Bekerja di rumah sebagai pekerja lepas memang punya waktu kerja yang sangat fleksibel. Semuanya kamu yang mengatur. Tapi, itu semua tergantung dari banyak sedikit klien dan pekerjaan yang kamu ambil. Untuk pemula, ini memang nggak gampang. Terlihat menyenangkan, tapi bingung bersosialisasi. Jangan khawatir, kamu bisa menerapkan cara ini.

1. Terima ajakan teman jalan-jalan

via GIPHY

Salah satu cara paling mudah. Hambatannya adalah kesibukanmu dengan teman-teman tentu saja berbeda. Jam kerjamu sangat fleksibel sedangkan mereka terikat. Ini yang menyebabkanmu terlihat banyak waktu luang, walaupun sebenarnya nggak. Kamu juga perlu untuk ngobrol dan bercanda agar nggak terlalu penat. Untuk itu, sisakan waktu di akhir pekan untuk bersosialisasi dengan mereka. Hindari untuk memiliki sikap minder bersosialisasi karena pekerjaan yang telah kamu pilih. Yang perlu kamu ingat, menjadi pekerja lepas untuk saat ini cukup banyak peminatnya, kok. Dan, jangan ragu untuk menerima ajakan mereka. Sebagai sesama generasi muda, sedikit banyak mereka pasti paham.

2. Perbanyak hadir dan jalin relasi di suatu acara

via GIPHY

Ini juga salah satu cara mudah untuk sekedar melepas penat. Tapi, kamu bisa memanfaatkannya menjadi kegiatan positif. Jangan ragu untuk bergabung dalam suatu komunitas. Buang rasa malas karena banyak sekali acara di dalamnya. Jual kemampuanmu agar mendapatkan klien dan relasi baru. Jangan putus asa terlalu cepat kalau misalkan kamu nggak mendapatkannya diawal. Perbaiki diri dan kemampuan di acara berikutnya. Kalau kamu mengurung diri dalam lingkungan yang itu-itu saja pasti akan merasa cepat bosan. Dan pastikan kamu berkumpul dengan orang yang positif dan inspiratif.

3. Jangan ragu untuk ngobrol

via GIPHY

Kegiatan berbincang ini bisa kamu lakukan di mana saja. Kalau memang kamu nggak memutuskan untuk merantau, ada baiknya untuk melakukan kegiatan ini. Walaupun banyak sekali tugas yang harus diselesaikan, kegiatan ini juga bisa mempererat hubungan dengan orang terdekat. Begitu juga dengan klien, jangan hanya berbicara mengenai pekerjaan saja. Kamu bisa menyelipkan obrolan ringan agar nggak terkesan kaku. Sebagai pekerja lepas, kamu juga dituntut untuk bersikap ramah dan menyenangkan, lho. Dengan teman-teman juga demikian, jangan ragu untuk menyapanya duluan.

Kalau kamu sudah memutuskan untuk menjadi pekerja lepas, jangan ragu bahkan malu untuk mengakuinya. Jangan lupa juga untuk selalu memperbarui resume dan portofolio.

BACA JUGA : Kamu Pekerja Lepas? Simak 5 Tips Ini Agar Tidak Menunda Pekerjaan Ini