam tidur yang pendek membuat kamu terlihat tegang dan gelisah. Karena, kamu memaksakan diri untuk aktif ketika keesokan harinya. Namun, tubuh perlu istirahat. Ini bisa menjadi faktor kamu lupa dengan apa yang telah kamu pelajari.

Jangan lupa untuk latihan soal yang banyak, jika kamu mengambil ilmu pengetahuan alam. Belajar dalam keadaan yang santai juga bisa membantu kamu.

Baca Juga: Inilah Tipe-tipe Orang Berdasarkan Tempat Duduknya Semasa Sekolah