Bagi para lulusan baru yang paling ditunggu adalah mendapatkan pekerjaan pertama. Yang terbayang adalah mendapatkan gaji pertama dengan pekerjaan yang menyenangkan. Akan tetapi di kantor kamu juga harus menjaga sikap dan menunjukkan kemampuan di hadapan karyawan senior dan Atasan. Mereka tentu saja akan tidak respek terhadap kamu jika tingkah lakumu kurang baik. Oleh sebab itu simak 7 hal yang harus kamu hindari pada saat kamu mendapatkan pekerjaan pertamamu.

Pertama Kali Bekerja? Inilah 7 Tindakan yang Harus Kamu Hindari
 
Mempunyai Atasan yang asyik memang menyenangkan namun kamu harus memahami batasan-batasannya. Hindari mengambil langkah yang terkesan memaksa dan terburu-buru untuk akrab dengan Atasan maupun karyawan senior. Mungkin kalian bisa menjadi teman di luar jam kantor tapi pada saat bekerja posisikan ia sebagai Atasan sehingga kalian bisa bekerja dengan profesional.
 
Pertama Kali Bekerja? Inilah 7 Tindakan yang Harus Kamu Hindari
 
Untuk memudahkan komunikasi dengan teman satu tim biasanya akan membuat grup chat. Selain untuk komunikasi pekerjaan adanya grup biasanya menjadi tempat untuk saling mengakrabkan diri. Hindari mengunggah berita yang kurang penting atau bahan bercanda yang kurang pantas. Apalagi kalau di grup Atasan kamu juga ikut bergabung. Selain mengganggu kegiatan itu juga dapat menyinggung teman dan menimbulkan perdebatan apabila mengandung topik yang sensitif. 
 
Pertama Kali Bekerja? Inilah 7 Tindakan yang Harus Kamu Hindari
 
Kegiatan ini bukan merupakan kegiatan profesional dan wajib kamu hindari. Jika terjadi salah paham dengan teman kerja langkah baiknya jika dibicarakan dengan baik. Membicarakan kelemahan teman kerja pun nggak membuat kamu lebih unggul dan istimewa di kantor. Apabila Atasanmu mengetahui hal ini ia nggak ragu untuk menegurmu secara langsung.
 
Pertama Kali Bekerja? Inilah 7 Tindakan yang Harus Kamu Hindari
 
Sering mengeluh dan menyalahkan keadaan adalah salah satu sikap yang nggak dewasa kalau kamu sudah mulai bekerja. Sebagian besar para lulusan baru akan beradaptasi dengan masa peralihan dan sikap yang seperti ini masih belum menunjukkan sikap profesional yang maksimal.
 
Pertama Kali Bekerja? Inilah 7 Tindakan yang Harus Kamu Hindari
 
Jika di kampus kamu bisa memakai celana jeans dan kaos maka di kantor kamu diwajibkan untuk berpakaian rapi walaupun pekerjaanmu di bidang industri kreatif. Pakaian kantor pun nggak boleh terlihat lusuh selama kamu bekerja. Walaupun terkesan sederhana penampilan kamu kerap kali menjadi perhatian Atasanmu. Cara kamu memilih pakaian bisa menunjukkan kamu menghargai dirimu sendiri atau nggak, lho.
 
Pertama Kali Bekerja? Inilah 7 Tindakan yang Harus Kamu Hindari
 
Pekerjaan kantor seringkali mempunyai dampak dan resiko yang cukup besar sehingga memerlukan keseriusan dalam menyelesaikannya. Atasan pun lebih sering mengkoreksi apa yang kamu kerjakan karena dua hal, pertama karena kamu adalah lulusan baru yang masih banyak belajar. Kedua, kamu perlu manajemen waktu agar pekerjaanmu bisa selesai dengan baik.
 
Banyak perbedaan antara dunia kerja dengan dunia kampus yang telah kamu jalani sebelumnya. Saat ini kamu memasuki tahapan yang mana aturannya pun semakin ketat. Kalau kamu banyak keluar masuk kantor dengan alasan pribadi maka sikap profesionalmu kembali dipertanyakan. Lain halnya jika kamu melakukan hal ini dengan alasan profesional Atasanmu akan mengerti.
 

BACA JUGA: Masih Bingung Menentukan Karier Impianmu? Simak 3 Tips Ini!