Saat ini, kesendirian memang bisa dijadikan bahan lelucon. Bukan untuk meremehkan, tapi lebih untuk menghibur diri sendiri. Di umur kamu yang sekarang, tentu banyak pertanyaan-pertanyaan soal urusan personal, baik itu diajukan oleh saudara, teman, hingga orangtua. Kamu pun mulai bisa menjawab tanpa terlalu memasukkannya ke dalam hati.

Disisi lain, memang ada keinginan untuk segera punya orang spesial yang bisa diajak berbagi setiap hari. Bukannya nggak memikirkan, tapi mengembangkan diri menjadi suatu prioritas. Untuk kamu yang ada di posisi seperti ini, nggak perlu kecil hati. Sebab, ada beberapa kelebihan yang akan kamu alami.

1. Latihan percaya diri

Sudah Bekerja Tapi Masih Jomblo? Ternyata Ada Manfaatnya Lhopexels.com/bruce mars

Beragam pertanyaan serupa mengenai orang terdekat dan kapan melangkah ke jenjang berikutnya sudah mulai akrab dan terbiasa. Memang pada awalnya merasa minder karena seperti sendirian. Membuat galau, tapi kamu belajar menguasai dan kenal dengan diri sendiri saat berada di posisi seperti ini. Kamu bisa fokus dengan apa yang sebenarnya kamu hadapi. Nggak memikirkan hal yang kurang penting. Kemudian, kamu menyadari kalau hidup ini nggak melulu diisi dengan sesuatu yang manis dan romantis.

2. Menikmati dunia kerja

Sudah Bekerja Tapi Masih Jomblo? Ternyata Ada Manfaatnya Lhopexels.com/Anastasiya Gepp

Banyak stigma yang mengatakan kalau kamu terlalu kesepian karena belum punya orang spesial, oleh sebab itu kamu sibuk kerja. Padahal antara kesepian dan masih sendiri itu berbeda makna. Di usia yang muda dan produktif ini memang harus banyak mengembangkan diri. Karena persaingan kerja semakin ketat dan keahlian yang dibutuhkan cepat sekali berubah. Selain itu, kamu bisa bekerja di perusahaan sesuai dengan pilihan kamu sendiri. Tanpa merasa gengsi dan terlalu banyak pertimbangan.

3. Diri sendiri adalah prioritas

Sudah Bekerja Tapi Masih Jomblo? Ternyata Ada Manfaatnya Lhopexels.com/rawpixel.com

Belum ada orang spesial bukan berarti kamu egois dan terlalu mementingkan diri sendiri. Justru kamu bisa memanfaatkan waktu bersama teman dan keluarga. Mereka sama menyenangkannya dan banyak momen yang bisa kamu habiskan bersama. Kamu bisa menggali aspirasi pribadi dan menikmati waktu sendirian. Kamu pun bisa menyaring orang-orang yang berada disekelilingmu. Nggak ragu menjauhkan diri dari orang-orang yang bisa membawa pengaruh yang kurang menguntungkan.

4. Tanggung jawab keuangan

Sudah Bekerja Tapi Masih Jomblo? Ternyata Ada Manfaatnya LhoPexels.com/Martine Savard

Ketika kamu berada dalam posisi yang seperti ini, memang paling tepat untuk memperbaiki catatan keuangan. Karena yang kamu urus adalah diri sendiri. Hindari untuk terlalu boros dalam membelanjakan sesuatu. Kamu memulai memikirkan jangka panjang. Memang awalnya nggak mudah, tapi kalau nggak dimulai dan terus menunda juga bukan langkah yang tepat. Kamu bisa mulai dari menabung dan berinvestasi. Hindari memikirkan nominal, yang utama adalah konsistensi.

5. Tahu apa yang diinginkan

Sudah Bekerja Tapi Masih Jomblo? Ternyata Ada Manfaatnya Lhopexels.com/rawpixel.com

Kamu dengan mudah mengatakan kalau kebahagiaan bisa datang dari hal yang sederhana. Memang benar kebahagiaan munculnya dari diri sendiri terlebih dahulu. Lakukan kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat juga menjadi salah satu faktornya. Kamu nggak perlu terlalu berat mempertimbangkan pilihan orang lain. Ada banyak hal yang bisa kamu coba sebelum menemukan seseorang yang cocok. Jangan terpaku dengan yang itu-itu saja.

6. Lebih terbuka

Sudah Bekerja Tapi Masih Jomblo? Ternyata Ada Manfaatnya Lhopexels.com/Designecologist

Hindari untuk merasa kalau diri sendiri nggak menarik. Apalagi menjauhkan diri dari lingkungan sosial. Yang perlu kamu tahu, kalau setiap orang punya keunikannya masing-masing. Dan, kamu punya itu. Tetap baik dan bersikap ramah dengan orang sekitar. Jika memang terlibat dalam percakapan jangan ragu untuk mengutarakan pendapat. Kamu nggak sendirian. Sangat memungkinkan kamu menerima sudut pandang yang berbeda dalam topik pekerjaan, kehidupan sosial, dan asmara.

7. Belajar mengatur pikiran

Sudah Bekerja Tapi Masih Jomblo? Ternyata Ada Manfaatnya Lhopexels.om/Kaboompics .com

Memang rasanya kurang nyaman kalau orang sekitar membahas tentang kehidupan pribadi. Menunjukkan sisi emosional akan menunjukkan kalau kamu belum dewasa. Dari situasi seperti ini kamu belajar mengendalikan diri dan menyaring perkataan. Walaupun sebenarnya jengkel, tapi kamu nggak sampai mengeluarkan kalimat yang tajam. Disisi lain, kamu juga bisa mengumpulkan pikiran positif dan menjalankan aktivitas dengan ceria.

Banyak keuntungan yang kamu dapat ketika jomblo, tapi sudah menghasilkan pendapatan. Tapi, hindari untuk menutup diri dengan orang baru.

Baca Juga: Kamu Harus Tahu Betapa Pentingnya Jadi Perempuan Mandiri dan Kuat