Di era digital ini, memudahkan kita untuk bekerja tanpa harus keluar rumah. Nggak heran jika saat ini juga banyak yang memilih untuk jadi pekerja lepas atau freelancer.  Meski terlihat menyenangkan, ternyata menjadi freelancer sama sekali nggak mudah lho! Deadline yang sangat padat dan banyaknya pekerjaan terkadang membuat para freelancer juga sering kewalahan. Sebagai freelancer kamu juga harus bisa menonjolkan kelebihan-kelebihanmu layaknya pekerja kantoran. Yuk simak apa saja keahlian yang wajib kamu punya sebagai seorang freelancer. 

Kamu Freelancer? Yuk, Simak 3 Hal yang Wajib Kamu Miliki sebagai Pekerja Lepas
 
Bela, terkadang dengan adanya fleksibilitas waktu, biasanya membuat kamu terpancing untuk menunda pekerjaan. Kalau kamu masih mempunyai kebiasaan seperti itu, well stop! Sebagai seorang freelancer kamu juga harus bisa membagi waktu. Gunakan waktu yang ada untuk bisa menyelesaikan tanggung jawab secara efektif dan efisien.

 

Kamu Freelancer? Yuk, Simak 3 Hal yang Wajib Kamu Miliki sebagai Pekerja Lepas
 
Nah, yang satu ini penting banget untuk kamu miliki Bela.  Dengan membuka diri kamu untuk terus belajar maka keterampilanmu juga akan bertambah. Kamu bisa belajar melalui workshop, online course, atau dengan bergabung dalam sebuah komunitas positif seperti komunitas penulis. 

 

Kamu Freelancer? Yuk, Simak 3 Hal yang Wajib Kamu Miliki sebagai Pekerja Lepas
 
Apabila sudah banyak klien yang memilih untuk menggunakan jasamu, bersikap jujur harus jadi prinsip kamu terhadap mereka Bela. Dalam arti apabila pekerjaan kurang berkenan dan mempunyai urusan yang urgent sehingga harus menunda pekerjaan, lebih baik kamu berkata jujur kepada mereka untuk menghindari miss komunikasi di kedua belah pihak. Ingat Bela, komunikasi itu penting banget lho!

Nah, kira-kira kamu sudah punya salah satu belum?

 

BACA JUGA: Saat Berkarir, Kamu Wajib Membangun Citra Dirimu Melalui 5 Langkah Ini