Bela, pada umumnya kita bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup kita sehari-hari. Banyak dari perusahaan yang seringkali menilai kepuasan karyawannya hanya dari segi gaji atau materi. Ternyata nggak hanya dari gaji, karyawan juga memiliki rasa kepuasan tersendiri di luar dari gaji mereka. "Great result, happy employee, good work ethic."

Ini dia 7 hal yang dapat mempengaruhi kepuasan karyawan di kantor: 

1. Memberi kesempatan kepada karyawan untuk berkembang

Selain Gaji 7 Hal ini Dapat Membuat Karyawan Betah Bekerja Di Kantorhitflix.com

Setiap karyawan memiliki kemampuan dan tingkat keberanian yang berbeda. Sebagai atasan yang baik, disarankan untuk mendukung perkembangan karyawannya. Jika ada karyawan yang ingin mencoba tantangan baru yang positif ada baiknya untuk diberi kesempatan dan didukung. Hal ini dilakukan demi perkembangan keahlian dan rasa percaya diri karyawan.

2. Sikap bos yang menyenangkan dan memberikan wawasan

Selain Gaji 7 Hal ini Dapat Membuat Karyawan Betah Bekerja Di Kantorthecreatorsprojective.com

Sikap dan tingkah laku atasan kita juga mempengaruhi nyaman atau tidaknya kita di kantor. Sebagai pemimpin harus menjaga sikap saat mengambil keputusan agar tetap berwibawa dan dihormati. Namun, tidak ada salahnya ketika para atasan bersikap ramah dan membimbing karyawannya. Secara tidak langsung hal ini akan menciptakan rasa kebersamaan dalam bekerja.

3. Menerapkan cara kerja yang fleksibel

Selain Gaji 7 Hal ini Dapat Membuat Karyawan Betah Bekerja Di Kantorthebusinesswomanmedia.com

Bos yang menjengkelkan adalah bos yang perfeksionis dan selalu mencari kesalahan karyawannya. Hal ini tentu saja mempengaruhi kinerja mereka di kantor. Menerapkan aturan untuk fleksibel memang susah-susah gampang. Karena para bos disatu sisi memberikan karyawannya untuk berkreativitas tetapi disisi lain juga harus memperhatikan deadline pekerjaan. Selain itu komunikasi yang baik dan saling membagi ide juga membuat para keryawan merasa lebih berguna.

4. Membangun jaringan internal antar bos dan karyawan

Selain Gaji 7 Hal ini Dapat Membuat Karyawan Betah Bekerja Di Kantorwhatsnewworldinfo.com

Selakku profesi, hubungan antara bos dan karyawan tentunya akan ada jarak. Akan tetapi hal ini dapat diminimalisir dengan pendekatan diri dengan karyawannya. Tidak ada salahnya sekali-kali bos mengajak makan siang sambil membicarakan agenda kerja selanjutnya. Dengan hubungan yang lebih baik, kinerja di kantorpun akan lebih nyaman. 

5. Memberikan pelatihan terhadap karyawan sesuai dengan kebutuhan

Selain Gaji 7 Hal ini Dapat Membuat Karyawan Betah Bekerja Di Kantortvhowl.com

Memberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan karyawan adalah merupakan suatu keharusan. Ini merupakan suatu bentuk penghargaan dari bos untuk karyawan terhadap kinerjanya untuk perusahaan. Perkembangan dari karyawan itu penting lho, Bela di dalam perusahaan. 

6. Menerapkan tujuan dan transparan

Selain Gaji 7 Hal ini Dapat Membuat Karyawan Betah Bekerja Di Kantorindiewire.com

Tujuan dalam bekerja harus ada kejelasan karena berpengaruh pada target yang dituju. Ketika bos memberikan target berarti harus ada kesepakatan bersama. Disisi lain, bos juga harus bersikap transparan kepada karyawannya terkait dengan persoalan perusahaan. Dengan demikian, kinerja dalam team akan semakin kompak, Bela. 

7. Sesekali hangout bersama-sama

Selain Gaji 7 Hal ini Dapat Membuat Karyawan Betah Bekerja Di Kantortheconcoursedeadspin.com

Tidak ada salahnya setelah office hour para karyawan dan bos menghabiskan waktu bersama-sama. Walaupun tidak setiap hari namun hal ini sangat di perlukan. Tujuannya adalah untuk mengenal karakter masing-masing. Selain hangout bisa juga pergi olahraga bersama-sama. Profesionalitas hanya terjadi di kantor tapi setelah jam kerja bukanlah hal yang mustahil kalau bos dan karyawannya berteman.

Selain Gaji 7 Hal ini Dapat Membuat Karyawan Betah Bekerja Di Kantormenaligente.com

Berusaha tetap profesional dan berkontribusi dengan baik. Sikap yang baik juga akan mempengaruhi jenjang karirmu kedepannya. Dan jangan ragu untuk mengambil resiko apabila itu positif dan dapat mengembangkan keahlian kamu.