Panjangnya lika-liku perjalanan menuju sukses membuatmu harus semakin meningkatkan keahlian. Menghadapi stres dan tantangan sudah mulai terbiasa. Namun sayangnya, kamu seperti berlomba-lomba untuk dipandang lebih sukses dari yang lainnya. Bersyukur dengan hal kecil seperti ini, akan memudahkan kamu mencapai target yang telah kamu incar.

1. Kesempatan menempuh pendidikan

Hal Kecil Ini Wajib Kamu Syukuri Dalam Perjalanan Karierunsplash.com/Giulia Bertelli

Memang seperti sudah kewajiban untuk menjalani pendidikan tinggi. Namun, yang perlu kamu sadari adalah tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu tidak membuang percuma kesempatan yang seperti ini. Nilai baik maupun biasa saja pasti ada hal lain yang diperjuangkan.

2. Uang di bank

Hal Kecil Ini Wajib Kamu Syukuri Dalam Perjalanan Karierunsplash.com/Annie Spratt

Berbagai macam hal mengenai keuangan bisa menjadi keluhan. Intinya, menabung pun tidak bisa banyak. Menghadapi hal seperti ini kamu wajib bersyukur bahwa kamu masih dalam tahap tidak kekurangan. Syukuri saja beraja pun pendapatan dan uang yang bisa disisihkan. Dan, jalani gaya hidup sewajarnya.

3. Belajar dari kesalahan

Hal Kecil Ini Wajib Kamu Syukuri Dalam Perjalanan Karierunsplash.com/JESHOOTS.COM

Membuat suatu kesalahan memang membuat malu hingga trauma. Pandangan orang lain pun bisa berubah gara-gara hal seperti ini. Minta maaf dan memperbaiki diri adalah jalan keluarnya. Membuat kesalahan adalah hal yang biasa dan menjadi faktor pendorong diri sendiri untuk lebih maju.

4. Orang yang mendukung

Hal Kecil Ini Wajib Kamu Syukuri Dalam Perjalanan Karierunsplash.com/Mikayla Mallek

Beruntung sekali jika mereka mau memberikan pandangan pro dan kontra tanpa harus menyudutkanmu. Tapi kalau keluarga kurang mendukung, bisa jadi ada orang lain namun cukup dekat yang benar-benar mengerti apa maksud dan definisi suksesmu akan memberikan dukungan.

5. Kemampuan dasar

Hal Kecil Ini Wajib Kamu Syukuri Dalam Perjalanan Karierunsplash.com/Melinda Pack

Bisa membaca, menulis, dan berhitung sepertinya hal yang mudah diabaikan dalam perjalanan menuju sukses. Tidak masalah jika kamu kurang ahli dalam ketiganya, karena semua bisa dilatih jika ada kemauan. Percaya atau tidak 3 keahlian dasar ini sebagai modal paling awal untuk bertahan hidup.

6. Teknologi

Hal Kecil Ini Wajib Kamu Syukuri Dalam Perjalanan Karierunsplash.com/rawpixel.com

Dengan kemudahan akses teknologi yang kamu dapatkan bisa memudahkan menyelesaikan beberapa hal dalam waktu yang singkat. Misal, perjalanan menjadi lebih singkat dan kamu bisa mengerjakan tugas kerja di mana saja. Walaupun terkadang menemukan sedikit hambatan dengan kelancaran internet.

7. Buku

Hal Kecil Ini Wajib Kamu Syukuri Dalam Perjalanan Karierunsplash.com/Keila Hötzel

Sebagai generasi muda, jangan ragu untuk membaca. Hilangkan suara-suara yang kurang nyaman didengar karena kamu hobi baca atau ketahuan sedang asyik membaca buku. Selain sumber pengetahuan dan informasi baru, buku juga sumber inspirasi.

8. Kebaikan orang lain

Hal Kecil Ini Wajib Kamu Syukuri Dalam Perjalanan Karierunsplash.com/Joanna Kosinska

Seringkali menerima kebaikan orang lain tanpa disadari, baik itu orang yang dikenal maupun tidak. Apalagi dalam keadaan yang tidak terduga. Ada baiknya juga kamu bersikap baik dengan orang lain karena sikap yang seperti itu akan kembali ke diri sendiri. Jangan lupa untuk mengucapkan terma kasih.

9. Bisa berpendapat dan memilih

Hal Kecil Ini Wajib Kamu Syukuri Dalam Perjalanan Karierunsplash.com/Zia King

Semakin dewasa tentu pikiran semakin kritis untuk menyampaikan pendapat dan keinginan. Namun, kamu juga lebih bijak untuk mengeluarkan kata-kata dan menentukan pilihan. Tujuannya agar tidak membuat orang lain tersinggung atau bahkan sakit hati.

10. Kedewasaan

Hal Kecil Ini Wajib Kamu Syukuri Dalam Perjalanan KarierUnsplash.com/Keila Hötzel

Punya jiwa yang lebih dewasa memang tidak harus menunggu tua. Jika kamu punya pengendalian emosi yang bagus sikap dewasa akan kamu perlihatkan. Kamu pun tidak gampang terpancing suatu hal yang sifatnya emosional. Menelaah segala sesuatu adalah hal utama yang kamu lakukan.

11. Perbedaan

Hal Kecil Ini Wajib Kamu Syukuri Dalam Perjalanan KarierUnsplash.com/Kelly Sikkema

Kamu sadar bahwa semua yang hidup di bumi ini penuh dengan perbedaan. Dan hal ini membentuk sesuatu yang menyenangkan. Hindari untuk membuat ribut hal-hal yang sepele hingga sensitif. Tujuannya agar kamu bisa berteman dengan siapa saja dan menghargai perbedaan.

12. Hiburan

Hal Kecil Ini Wajib Kamu Syukuri Dalam Perjalanan Karierunsplash.com/Kelly Jean

Padatnya jadwal kegiatan bisa membuatmu bosan dengan kegiatan melepas penat yang itu-itu saja. Wajib kamu syukuri bahwa ada ide cerdas dari setiap orang yang menciptakan kegiatan menghibur apa pun bentuknya. Tanpa mereka tentu menjalani hari bisa semakin membosankan.

13. Tantangan

Hal Kecil Ini Wajib Kamu Syukuri Dalam Perjalanan Karierunsplash.com/sandevil sandh

Menerima dan menjalani tantangan adalah hal yang bisa dikatakan tidak disukai. Namun, dengan adanya tantangan kamu bisa melewati hari dan menyelesaikan kewajiban. Sekecil apa pun kegiatannya, tantangan akan selalu muncul setiap hari.

Kamu juga wajib bersyukur dengan segala kemudahan yang tersedia.

BACA JUGA : Hidup Jauh Lebih Mudah Kalau Menyerah dengan 3 Hal Ini