Jam kerja dan pelaksanaannya seringkali kurang sejalan sesuai dengan kontrak kerja. Hal ini dikarenakan perusahaan tempat kamu bekerja memiliki target dan pertahanan diri, supaya nggak kalah dengan competitor. Efeknya, kerja keras tanpa kenal waktu sering dialami oleh karyawannya. Berbeda dengan kondisi tersebut, Perancis yang merupakan salah satu negara maju kawasan Eropa mempunyai peraturan yang menyelamatkan warganya dari kerja lembur. Simak yuk apa saja.

Perancis Jalankan 3 Aturan Ini untuk Hargai Waktu Luang Karyawan

Sama halnya seperti Swedia yang melarang setiap karyawan untuk mengerjakan tugas kerja setelah jam kerja habis. Bekerja di negara maju tentu tekanan dan tuntutannya lebih besar. Terkena stress ringan pun sering kali dialami. Benar-benar menutup dokumen kerja dan nggak merespon email kerja walaupun pekerjaan menumpuk nggak mungkin dilakukan di Indonesia. Tapi di Perancis dua hal ini masuk dalam peraturan resminya. Jadi, setiap karyawan diberikan waktu untuk menenangkan pikirannya dan mempesiapkan diri untuk menghadapi hari esok.

Perancis Jalankan 3 Aturan Ini untuk Hargai Waktu Luang Karyawan

Semua orang tahu bahwa akhir pekan adalah hari untuk keluarga, orang terdekat, dan diri sendiri. Tetap bekerja pada akhir pekan membuat harimu lebih membosankan daripada yang seharusnya. Biarkan pikiran dan fisikmu untuk istirahat di akhir pekan. Lupakan sebentar masalah kerja dan target karier yang sednag kamu jalani. Kalau kamu masih memutuskan untuk bekerja, maka yang terjadi adalah kamu akan lebih merasa tertekan dari hari biasanya.

Perancis Jalankan 3 Aturan Ini untuk Hargai Waktu Luang Karyawan

Mungkin poin ini banyak yang memperdebatkan. Yang perlu kamu ketahui bahwa Perancis merupakan salah satu negara maju yang juga memperhatikan hak-hak sipil warganya. Beberapa kantor disana memperbolehkan karyawannya untuk tidur siang sekitar 10 hingga 20 menit sebelum mereka bekerja lagi. Tujuannya tetap sama, agar mereka bisa mengurangi stress dalam bekerja. Terlalu banyak karyawan yang kurang produktif karena kelelahan juga bisa mempengaruhi hasil kerja, kan?

Sepertinya peraturan diatas sangat menarik apabila diterapkan di Indonesia. Akan tetapi, apakah kamu juga siap dengan segala peraturan yang lebih disiplin, mewajibkan kamu untuk kerja dan berpikir tepat?

BACA JUGA : Kurang Piknik? Yuk, Ikuti Strategi Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja