Dikritik dan mengkritik adalah hal yang biasa ketika kamu bekerja. Akan tetapi bagi beberapa orang pernah salah menerima kritikan sehingga dia menjadi marah atau bersikap kurang pantas. Kita bisa saja terkejut dengan suatu kritikan karena yang memberi kritik terkadang tidak pas dalam penyampaiannya dan membuat kita menjadi tersinggung. Oleh sebab itu tidak jarang hubungan pertemanan berakhir karena kurang pas dalam penyampaiannya. Walaupun seringkali kritikan itu tidak enak didengar tapi dia punya manfaat. Yaitu dapat membuat kinerja kita di kantor menjadi lebih baik dan berkembang. Ada beberapa cara agar kamu bisa menerima kritikan tanpa rasa jengkel, marah dan sakit hati

1. Jadikan kritikan sebagai motivasi

7 Cara Menerima Kritikan di Kantor dengan Baik dan Efektiftvguide.com

Walaupun kritikan itu terkadang menyakitkan tapi itu sebagai merupakan salah satu orang untuk memotivasi kamu. Kritikan seolah menguji bahwa kamu mampu melakukan sesuatu atau tidak. Seperti yang kamu tahu, orang tidak akan maju dan sukses tanpa kritikan.

2. Itu bukan tentang dirimu tapi kinerjamu

7 Cara Menerima Kritikan di Kantor dengan Baik dan Efektifpolygon.com

Seringkali kita memaknai suatu kritikan sebagai tanda orang tidak suka terhadap diri kita Jika kita menerima kritikan secara langsung jangan pernah merasa bahwa mereka mengkritik kehidupan pribadi kita. Tetapi itu merupakan dampak dari tingkah laku atau keputusan yang telah kamu ambil secara professional. Dan kamu harus bisa memastikan bahwa ini adalah soal pekerjaan.

3. Dengarkan kritikan itu dengan baik

7 Cara Menerima Kritikan di Kantor dengan Baik dan Efektiftv.com

Jangan terlanjur terpancing emosi dulu. Dengarkan dengan baik dan ambil poinnya. Agar tidak salah sangka utarakan kembali kritikan yang ditujukan kepadamu. Mendengarkan kritikan sebagai tanda bahwa kamu adalah orang yang terbuka. Sebagai wanita karir yang professional tentunya kamu harus siap menerima kritikan dalam situasi apapun, kan?

4. Jaga tingkah lakumu selama kamu dikritik

7 Cara Menerima Kritikan di Kantor dengan Baik dan Efektifdccomics.com

Lebih baik jangan langsung merespon kritikan. Karena tubuh perasaan yang bermain terlebih dahulu daripada logika. Karena kamu tidak akan tahu tingkah laku mana yang akan kamu tunjukkan. Sebagian besar kamu akan membawa perasaanmu entah itu rasa marah atau kecewa. Jika kita memberikan diri kita untuk tenang maka tingkah laku kita juga tidak bergejolak.

5. Jika memang harus beradu argumentasi jangan ikutkan emosimu

7 Cara Menerima Kritikan di Kantor dengan Baik dan Efektifsheknows.com

Untuk menanggapi suatu kritikan terkadang kita lebih terpengaruh pada gaya dan intonasi pemberi kritik bukan pada isi kritikan. Ini yang menyebabkan pertengkaran. Oleh karena itu, jika seorang memberi kritik padamu dengan nada marah maka kita tidak boleh terpancing emosi.

6. Ingat, satu kritikan merupakan salah satu jalan untuk kamu mengambil keputusan

7 Cara Menerima Kritikan di Kantor dengan Baik dan Efektifmoviepilot.com

Selain sebagai penyemangat, kritikan juga dapat kamu manfaatkan untuk mengambil suatu keputusan. Ini berguna bagi kamu yang selalu bingung dihadapkan oleh dua pilihan. Biasanya kritikan ini ditujukan kepada kamu yang sulit mengambil keputusan dalam waktu yang singkat.

7. Jangan lupa ucapkan terima kasih dan tersenyum

7 Cara Menerima Kritikan di Kantor dengan Baik dan Efektifpopculturepause.com

Sejengkel dan semarah apapun kita mendenger kritikan jangan lupakan kata terima kasih. Itu sebagai bentuk kamu menghargai dirimu sendiri terhadap orang lain. Apalagi jika kamu mengiringinya dengan senyuman walaupun itu palsu. Sebenarnya poin terakhir ini dapat membantumu untuk sedikit santai dan menciptakan energi positif dalam diri.

Namun, kadangkala kritikan bisa mengandung unsur yang negatif. Kamu harus pintar dalam menyaring suatu kritikan. Apa benar dia mengkritik secara profesional atau dia hanya mengkritik karena iri dan ingin melakukan persaingan tidak sehat dengan kamu.