Menyampaikan pendapat, ide, obrolan ringan, bahkan berbagi pengalaman memang menyenangkan. Tapi, dalam situasi yang seperti ini sangat rentan untuk saling memotong pembicaraan. Untuk kamu yang sering mengalami hal ini. Simak yuk cara mengatasinya.

1. Jangan terpengaruh

Diinterupsi Saat Bicara Memang Bikin Jengkel, Begini Cara Menyikapinyawww.pexels.com
Agak mengejutkan hingga membuyarkan fokus kalau sedang berbicara kemudian dipotong begitu saja. Respon yang paling sering dilakukan adalah terdiam untuk beberapa detik. Namun, kamu jangan terpengaruh. Karena pusat perhatian langsung kepada yang memotong pembicaraan. Kamu nggak mau kan ide dan masukan terbang begitu saja gara-gara hal seperti ini. Lanjutkan saja apa yang ingin kamu sampaikan. Jangan biarkan orang lain mengganggu ketika kamu menuangkan pemikiran kreatif dan masukan positif di hadapan teman dan kolega kerja.

2. Dengarkan sebentar

Diinterupsi Saat Bicara Memang Bikin Jengkel, Begini Cara Menyikapinyawww.pexels.com
 
Memotong pembicaraan sebenarnya ada dua tujuan, yaitu membantu membenarkan dan memotong kesempatan. Kalau memang ia bermaksud membantumu untuk membenarkan sesuatu kalau kamu salah menyebut, bisa kamu berikan kesempatan. Memang bisa kamu koreksi di akhir penjelasan, tapi ini bisa membuat yang lain bertambah bingung dan maksud nggak tersampaikan dengan baik. Dan, membutuhkan waktu tambahan ketika kamu berusaha mengklarifikasi kesalahan. Sedangkan pekerjaan lain masih banyak yang harus diselesaikan.

3. Peringatkan dengan sopan

Diinterupsi Saat Bicara Memang Bikin Jengkel, Begini Cara Menyikapinyawww.pexels.com
 
Hal ini memang mengganggu. Kalau ia berlebihan kamu bisa menegurnya dengan sopan. Semakin dewasa seharusnya memang nggak melakukan kegiatan ini. Kecuali, kalau ia punya ego yang tinggi dan selalu ingin menjadi pusat perhatian. Hindari juga untuk langsung terpancing emosi kalau bisa mengungkapkannya dengan baik. Nggak masalah jika kamu menyebut namanya sebagai peringatan dalam forum diskusi. Agar ia juga memahami kalau harus bertoleransi dan belajar mendengarkan ketika ada yang berbicara.
 
Jangan hanya pasang tampang kusut.

BACA JUGA : Jangan Jadi Orang yang Membosankan, Kenali Tandanya