Bertemu dengan orang baru memang selalu punya cerita dan kesan tersendiri. Kalau kamu bisa menilai orang dari kesan pertama, begitu juga dengan mereka. Ada tiga hal yang wajib kamu perhatikan dan ia akan menilai dirimu lewat faktor tersebut.

Sebelum bertemu dengan orang baru yang akan menjadi teman kerja, bos, maupun klien persiapkan dirimu dengan maksimal.

1. Penampilan

Jangan Heran, Ini 3 Hal Penilaian Orang Lain Mengenai Dirimuunsplash.com/Ana Gabriel

Paling pertama kali terlihat dan dilihat memang penampilan. Tidak bisa dipungkiri bahwa, orang lebih suka menilai penampilan orang lain untuk memberikan kesan pertama. Penilaian penampilan yang hanya beberapa detik saja bisa menebak seperti apa karakter yang kamu punya. Untuk itu, ada baiknya untuk selalu berpenampilan rapi. Tidak hanya riasan wajah, tatanan rambut, pakaian, serta sepatu saja. Pastikan juga lawan bicara tidak terganggu dengan bau yang kurang sedap. Selain itu, kamu wajib juga memperhatikan kebersihan gigi. Karena ia bisa menebak apakah kamu peminum atau perokok.

2. Ucapan

Jangan Heran, Ini 3 Hal Penilaian Orang Lain Mengenai Dirimuunsplash.com/Charles Deluvio

Mengontrol ucapan terlihat lebih susah daripada tingkah laku. Kalau kamu adalah orang yang cukup terbuka dan terbiasa berbicara frontal, ada baiknya kamu perhatikan. Berbicara apa adanya bisa juga dilakukan dengan cara yang sopan, kok. Punya kebiasaan mengumpat? Hindari untuk melontarkan kepada orang yang baru kamu kenal atau sekedar tahu. Ia bisa menilaimu mempunyai sikap yang arogan kalau kamu keceplosan. Seperti yang kamu ketahui, kalimat yang terlontar bisa menjadi tolak ukur pendidikan dan latar belakang, oleh sebab itu hati-hati.

3. Percaya diri

Jangan Heran, Ini 3 Hal Penilaian Orang Lain Mengenai Dirimuunsplash.com Brooke Cagle

Orang yang punya rasa percaya diri saat diajak berbicara memang lebih menarik. Lawan bicara juga tidak mudah merasa bosan. Memiliki rasa percaya diri secara tidak langsung kamu bisa mengontrol rasa gugup dan pikiran negatif lainnya. Intinya, kamu bisa menguasai diri sendiri dengan baik. Kurang memiliki rasa percaya diri memang ada penyebabnya. Kalau itu sangat dominan, orang lain juga bisa terkena dampaknya. Kamu sendiri tidak mau kan kalau sampai mendapatkan kesan kurang percaya diri? Ada juga kemungkinan kalau ia meragukan kemampuanmu karena kamu seperti ini.

 

BACA JUGA : Yuk Jadi Orang yang Menyenangkan dengan 5 Langkah Sederhana Ini