Bisa kerja di mana saja memang menjadi pilihan saat ini. Bidang kerjanya pun bisa kamu pilih sesuai dengan minat, keahlian, dan kemampuan. Nggak hanya di dalam negeri, kamu bisa mengambil pekerjaan hingga luar negeri. Asal ada jaringan internet, kamu bisa kerja, mengembangkan diri dan menambah pengalaman.

Namun, ada saja orang-orang yang ingin tahu seperti apa kehidupanmu saat bekerja dari rumah. Kamu pernah lelah menjelaskan seperti apa sistem kerjamu. Sehingga, kamu mulai terbiasa dengan pertanyaan atau komentar seperti ini, namun kamu harus menjelaskan dengan panjang.

1. Kerja pakai piama?

7 Ungkapan Sederhana yang Terlontar ketika Kamu Kerja dari Rumahpexels.com/Andrew Neel

Menyelesaikan pekerjaan bisa di mana saja memang terlihat menyenangkan. Salah satu pertanyaan iseng ini seringkali terlontar. Menurutnya, kamu nggak perlu memperhatikan penampilan untuk bekerja. Memang ini menjadi pilihan personal, kamu memang bisa bekerja dengan pakaian apa saja. Kecuali jika harus rapat jarak jauh dan menggunakan video.

Nggak perlu juga tersinggung dengan kalimat seperti ini, jika kamu punya jawaban yang sama uniknya. Asal pekerjaan selesai dan memilih diselesaikan jarak jauh, apa pun pakaian kamu bukan jadi masalah yang besar.

2. Bisa jalan-jalan terus?

7 Ungkapan Sederhana yang Terlontar ketika Kamu Kerja dari Rumahunsplash.com/Ian Schneider

Bekerja dari mana saja memang muncul anggapan kalau kamu sering melakukan perjalanan. Karena, tempatnya lebih bebas, mau tinggal di lingkungan baru atau tetap tinggal dengan orang terdekat. Kalau memilih bidang budaya dan pariwisata memang bagian dari pekerjaan, wajar kalau sering melakukan perjalanan.

Orang rumahan akan memilih bekerja dari rumah karena nyaman. Nggak hanya itu, faktor keuangan juga diperhatikan. Wajib menabung, investasi, ada dana darurat, hingga hari tua. Ada juga orang yang nggak fokus bekerja, karena jalan-jalan terus.

3. Enak banget!

7 Ungkapan Sederhana yang Terlontar ketika Kamu Kerja dari Rumahunsplash.com/Carl Heyerdahl

Komentar ini paling sering terlontar dan kamu dengar. Sebagian besar menganggap bahwa kerja dari rumah lebih santai. Memang benar, karena kamu nggak berhadapan dengan kemacetan kota saat pagi dan sore hari. Walaupun mengalami, jika ada rapat dan janji bertemu klien.

Tentu saja ini tergantung kamu. Ada yang setuju karena lebih bebas dan nggak bertemu banyak orang. Namun ada yang kurang setuju, karena gangguan dari orang sekitar pun tetap ada. Dan itu nggak ada hubungannya dengan pekerjaan kamu.

4. Pasti sering kesepian

7 Ungkapan Sederhana yang Terlontar ketika Kamu Kerja dari Rumahunsplash.com/ Christin Hume

Sesekali merasa kesepian bagi kamu yang bekerja sendirian adalah hal yang wajar. Kamu pun menyadarinya ketika bekerja dari rumah dan bisa di mana saja. Sebenarnya, hal ini nggak seseram yang dibayangkan, kok. Kamu masih bisa bersosialisasi dan berkumpul bersama teman. Bahkan mendapatkan teman baru.

Kuncinya adalah keluar dari rumah kalau ada waktu luang dan merasa jenuh bekerja dengan suasana yang sama. Selain itu, untuk urusan pekerjaan, berkomunikasi lewat surel dan telepon juga bisa meningkatkan hubungan kerja. Walaupun jarak jauh.

5. Sibuk banget atau banyak waktu luang?

7 Ungkapan Sederhana yang Terlontar ketika Kamu Kerja dari Rumahpexels.com/energepic.com

Ini tergantung bagaimana menghadapi pekerjaanmu. Ada yang memilih suasana yang sepi agar bisa menyelesaikan pekerjaan harian, kemudian mengerjakan lainnya. Pekerjaan nggak terlalu menumpuk dan bisa diselesaikan cepat, maka kamu punya waktu luang lebih banyak. Bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal yang menyenangkan.

Kerja dari rumah nggak hanya persoalan bisa selalu santai. Kamu pun juga akan duduk menyelesaikan pekerjaan sepanjang hari, kalau sedang padat. Ini semua tergantung bagaimana kamu mengatur waktu dan memulai hari.

6. Nggak bosan kerja di rumah terus?

7 Ungkapan Sederhana yang Terlontar ketika Kamu Kerja dari Rumahunsplash.com/Brooke Cagle

Pertanyaan seperti ini sering terlontar oleh orang terdekat dan sekitar yang masih sering berkomunikasi dengan kamu. Mereka punya anggapan kalau kerja di rumah dan sendirian itu membosankan karena nggak ada teman. Memang ini risikonya. Kamu pun harus ada banyak cara agar nggak bosan, salah satunya adalah kerja di café atau coworking space.

Di rumah pun kamu bisa menemukan tempat yang nyaman untuk bekerja, selain di kamar. Misalnya, ruang tamu, teras rumah, hingga meja makan. Kerja dengan waktu kerja seperti ini membuat kamu lebih cermat dan mengenal seperti apa tempat kerja yang membuat nyaman sekaligus bisa fokus.

7. Saran buat orang yang pengen kerja dari rumah dong?

7 Ungkapan Sederhana yang Terlontar ketika Kamu Kerja dari Rumahunsplash.com/Jeff Sheldon

Sistem kerja yang seperti ini memang menarik, karena terlihat seru. Nggak heran kalau beberapa teman-teman kamu meminta masukan agar efektif kerja dari mana saja. Hindari untuk memikirkan hal yang menyenangkan saja. Bisa kerja dari mana saja juga ada target, tantangan, dan dilanda bosan. Kuncinya adalah disiplin dan buat batasan.

Mendengarkan musik atau menyalakan televisi nggak ada yang melarang. Asal kamu nggak merasa terganggu dan tergoda menunda menyelesaikan pekerjaan. Selain itu, komunikasi dengan tim adalah kunci. Caranya, jawab telepon, chat, dan surel dengan cepat. Untuk aktivitas harian, pastikan kalau kamu tetap bangun pagi.

Semua ucapan yang sering terlontar seperti ini memang wajar, karena bisa bekerja di mana saja sedang populer.

Baca Juga: 5 Keuntungan untuk Para Bos yang Memperbolehkan Karyawannya Kerja dari Rumah