Memanipulasi perasaan di tempat kerja sudah menjadi hal yang wajar. Memang jengkel setelah mengetahui itu semua. Tapi, kamu juga tidak cukup sadar saat ia melakukan ini terhadapmu. Kalau sudah terlanjur kena, wajib melakukan 5 langkah ini untuk menghindarinya.

5 Cara Menghadapi Manipulasi di Tempat Kerja
 
Bertemu setiap hari di kantor membuatmu mengenal karakter dan gaya kerja masing-masing. Kalau kamu bertemu dengan yang seperti ini, ada baiknya kamu tidak terlalu dekat. Dekat dengan orang yang seperti ini bisa saja merugikan kariermu. Walaupun tidak terlalu akrab, kamu tetap bersikap netral. Hindari untuk memperlihatkan dirimu berada dalam masalah, baginya hal yang seperti ini adalah kesempatan besar.
 
5 Cara Menghadapi Manipulasi di Tempat Kerja
 
Sebenarnya, kamu akan terasa kalau ia akan memanfaatkanmu. Atau kamu sudah pernah terkena “sandiwaranya”. Daripada kamu terkena dengan hal dan orang yang sama, nggak ada salahnya kalau kamu tolak. Mungkin ia akan cukup terkejut, kamu bisa berikan alasan kuat yang nggak menyinggung tentang perilakunnya. Walaupun susah, belajar mengatakan “tidak” akan lebih baik daripada kamu dimanfaatkan terus-menerus.
 
5 Cara Menghadapi Manipulasi di Tempat Kerja
 
Dengan melakukan poin ini, tentu saja ia akan berpikir dua kali untuk memanipulasimu. Kalau kamu perhatikan, incarannya pasti orang yang sedang galau, Nampak cemas dan bingung, hingga nggak semangat bekerja. Walaupun kamu tipe orang yang pendiam, nggak ada ruginya kok kamu menonjolkkan karakter positif. Itu sebagai tanda bahwa kamu bisa mengendalikan diri sendiri. Dan pasti ia akan susah untuk memanipulasi.
 
5 Cara Menghadapi Manipulasi di Tempat Kerja
 
Diremehkan dan diragukan itu semua ada batasannya. Dan jangan sampai kamu dengan mudahnya menerima bahwa kamu dilecehkan. Walaupun bukan secara fisik, tapi itu akan mengganggu pikiranmu dalam waktu yang lama. Nggak ada salahnya kamu bersikap tegas elegan kalau sedang mengalami hal yang seperti ini. Setiap orang ingin dihargai dan diperlakukan dengan baik dan kamu berhak mendapatkannya juga. Ia akan senang kalau kamu terusik dengan apa yang diperbuat.
 
5 Cara Menghadapi Manipulasi di Tempat Kerja
 
Hindari untuk membalas perlakuan dan perkataannya secara langsung di depan teman kerja yang lain. Itu tandanya kamu masih punya sifat kekanakan yang besar. Menyingkir sebentar dan tenangkan dirimu. Cerna segala negatif dan positifnya, kamu wajib tahu terlebih dahulu apakah itu manipulasi atau kritikan. Setelah itu, baru kamu bisa berpikir agar hal tersebut nggak mengganggumu lebih dalam. Dalam keadaan tenang, kamu bisa menghadapi orang dengan baik.

Jangan rugikan dirimu sendiri, ya.

 

BACA JUGA : Tidak Hanya Saat Pacaran, Ini Ciri-Ciri Kalau Kamu Memanipulasi Perasaanmu di Kantor