Melakukan sugesti kepada diri sendiri memang perlu, agar kamu kuat dan yakin dalam menjalani hari. Tanpa kamu sadari bahwa sebenarnya kamu sedikit berbohong dengan diri sendiri, walaupun tujuannya menurutmu baik. Ada tiga kebohongan besar yang sering kamu utarakan untuk dirimu sendiri. Dan, kamu harus segera menghentikannya. Karena, berdampak besar dengan masa depan.

1. Aku ditakdirkan untuk bekerja di sini

Gawat, 3 Kebohongan Ini Bisa Menghambat Masa Depanmuunsplash.com

Walaupun kamu berada di pekerjaan yang nggak kamu suka, nyatanya kamu telah memilih. Perekrut juga telah melakukan penyeleksian. Oleh sebab itu, hindari kalau segala yang terjadi adalah konspirasi alam semesta. Mungkin itu ada kaitannya, tapi nggak semua kamu kaitkan dengan takdir atau nasib. Ada baiknya kamu nggak membawa takdir dan nasib sebagai alasan kalau memberikan suatu penjelasan. Lihat kembali usaha yang telah kamu lakukan, sesuai atau belum. Berilah apresiasi terhadap sendiri pada sebuah pencapaian, walaupun itu kecil dan belum sesuai dengan harapan. Tujuannya agar kamu lebih bisa menghargai diri sendiri.

2. Itu nggak akan terjadi dan nggak pernah terjadi

Gawat, 3 Kebohongan Ini Bisa Menghambat Masa Depanmuunsplash.com

Memang benar kalau memikirkan sesuatu yang belum terjadi akan menyita waktu, pikiran, dan perhatian. Namun, yakin bahwa itu nggak akan terjadi bisa membuatmu kehilangan rasa waspada. Akibatnya, kamu terlalu terkejut dan menyalahkan keadaan jika sesuatu hal terjadi di luar perkiraan. Disisi lain, sama halnya dengan kesuksesan. Kalau kamu meremehkan proses, tentu ini akan ada dampaknya. Kuncinya adalah kerja keras dan cerdas. Selain itu, jangan ragu untuk bangun relasi. Karena, di zaman ini bukan perihal apa yang kamu tahu, tapi siapa yang kamu kenal. Hindari untuk selalu berpikir ini penting dan itu nggak penting. Karena kamu nggak tahu apa yang akan terjadi.

3. Aku harus sempurna untuk sukses

Gawat, 3 Kebohongan Ini Bisa Menghambat Masa Depanmuunsplash.com

Sempurna memang terlihat menyenangkan. Tapi, kamu akan kelelahan dan nggak maju apabila terus mencari yang sempurna. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain. Sampai kapan pun mereka selalu terlihat lebih daripada apa yang kamu punya. Ini bukan berarti kamu harus minder lalu rendah diri. Bukan seperti itu. Tetap percaya diri dengan kelebihan yang kamu punya. Jangan juga berpura-pura agar kamu meninggalkan kesan yang sempurna. Terapkan sikap yang bisa membawa diri dengan tepat dan bersikap menyenangkan kalau ingin memberikan kesan positif dan ingin sukses.

Jangan ragu untuk selalu menyakinkan diri untuk optimis dan berpikir positif. Selain itu, perluas perteman dan pengetahuan.

BACA JUGA : Raih Keinginan dengan Tidak Terlalu Baik Kepada Diri Sendiri