Punya minat yang besar terhadap musik membuat kamu ingin memperdalam keahlian. Jika sejak kecil pernah ikut kursus alat musik tertentu, ini akan menjadi dasar yang kuat. Kalau kamu memulainya di usia yang sudah dewasa tentu harus kerja keras. Pasti bisa, nggak ada yang nggak mungkin kan? Dari sini kamu tahu, kalau belajar musik itu tantangannya seru.

Mulai mendapatkan pengetahuan dasar, membaca notasi balok, belajar kunci, dan lain sebagainya. kemudian, muncul kebiasaan-kebiasaan yang akhirnya menjadi pengalaman kamu dari memperdalam musik. Dari sini kamu sadar kalau musik adalah hal sesuatu yang istimewa.

Akhir pekan diisi dengan datang ke acara musik

Pengalaman yang Kamu Rasakan Jika Pernah Sekolah Musik

Salah satu cara untuk menambah teman satu bidang yang sama. Jangan malas dan memilih untuk diam di rumah kalau kamu mendapatkan ajakan. Jika musisi kesayanganmu tampil dan mengadakan pertunjukkan ada baiknya untuk datang. Dari situ kamu bisa belajar bagaimana mereka tampil di depan umum. Selain itu, jika ada tantangan seperti mendadak hujan, sedang kurang fit, mati listrik, hingga mic kurang berfungsi, kamu bisa lihat cara mereka mengatasinya.

Banyak undangan ke acara musik

Pengalaman yang Kamu Rasakan Jika Pernah Sekolah MusikPexels.com/Snapwire

Beragam acara musik bisa kamu datangi, mulai dari yang berhubungan dengan tugas kuliah, atau datang ketika teman maupun senior tampil untuk memberikan dukungan, beri masukan jika diminta. Walaupun kamu kurang akrab, cobalah datang. Bukankah sesama musisi harus saling mendukung?

Menganalisis musik yang sedang diputar

Pengalaman yang Kamu Rasakan Jika Pernah Sekolah MusikPexels.com/Burst

Belajar di sekolah musik membuat kamu peka dengan nada, irama, instrumen, hingga aransemen, dan tentu saja sebagian besar kegiatan kamu berhubungan dengan musik. Misalnya, di waktu luang kamu mendengarkan lagu. Nggak sekedar mendengarkan, kamu pun melakukan analisis kecil-kecilan mengenai perubahan genre jika ada, chord yang digunakan, hingga inti dari lagu tersebut. Menjadi pengamat lagu secara nggak langsung. Nggak ada salahnya lho kalau kamu tulis di buku agenda.

Referensi musik yang unik

Pengalaman yang Kamu Rasakan Jika Pernah Sekolah MusikPexels.com/rawpixel.com

Terbiasa mendengarkan lagu membuat kamu mencari lagu yang orang lain jarang dengarkan. Biasanya kamu cari berdasarkan genre dan sering membaca majalah musik. Nggak hanya itu, kamu bisa tahu pendatang baru yang nantinya bakal populer dan besar. Ketika teman mendengarkan musik yang kamu putar di mobil atau di rumah, akan bertanya siapa band atau penyanyinya. Semua terjadi secara alami kok, tinggal kamu masih mau menggali atau nggak.

Menulis not balok dan lirik lagu

Pengalaman yang Kamu Rasakan Jika Pernah Sekolah MusikPexels.com/Pixabay

Belajar musik membuat kamu terbiasa menulis dan membaca notasi balok. Memang awalnya butuh usaha dan terkesan klasik, tapi ini pengetahuan paling dasar. Kemudian, kamu mencoba mencari kunci dari lagu favorit. Ini bisa karena penasaran atau tugas. Nggak jarang juga kamu bisa memainkan ulang tanpa partitur. Begitu juga dalam membuat lagu, kamu akan terbiasa menemukan kata-kata dan nada yang cocok. Kebiasaan ini bisa membuat orang lain kagum.

Pernah belajar atau hobi bermusik membuat kamu punya beberapa alat musik. Dan tentu saja bisa memainkannya. Nggak hanya itu, jika ada waktu luang sedikit, kamu akan bermusik. Uniknya, kamu lebih betah di kamar yang mendadak menjadi studio mini.

Baca Juga: Punya Jiwa Seni yang Tinggi? Inilah Profesi yang Wajib Banget Kamu Ambil