Hadirnya teknologi pada komunikasi sebenarnya sangat menguntungkan dalam kehidupan sehari-hari apalagi di dunia karir. Terciptanya smartphone pun juga membantu untuk menyelesaikan tugas dengan baik. Akan tetapi banyaknya aplikasi hiburan dan pekerjaan bisa membuat stres dan pusing, belum lagi jika kita menerima banyak sekali notifikasi yang masuk baik email maupun media sosial. Tentu saja hal ini bisa menjadi dampak yang kurang baik dan menimbulkan ketergantungan. Untuk itu ada tips cerdas supaya nggak terlalu bergantung dengan keberadaan smartphone di lingkungan sekitar.

Ketagihan Pakai Smartphone Bisa Bikin Stres, Atasi dengan Cara Ini


Nggak ada salahnya kamu mengatur jam bebas pakai smartphone, satu atau dua jam perhari diluar jam tidur adalah awal yang bagus jika mau mencoba. Sebenarnya ada beberapa kegiatan harian yang nggak membutuhkan smartphone, dari situ kamu bisa memanfaatkan untuk nggak memegang atau menggunakannya seperti pada saat makan, mencuci, olahraga, nonton film dan lain sebagainya. Dengan memilih waktu dan kegiatan tanpa smartphone kamu bisa melakukan kegiatan positif lainnya.

Ketagihan Pakai Smartphone Bisa Bikin Stres, Atasi dengan Cara Ini


Hampir setiap hari smartphone ada di dekatmu bahkan saat tidur. Bagi kesehatan nggak baik jika ada alat komunikasi yang menyala saat kita tidur karena radiasinya dapat mengganggu kesehatan dan ketenangan tidur. Kamu sadari seringkali terbangun ditengah tidur malam karena beberapa notifikasi yang masuk, jika itu tentang pekerjaan maka kamu akan memikirkannya tapi jika itu dari media sosial yang pasti kamu akan mengeceknya. Kegiatan itu akan menganggu kualitas tidurmu. Ada baiknya kamu menonaktifkan dan melatakkan agak jauh jika kamu sedang tidur.

Ketagihan Pakai Smartphone Bisa Bikin Stres, Atasi dengan Cara Ini


Kegiatan ini nggak ada salahnya jika kamu sedang di kantor atau sedang rapat dan ini merupakan salah satu cara untuk meminimalisir gangguan yang ada disekitarmu. Menyelesaikan pekerjaan memang butuh suasana yang tenang dan kondusif. Kamu juga bisa mematikan notifikasi media sosial yang seringkali mengganggu produktivitas kerja.

 

Ketagihan Pakai Smartphone Bisa Bikin Stres, Atasi dengan Cara Ini


Menjalankan kehidupan di kantor maupun di lingkungan sosial secara seimbang memang nggak mudah. Hal ini disebabkan terkadang kamu masih membawa persoalan kantor ke luar kantor dan sebaliknya. Hindari untuk terlalu sering membuka aplikasi kerja di smartphone ketika jam kantor telah selesai. Itu akan membuat hidupmu semakin tertekan dan nggak bisa menikmati kehidupanmu di luar kantor.

Ketagihan Pakai Smartphone Bisa Bikin Stres, Atasi dengan Cara Ini


Waktu kita banyak terbuang untuk berkomunikasi melalui smartphone daripada berbicara langsung. Memang lebih praktis dan nggak menghabiskan banyak tenaga tapi quality time dengan orang-orang terdekat juga semakin minim. Mungkin kamu nggak menyadari jika setelah berkumpul dengan mereka bahan obrolan pun jadi sedikit atau bahkan nggak ada karena sibuk dengan smartphone masing-masing. Nggak ada salahnya juga kamu berinisiatif untuk membuka obrolan yang menarik dan sering melakukan komunikasi langsung dengan mereka.

Mengurangi pemakaian smartphone nggak akan membuat kamu jadi pribadi yang nggak menyenangkan dan tertutup, justru kamu lebih bisa bersosialisasi dengan orang-orang dengan baik.

 

BACA JUGA : Hati-hati Bela, 7 Kegiatan Ini yang Perlu Kamu Hindari Di Kantor