Melihat orang lain lebih sukses adalah hal yang bisa memacu diri sekaligus menimbulkan rasa iri. Kemudian, berpikir bagaimana mendapatkan kesuksesan secara cepat agar bisa menyaingi temanmu. Sifat iri memang bisa memotivasi kamu untuk lebih berjuang meraih keinginan. Tapi, lama-lama sifat ini sangat merugikan. Simak lima kerugian terbesarnya dan dampak terhadap kehidupanmu.

1. Menyita pikiran

 
Sebelum rasa iri ada dalam diri, kamu pasti akan merasa tersaingi dan diremehkan. Tentu saja hal ini membuatmu memikirkannya. Kalau kamu langsung ambil langkah positif tentu nggak akan menjadi masalah. Tapi kalau sebaliknya, ini hanya menyita tenaga dan waktu saja. Untuk itu, berusahalah untuk nggak terlalu bersikap emosional dalam menghadapi sesuatu yang lebih dari kemampuanmu. Kamu harus punya sikap sportif dan lapang dada dengan keberhasilan orang lain.

2. Menghambat kreativitas

 
Terserang rasa iri memang nggak mudah hilang. Banyak waktu yang kamu gunakan untuk mengawasi orang yang membuat kamu iri. Memang nggak terasa, tapi itu kenyataannya. Kalau nggak lekas kamu sadari, kamu bisa kehilangan sisi kreatif dalam diri. Mengapa bisa? Karena kamu fokus dengan satu hal yang nggak bisa membuat dirimu lebih baik. Iri boleh, tapi tetap  kelilingi dirimu dengan orang dan kegiatan yang kreatif.

3. Mencampuri urusan orang lain

 
Perasaan iri bisa dikatakan satu paket dengan rasa ingin tahu yang lebih dalam. Kamu akan mencari tahu dengan detail apa yang menjadi permasalahan hingga kelemahannya. Kalau ia adalah orang terdekatmu, bisa jadi kamu menggali rasa ingin tahu sedetail mungkin. Sampai-sampai masalah personal pun juga membuatmu penasaran. Setelah tahu permasalahan yang dihadapi, hindari untuk menyerang balik agar ia berada di bawahmu.

4. Kurang bisa bersosialisasi

 
Ada tipe orang yang punya rasa iri tapi bisa memacu dirinya agar lebih baik lagi. Ada juga yang sebaliknya, ini bisa menimbulkan sikap nggak suka. Janganlah bersikap kekanakan diusia yang sudah dewasa. Kamu wajib bisa bersosialisasi dengan siapa saja, bahkan dengan orang yang memusuhimu. Kamu wajib bisa menunjukkan dirimu ini tangguh, mandiri, dan cerdas. Hindari untuk menolak ajakan karena ada orang yang membuat kamu iri atau menjegal rencanamu.

5. Menghambat kesuksesan

 
Dari poin-poin yang sebelumnya, sudah pasti terlihat bahwa sikap ini berdampak dengan kesuksesanmu. Kamu pun diselimuti berbagai macam prasangka dan nggak lagi melanjutkan apa yang menjadi tujuanmu. Intinya, apa yang menjadi tujuanmu akan terabaikan selama beberapa waktu. Tentu ini akan merugikan kamu. Untuk itu, cepatlah sadar dan raih kembali apa yang menjadi keinginanmu. Dan, pahami bahwa persaingan dan meraih sesuatu itu semakin berat dan menguji mental.

Ternyata cukup bahaya juga ya dampaknya.

BACA JUGA : Hidup Jauh Lebih Mudah Kalau Menyerah dengan 3 Hal Ini