Saat ini banyak sekali cara untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Mau bekerja kantoran, wirausaha, maupun pekerja lepas pun bisa. Kuncinya adalah memilih salah satu bidang yang benar-benar sesuai dengan minat. Memang nggak ada yang mudah pada awalnya. Tapi, kalau kamu ingin menekuninya pasti bisa. Untuk membantu kamu 5 kiat ini bisa dicoba.

1. Berani memulai

 
Sebenarnya banyak cara untuk kamu yang ingin menekuni pekerjaan pilihan yang kamu suka. Hanya saja, berbagai macam pikiran dan keraguan masih mendominasi. Kalau kamu sekarang masih sebagai orang kantoran dan ingin bekerja sesuai minat, nggak ada salahnya untuk mengambil pekerjaan sampingan dengan hobi yang kamu suka.  Membuat langkah pertama memang nggak mudah, persiapkan mental yang kuat, keuletan, dan nggak gampang menyerah.

2. Rencanakan langkah selanjutnya

 
Jangan ragu untuk mempelajari apa yang kamu butuhkan untuk melakukan pekerjaan yang kamu pilih. Minat dan ketekunan saja nggak cukup. Kamu wajib punya sesuatu yang menjadi ciri khas dalam membuat karya. Hindari punya pemikiran bahwa kamu nggak perlu ilmu baru dan ingin menggunakan yang kamu punya. Selagi muda, lakukan saja apa yang bisa kamu lakukan untuk menambah keahlian. Yakinlah kalau nggak ada kata terlambat untuk mengembangkan minat yang kamu suka. Disisi lain, jangan lupa catat dan lakukan apa saja langkah yang wajib kamu ambil.

3. Jalin relasi

 
Selain membangun apa yang kamu inginkan sebagai karier, jangan lupa untuk mengenal orang baru. Kalau bisa hindari terlalu pemilih. Sebab, semua orang dengan profesi apapun bisa menjadi penting dalam perjalanan berkarier. Jangan ragu untuk memanfaatkan sosial media untuk menjalin relasi atau mendapatkan inspirasi dari orang-orang yang kreatif. Kamu juga lebih mudah untuk menemukan orang yang satu hobi dan pekerjaan dengan kamu. Jangan ragu untuk datang ke acara yang mereka buat atau kalau kamu mendapat undangan.

4. Perhatikan keuangan

 
Bekerja sesuai hobi memang bisa dikatakan masih idealis. Karena, bicara tentang pendapatan tentu relatif. Kamu wajib punya dana cadangan yang lebih dari cukup kalau ingin meninggalkan pekerjaan lama. Karena ada saja biaya yang kamu keluarkan untuk mendukung hobi profesionalmu ini. Disisi lain, kamu juga wajib membayar apa yang telah menjadi tanggunganmu sebelumnya. Kalau misalkan dana belum mencukupi tetaplah bersabar dan menabung. Tapi kalau kamu nekat, bisa saja melakukan pinjaman dana di bank. Walaupun prosedurnya nggak gampang.

5. Buat dunia tahu karyamu

 
Saat ini semakin mudah orang berkarya dan menunjukkannya. Kamu pun demikian. Manfaatkan saja internet semaksimal mungkin, nggak ada ruginya kok. Buatlah sekreatif mungkin agar orang melirik hasil karya yang telah kamu buat. Mungkin awalnya memang malu dan ragu, tapi apa jadinya kalau kamu nggak lekas mencoba. Hindari juga untuk takut kalah dalam persaingan. Dari situ sebetulnya kamu bisa belajar banyak. Ada yang sekedar memuji, memberikan semangat, atau mencemooh adalah hal yang biasa. Kamu jangan putus asa.

Siap buat jadi bos dan beralih profesi yang lebih kreatif?

BACA JUGA : 3 Hal Yang Wajib Kamu Sadari untuk Menemukan Pekerjaan Favorit