Banyak sekali hal kreatif yang kamu temukan setiap hari. Baik di media sosial maupun lingkungan sekitar. Selalu ada ide membuat sesuatu yang menarik. Kamu pun seperti tertegun, bagaimana bisa orang punya ide seperti itu dan merealisasikannya. Bermodal rasa penasaran, kamu pun mencoba. Kemudian, sedikit kecewa karena hasil kreativitas kamu belum semenarik mereka.

Memang nggak gampang dan butuh waktu untuk menghasilkan karya kreatif yang luar biasa. Jangan lekas putus asa dulu, kamu bisa baca 5 cara menginspirasi diri agar kreatif. Seperti poin-poin berikut ini. Target lebih kreatif di tahun ini pasti bisa kamu capai.

Punya Target Lebih Kreatif di Tahun 2019? 5 Poin Ini Bisa Membantu

Langkah pertama adalah kamu harus berani membuka blokir terhadap diri sendiri, tujuannya agar bisa mengekspresikan kreavititas. Memang benar, menjadi kreatif itu butuh tekad dan keberanian. Kenali hal-hal yang membuatmu ragu, kemudian mundur sebentar. Kumpulkan keberanian dan mulailah untuk dirimu sendiri terlebih dahulu. Kalau masih belum bisa, lakukan kegiatan kreatif yang bisa membuat kamu tenggelam di dalamnya. Dan, merasa waktu cepat sekali berlalu kalau mengerjakannya.

Punya Target Lebih Kreatif di Tahun 2019? 5 Poin Ini Bisa Membantu

Hal paling mudah untuk memancing kreativitas adalah dengan hobi. Dari sini kamu akan menggali kesukaanmu dan bisa mengembangkan dibidang yang lain. Kalau kamu memilih secara impulsif dan nggak terlalu suka, bisa terabaikan di tengah jalan. Sayang sekali bukan? Memulai sesuatu dengan hal yang disuka, kamu nggak akan melakukannya tanpa terpaksa dan beban. Kamu pun dengan senang hati meningkatkan kualitas kreatifmu, kalau dilakukan dengan tulus.

Punya Target Lebih Kreatif di Tahun 2019? 5 Poin Ini Bisa Membantu

Kreativitas memang erat dengan hal-hal yang menyenangkan. Kamu akan selalu antusias seperti apa hasilnya. Disisi lain, ada ketakutan kalau kegiatan yang dilakukan ini nggak membawa perubahan. Kalau sudah seperti ini, kamu ambil sisi positifnya. Ketika kamu gagal dan kembali mencoba, bukan berarti kamu mulai dari awal. Justru kamu berada ditingkat yang lebih atas. Jadikan ini sebagai suatu proses yang nggak instan. Kalau kamu kenal prosesnya, apapun hasilnya pasti bikin tersenyum.

Punya Target Lebih Kreatif di Tahun 2019? 5 Poin Ini Bisa Membantu

Dalam keadaan padat dan sedang berada si suatu masalah memang bisa menimbulkan sesuatu yang kreatif. Namun itu nggak selamanya, karena rasa tertekan yang membuat nggak nyaman bisa menghambat kreativitas. Dalam keadaan nyaman, kamu lebih mudah untuk menerima dan mengembangkan hal kreatif yang dipilih. Ide kreatif yang alami justru ada saat kamu sedang dalam keadaan santai. Misalnya, dengan jalan-jalan di taman,  saat di kamar mandi, atau akan tidur.

Punya Target Lebih Kreatif di Tahun 2019? 5 Poin Ini Bisa Membantu

Membangun ide kreatif dengan teman yang bisa dipercaya bisa menghasilkan sesuatu yang lebih besar. Ada teman yang bisa kamu ajak berdiskusi, serta punya visi dan misi yang sama. Tentu ini lebih seru daripada kamu melakukannya sendirian. Jangan ragu juga untuk mendengarkan saran dari orang yang lebih berpengalaman. Karena, ada kemungkinan ia menyumbangkan beberapa hal yang bisa dipakai utuk mengembangkan sisi kreativitas kamu.

Baca Juga: Supaya Lebih Kreatif, Kamu Bisa Belajar dari Pablo Picasso