Menceritakan kegiatan harian memang nggak ada habisnya. Mulai dari rutinitas, menjalankan hobi, berkumpul dengan orang-orang, hingga aktivitas dadakan. Semua punya cerita masing-masing. Kamu pun berusaha menjaga ritme agar semuanya berjalan dengan lancar. Begitu juga dengan suasana hati. Kamu pun mengatasi kejenuhan dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan.

Disisi lain, ada kegiatan yang sudah menjadi kebiasaan dan rutinitas ternyata bisa memengaruhi suasana hati, kelancaran aktivitas, hingga kesehatan. Kamu juga sangat akrab dengan lima kebiasaan ini.

Nggak memanfaatkan barang yang ada

5 Kegiatan Sepele yang Bisa Rusak Aktivitas dan Suasana Hati Kamupexels.com/JESHOOTS.com

Melakukan kegiatan kreatif atau hobi yang ada di dalam pikiran adalah membutuhkan dana. Misalnya, kamu tertartik dengan fotografi, sebagai pemula kamu berpikir kalau butuh beli kamera. Padahal, bisa menggunakan gawai yang ada. Hal-hal seperti ini bisa menambah beban pikiran. Padahal, tujuan melakukan hal kreatif adalah supaya diri sendiri bahagia. Kamu bisa menulis, menggambar, menata rumah, atau bernyanyi. Aktifkan sisi imajinasi dan kreativitas kamu.

Mengisolasi diri dari orang lain

5 Kegiatan Sepele yang Bisa Rusak Aktivitas dan Suasana Hati Kamupexels.com/energepic.com

Seringkali bosan dengan keramaian dan kamu memilih untuk menyendiri dan mengerjakan semuanya sendirian. Secara nggak langsung, kamu akan kesepian dan merasa semua mengabaikan. Ritme hidup yang terkesan individualis seperti sekarang ini ternyata masih membutuhkan orang lain atau kelompok. Karena, terhubung dan menjalin sosialisasi dengan orang lain membuat kamu lebih bisa kenal dengan diri sendiri. Suasana hati juga bisa lebih baik, merasa lebih sehat, dan meredakan stres.

Banyak mengonsumsi

5 Kegiatan Sepele yang Bisa Rusak Aktivitas dan Suasana Hati Kamupexels.com/Lukas

Bicara soal tren memang nggak ada habisnya. Dari semua aspek, mereka punya tren masing-masing. Kamu juga punya keinginan untuk mencoba. Dari sini muncul kebiasaan konsumtif, kalau terus menerus dibiarkan akan membuat dampak yang nggak baik. Oleh sebab itu, dari pada kamu membeli terlalu banyak untuk diri sendiri, lebih bermanfaat kalau kamu membagikan dengan orang-orang yang membutuhkan. Berbagi juga bisa meningkatkan rasa bahagia, peduli, dan bermanfaat.

Terlalu banyak kegiatan dalam ruangan

5 Kegiatan Sepele yang Bisa Rusak Aktivitas dan Suasana Hati Kamupexels.com/Pixabay

Padatnya aktivitas badan merasa aktif bergerak. Tapi, tanpa kamu sadari kalau sebagian besar aktivitas banyak dilakukan dalam ruangan. Ingin mencari hiburan untuk refleksi diri, kamu hanya keluar dari satu ruangan dan masuk ke dalam ruangan lain di tempat yang berbeda. Aktivitas dengan alam pun hanya dilakukan sesekali di kala liburan. Selain itu, tubuh kamu nggak banyak bergerak. Oleh sebab itu, nggak ada salahnya untuk lebih memerhatikan kesehatan.

Nggak perhatian dengan apa yang di depan mata

5 Kegiatan Sepele yang Bisa Rusak Aktivitas dan Suasana Hati Kamupexels.com/Startup Stock Photos

Setiap hari tentu saja ada tantangan dan permasalahan yang dihadapi. Itu bisa membuat kamu nggak fokus dengan apa yang sedang dikerjakan. Mengerjakan A, tapi pikiran ke permasalahan B dan dilakukan tanpa kamu sadari. Dampaknya kamu nggak sepenuhnya hadir dan memahami. Mengerjakan satu hal dalam satu waktu memang terkesan lama. Tapi, kamu nggak terkesan terburu-buru, lebih peduli sekitar, dan menghargai waktu.

Baca Juga: Biar Sukses, Generasi Millennial Harus Punya 9 Kebiasaan Ini