Bagi kamu yang telah lulus SMA dan melanjutkan kuliah, pasti berpikir bahwa kuliah itu seru. Karena jam pelajaran sangat fleksibel, dan lain sebagainya. Tapi, begitu menghadapi kenyataan kamu sangat kebingungan. Mencari kembali ritme belajar dan bermain yang sesuai. Memang ini sebagai proses adaptasi lagi. Tapi kamu nggak perlu khawatir, sebab ada cara untuk menggali ilmu dengan cara yang cerdas.

1. Tambahkan perlengkapan belajar yang mendukung

 
Selain merapikan tempat belajar, ada baiknya kamu juga menata alat tulis. Jangan simpan alat tulis yang sudah nggak berfungsi. Setelah memilah dan ada yang kurang kamu bisa menambahkan. Saat ini saat ini banyak sekali alat tulis dengan desain menggemaskan yang bisa kamu pilih. Kalau kamu kreatif bisa juga hias buku catatan dan agenda agar lebih menarik untuk dibaca ulang. Membeli alat tulis lucu bukan hanya untuk anak sekolah, kok.

2. Adopsi sistem jam kerja

 
Selain menjalankan kuliah, isi pagi hingga sore hari dengan kegiatan di luar kampus yang bermanfaat. Misalnya, pergi ke perpustakaan, tutorial dengan kakak angkatan, bersosialisasi, dan berorganisasi. Karena, waktu malam hari untuk istirahat maupun berkumpul dengan teman untuk melepas penat. Selain itu, waktu malam memang paling tepat untuk mengerjakan tugas kuliah. Kamu butuh tempat yang nyaman dan tenang untuk konsentrasi, bukan.

3. Tetap termotivasi

 
Ini adalah poin penting yang bisa menjadi dasar bahwa kamu tetap ingin menggali kemampuan. Kalau kamu nggak punya keinginan maka usaha yang dilakukan hanya sekedarnya. Banyak hal yang bisa menjadikanmu termotivasi. Hal-hal yang menyenangkan dan orang yang inspiratif bisa menjadi salah satunya. Banyak membaca dan mencari informasi penting dengan sumber yang tepercaya memang wajib dilakukan. Dan, jangan ragukan peran media sosial kalau kamu ingin mengasah kreativitas positif.

4. Jangan sampai tertinggal

 
Segala usaha wajib kamu lakukan untuk menguasai pengetahuan dan keahlian. Ini disebabkan karena persaingan yang semakin ketat. Walaupun kamu masih kuliah, nggak ada salahnya untuk punya ambisi menjadi yang terbaik. Walaupun nggak ingin terlihat seperti menonjolkan diri, kamu wajib mengetahui silabus perkuliahan dengan baik. Jangan ragu untuk belajar diawal agar kamu nggak terlalu bingung dengan materi selanjutnya. Materi kuliah yang selalu berganti setiap minggu membuatmu harus rajin menggali sendiri.

5. Istirahatkan badan dan pikiran

 
Kesehatan dan istirahat adalah hal penting di poin ini. Hindari untuk mengabaikan kesehatan demi sebuah keinginan. Jadwal perkuliahan memang sangat padat. Tetaplah buat batasan agar bisa mengistirahatkan pikiran, batin, dan badan. Mengambil waktu untuk istirahat bukanlah tanda orang malas. Usaha yang kamu lakukan juga akan percuma kalau terlalu keras. Kamu juga perlu menyimbangkan antara belajar, bermain, serta untuk diri sendiri.

Belajar itu hal yang seru, jangan malas selagi masih muda. Dan, jangan lupa mulai terapkan pola hidup sehat.

BACA JUGA : Merantau di Usia Muda Kamu Akan Merasakan 7 Hal Ini