Bekerja di kantor memang penuh suka duka,  selalu bersikap profesional adalah kewajiban. Memilah urusan kantor dan personal pun juga wajib kamu kuasai. Membuat kesan yang menarik tanpa berlebihan juga agak susah rasanya. Untuk itu, perlu kamu ketahui dan terapkan etika dasar pergaulan di kantor. Biar kamu bisa bekerja dengan nyaman.

1. Hindari terlalu sering bergosip

Mau Bekerja dengan Nyaman? Terapkan 5 Etika Dasar Ini di Kantorunsplash.com/Joanna Kosinska

Dalam pertemanan di kantor, walaupun terlihat membaur pasti ada beberapa orang yang seperti satu frekuensi dalam pekerjaan. Tidak mengherankan jika membagikan berbagai macam informasi di kantor. Kalau informasinya baru dan mengejutkan, pasti akan menjadi bahan obrolan. Hindari untuk memperluas obrolan menjadi hal yang kurang penting. Karena kalau didengar teman kerja yang lain bisa menimbulkan makna yang berbeda. Begitu juga melontarkan lelucon, ada baiknya tidak mengandung sindiran yang dapat menyinggung orang lain.

2. Tawarkan bantuan

Mau Bekerja dengan Nyaman? Terapkan 5 Etika Dasar Ini di Kantorunsplash.com/G. Crescoli

Melihat teman yang kesulitan menyelesaikan pekerjaan memang hal yang biasa. Kamu bisa memberikan saran dan sedikit membantunya kalau pekerjaan sedang tidak padat. Jangan takut kalau ia mengambil porsimu. Memang dunia kerja ketat dengan persaingan. Tapi, kalau kamu berada diposisi yang seperti itu dan tidak ada yang membantu itu bukan hal yang menyenangkan. Jika ia menolak bantuanmu, jangan tersinggung. Mungkin ia masih bisa menanganinya.

3. Memulai percakapan dengan teman kantor baru

Mau Bekerja dengan Nyaman? Terapkan 5 Etika Dasar Ini di Kantorunsplash.com/Alexandra Kirr

Punya teman kerja baru pasti ia akan menjadi pusat perhatian walau hanya sebentar. Dari sisi dia akan ada rasa sedikit asing dengan tempat maupun teman kerja. Walaupun kamu bekerja lebih lama, tidak ada salahnya untuk bersikap ramah. Karena ia juga perlu adaptasi. Tunjukkan sikap yang menyenangkan agar ia nyaman bekerja disana. Sudah tidak zaman apabila ada teman baru di kantor lalu kamu memperlakukannya saat seperti masa orientasi.

4. Bersikap positif

Mau Bekerja dengan Nyaman? Terapkan 5 Etika Dasar Ini di Kantorunsplash.com/Tu Tram Pham

Lingkungan kerja yang kondusif maupun tidak pasti ada yang memicu persoalan hingga hal negatif lainnya. Belum lagi kalau ada teman atau bos yang mengalami hari buruk, tentu ini akan memberikan pengaruh. Jika itu bukan menyangkut tentang dirimu, ada baiknya kamu tidak ikut larut dalam masalahnya. Bagikan energi positif dengan bersikap yang menyenangkan. Hindari untuk membuat mereka jengkel karena kamu terlalu ingin tahu.  Dengan bersikap positif, mereka juga membagikan energi positifnya kalau kamu mengalami hari buruk.

5. Fokus dan hadir dalam pekerjaan

Mau Bekerja dengan Nyaman? Terapkan 5 Etika Dasar Ini di Kantorunsplash.com/Sebas Ribas

Bisa melakukan komunikasi dengan baik saat pekerjaan sedang padat merupakan tantangan yang selalu kamu hadapi. Jika ada yang menghampirimu dan membahas pekerjaan, ada baiknya kamu berhenti sejenak dan fokus dengan pembicaraannya. Seringkali salah paham penerimaan maksud di kantor adalah salah satu komunikator tidak menaruh perhatian penuh saat percakapan berlangsung. Ia hanya mendengarkan sekilas dan mempunyai pemahaman sendiri. Jika tidak ingin menimbulkan hal yang seperti ini, ada baiknya kamu memperhatikan dan menghargai orang berbicara.

Jangan lupa juga empat kata ajaib, permisi, maaf, tolong, dan terima kasih.

BACA JUGA : Ini 5 Tips untuk Introvert Agar Betah Kerja di Kantor