Bela, pernah gak sih kamu ngerasain dalam satu hari, saking padatnya jadwalmu, kamu merasa kewalahan dan banyak pekerjaan yang gak kelar? Buat sebagian orang, mengatur jadwal agar lebih rapi dan terstruktur emang bukan perkarah mudah.

Tapi bukan berarti kamu gak bisa untuk mengaturnya lho. Karena, sesibuk apapun dirimu, jika di-manage dengan benar, tentu hasilnya bakal jadi lebih baik, misalnya pekerjaan jadi selesai sesuai deadline atau bahkan lebih awal. Yuk, cek rahasianya!

1. Perhatikan kapan kamu membuat to-do-list

Gak Usah Pusing, 5 Cara Ini Sukses Mengatur Jadwalmu yang BerantakanIDN Times/Samsung

Buat yang belum tahu, membuat to-do-list agar jadwalmu tersusun rapi adalah hal yang wajib kamu lakukan. Permasalahannya sekarang adalah, kapan waktu untuk membuatnya? Nah untuk menjawabnya, menurut IDN Times malam hari adalah pilihan yang lebih baik untuk membuat daftar tersebut, tepatnya setelah semua pekerjaan di hari itu selesai.

Alasannya, kamu jadi gak perlu repot untuk membuat daftar baru di keesokan harinya dan sudah bisa fokus untuk menyelesaikan tugas-tugasmu. Kedengarannya sederhana ya, namun ini bisa membawa dampak yang cukup besar lho!

2. Review kembali daftar pekerjaanmu

Gak Usah Pusing, 5 Cara Ini Sukses Mengatur Jadwalmu yang Berantakanshop.co

Jadi, di dalam to-do-list kamu nantinya akan terbagi menjadi beberapa kriteria, yakni hal penting yang harus dilakukan, hal yang harus kamu selesaikan hari itu juga, dan hal lainnya yang tidak harus diselesaikan hari itu namun ingin kamu kerjakan.

Seringkali nih, kita membuat daftar hal-hal yang sebenarnya gak harus kita kerjakan di hari itu. Hal ini tentu menyebabkan pekerjaan menumpuk di hari itu dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikannya.

Untuk itu, kamu perlu buat prioritas pekerjaan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Dianjurkan banget nih buat kamu untuk menyelesaikan pekerjaan yang paling urgent harus diselesaikan secepatnya dan yang paling sulit. Jika tugas tersebut sudah selesai lebih awal, beban yang paling berat sudah terangkat dari dirimu sehingga kamu bisa lebih tenang dan leluasa untuk mengerjakan tugas yang lain.

3. Penting: Buat estimasi waktu penyelesaian!

Gak Usah Pusing, 5 Cara Ini Sukses Mengatur Jadwalmu yang Berantakanwikiwand.com

Selalu beri estimasi waktu pengerjaan dan pastikan jangan pernah lewat dari deadline yang seharusnya. Karena akibatnya, tugas-tugasmu selanjutnya akan tercecer dan kamu akan mengalami kesulitan untuk menyelesaikannya. Salah satu tools yang mungkin berguna untuk kamu adalah Calendar yang ada di smartphone karena secara otomatis juga berfungsi sebagai reminder.

4. Selalu contreng semua tugas yang sudah kamu selesaikan

Gak Usah Pusing, 5 Cara Ini Sukses Mengatur Jadwalmu yang BerantakanYouTube/Pocketnow

Bela, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memastikan kamu menandai semua tugas yang sudah selesai. Kelihatannya emang sepele ya, Bela. Namun hal ini sering luput dari perhatian lho karena bisa saja daftar yang telah kamu buat tercampur antara yang sudah selesai dengan yang belum. Akibatnya, kamu jadi agak kesulitan melacak tugas mana yang belum kelar. Repot, kan?

Selain itu, ada aspek psikologis lain dari hal ini, Bela. Dengan menandakan tugas yang sudah kelar, kamu akan merasakan sedikit perasaan lega karena telah menyelesaikan sesuatu. Efeknya, kamu jadi makin terpacu nih untuk menyelesaikan tugas selanjutnya.

5. Manfaatkan aplikasi dan tools yang ada di smartphone-mu

Gak Usah Pusing, 5 Cara Ini Sukses Mengatur Jadwalmu yang BerantakanPexels/MOHI SYED

Supaya effort yang kamu lakukan lebih optimal, kamu bisa banget menggunakan teknologi yang ada di sekitarmu, seperti smartphone. Misalnya, jika kamu malas mencatat to-do-list di buku catatan, kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Trello untuk membuat daftar yang lebih detil dan komprehensif.

Selain itu, visualisasi juga gak kalah penting lho. Pastikan to-do-list kamu tersusun rapi sehingga kamu tahu apa yang sedang kamu kerjakan meski hanya melihatnya sekilas. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur yang ada di smartphone yang kamu miliki untuk mempercantiknya, seperti S Pen yang terdapat di Samsung Galaxy Note FE misalnya.

Gak Usah Pusing, 5 Cara Ini Sukses Mengatur Jadwalmu yang BerantakanUnbox.ph/John Nieves

Fitur ini bisa banget membantumu menghias to-do-list sehingga lebih menarik untuk dilihat. Layaknya buku tulis, kamu bisa langsung coret-coret langsung di layarnya menggunakan S Pen, misalnya membuat Screen-Off Memo, menggambar, hingga animasi GIF.

Tentunya cocok buat tugas sehari-harimu nih. Gak cuma itu, Samsung Galaxy Note FE juga dilengkapi dengan fitur Iris Scanner, water resistant, kamera 12MP dengan dual sensor, hingga kemampuan wireless charging. Keren banget, kan? Untuk info lebih lengkapnya, yuk cek di sini.