Kurang percaya diri dan berpikir macam-macam bisa menjadi salah satu faktor timbulnya rasa gugup. Gugup memang wajar kalau kamu menghadapi hal baru, tapi kalau terus menerus bisa membuatmu terlihat kurang nyaman berada di kantor. Pada akhirnya, akan mengundang tanya oleh teman-teman kerja. Agar nggak terlalu berlebihan, simak tips cara mengurangi rasa gugup yang berlebihan.

1. Bersabar dengan diri sendiri

Sering Gugup Ketika Menghadapi Hal Baru? Simak Cara Mengatasinyafoundr.com/
 
Kamu harus paham kalau nggak semua masalah dan pekerjaan dapat diselesaikan secara cepat dalam satu waktu. Kalau kamu menginginkan hal seperti ini, jelas saja kamu nampak gugup karena panik. Kamu harus belajar menenangkan diri sendiri. Buang sugesti yang buruk karena akan semakin menambah rasa gugup. Rasa gugup ini bisa membuat dirimu berbicara sangat cepat hingga susah dimengerti hingga gagap. Untuk itu, nggak ada salahnya membuat suasana mencari dengan obrolan dan komedi yang ringan. Kamu juga nggak ingin kan kalau berbicara di depan umum terlihat seperti rendah diri.

2. Belajar menerima pujian

Sering Gugup Ketika Menghadapi Hal Baru? Simak Cara Mengatasinyastatic.pexels.com
 
Menerima pujian memang menyenangkan sekaligus membuat tersipu. Walaupun pujian memiliki dua sisi, ada baiknya kamu menerima. Karena, bisa saja orang lain benar-benar melihat kelebihanmu dan pencapaianmu. Bagimu menerima sebuh pujian memang nggak gampang. Kamu pun kebingungan menanggapinya seperti apa. Terimalah sebuh pujian dengan anggun dan nggak berlebihan, walaupun sebenarnya kamu merasa kikuk. Jangan lupa juga untuk tersenyum dan mengucapkan terima kasih. Hindari untuk membantah langsung saat kamu menerima pujian.

3. Jangan ragu untuk meminta bantuan

Sering Gugup Ketika Menghadapi Hal Baru? Simak Cara Mengatasinyalifewithme.com
 
Gugup atau merasa merepotkan saat ingin meminta bantuan sering kali juga kamu rasakan. Kamu pun langsung panik dan merasa nggak yakin dengan diri sendiri ketika teman ataupun bos memberikan sebuah tugas tim kepadamu. Percayalah, semua orang akan membantu kalau kamu memintanya dengan sopan. Nggak ada kata merepotkan atau ingin menang sendiri dalam sebuah tim. Tunjukkan kemampuanmu dengan maksimal. Sebagai teman, mereka akan belajar memahami kemampuanmu dengan baik. Dan, tak ragu menawarkan bantuan kalau kamu terlihat kesulitan.

4. Temukan kelebihan diri

Sering Gugup Ketika Menghadapi Hal Baru? Simak Cara Mengatasinyahey.georgie.nu/flatlays/

 

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dalam dirinya. Hanya saja bisa menemukan atau malu untuk mengakuinya. Ada baiknya kamu cari tahu. Kalau kamu gugup dalam menghadapi situasi yang belum pernah sebelumnya, ada baiknya kamu untuk melakukan persiapan secara maksimal. Yakinlah kalau kamu bisa dan mampu. Jangan biarkan aktivitas harian hingga pengalaman baru rusak karena dirimu sendiri yang terlalu pesimis sehingga merasakan gugup yang berlebihan. Bangun percaya diri dengan kemampuan yang kamu punya.

5. Perbaiki bahasa tubuh

Sering Gugup Ketika Menghadapi Hal Baru? Simak Cara Mengatasinyawww.jorgensenalbums.com
 
Orang yang sering merasa gugup pasti nampak dengan jelas. Mulai berbicara terbata-bata, tangan dingin dan berkeringat, hingga kurang melakukan kontak mata. Kalau kamu menyadarinya, nggak ada kata terlambat untuk memperbaikinya. Karena, bahasa tubuh dapat mendorong sebuah interaksi yang lebih menarik. Hindari untuk membuat orang lain semakin mendominasi, karena kamu kurang mampu untuk menguasai diri sendiri. Tampilkan bahasa tubuh dengan takaran yang sesuai, kalau berlebihan kamu juga bisa dianggap arogan dan mencari perhatian.
 
Kalau kamu ingin menjadi lebih sukses, membuka diri dan belajar menerima akan menjadi pengalaman baru buat kamu.

BACA JUGA : Ungkap 3 Kesalahan yang Dihindari Orang Sukses di Awal Kariernya