Bagi kamu yang baru lulus kuliah dan mendapatkan pekerjaan, mungkin rasanya campur aduk antara senang dan gugup karena ini merupakan pengalaman baru buat kamu. Things are getting serious! Tapi kamu gak usah khawatir, karena kali ini Popbela bakal ngasih tau kamu tips untuk menaklukkan pekerjaan pertamamu. Yuk, disimak ya!

1. Bertanya sebanyak mungkin

Ssstt, Ini Lho 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Sebagai First JobbersUnsplash/rawpixel.com

Bela, buat sebagian orang bertanya itu hal yang sulit lho. Tapi di pekerjaan pertamamu, bertanya sebanyak mungkin wajib kamu lakukan. Karena, jika kamu banyak bertanya, kamu gak cuma lebih paham dengan pekerjaanmu dan perusahaan, tapi juga menunjukan antusias dan rasa penasaranmu yang tinggi. Tentunya bos kamu bakal suka banget dengan orang yang seperti ini karena jadi salah satu kriteria yang dibutuhkan di sebuah perusuhaan.

2. Lakukan one-on-one meeting dengan kolegamu

Ssstt, Ini Lho 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Sebagai First Jobbershalogensoftware.com

Selain menggali apa saja tanggung jawabmu di perusahaan, penting juga lho untuk mengetahui pribadi kolegamu, baik sebagai personal maupun sebagai profesional. Gak perlu meeting secara formal kok, karena bisa lewat lunch atau ngopi bareng.

Lewat sana, kamu bisa bertanya pada mereka mengenai tanggung jawab mereka sehari-hari di perusahaan, apa yang mereka sukai dan tidak sukai di perusahaan. Terakhir, jangan lupa minta saran bagaimana survive di perusahaan. Gak cuma dapet insight baru, hubunganmu antar kolega juga semakin kuat.

3. Patuhi budaya perusahaanmu

Ssstt, Ini Lho 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Sebagai First JobbersPexels/Tim Gouw

Sebelum kamu melanggarnya, ada baiknya kamu bertanya pada atasan seputar dos and don’ts yang ada di kantormu, Bela. Misalnya tata cara berpakaian, jam masuk dan pulang kantor, kebijakan penggunaan internet, hingga pada saat meeting. Sehingga nantinya kamu tidak akan kena teguran dari atasan.

4. Dapatkan penjelasan yang detil mengenai peranmu di perusahaan tersebut

Ssstt, Ini Lho 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Sebagai First Jobberstinoshare.com

Sebelum terjadi adanya kesalahpahaman, ada baiknya kamu bertanya pada atasanmu apa yang diharapkan dia darimu, misalnya apa saja target yang harus kamu capai lalu bagaimana kamu bisa mencapai hal tersebut, deadline penyelesain pekerjaan, hingga apa saja yang harus kamu kerjakan dalam sehari, seminggu, atau per kuarter.

Mungkin saat menerima banyak informasi kamu akan sedikit kewalahan. Tapi tenang aja, seiring berjalannya waktu kamu akan menguasai pekerjaanmu dan semakin membuka ruang untuk mengembangkan diri.

Nah biar gak lupa, kamu bisa catat informasi-informasi penting tersebut lewat fitur Screen-Off Memo yang ada di Samsung Galaxy Note FE. Dengan menggunakan S Pen, kamu bisa mencatat langsung di layar tanpa harus membuka aplikasi Notes terlebih dahulu. Gampang, kan?

Gak cuma itu, Samsung Galaxy Note FE juga dilengkapi fitur lain yang bisa ngebantu kamu lho kayak Iris Scanner, water resistant, kamera 12MP dengan dual sensor, hingga kemampuan wireless charging. Keren banget, kan? Untuk info lebih lengkapnya, yuk cek di sini.

5. Buat target apa saja yang akan kamu capai

Ssstt, Ini Lho 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Sebagai First JobbersUnsplash/Brooke Cagle

Saran Popbela sih, sebaiknya kamu punya target dalam seminggu pertama, sebulan pertama, tiga bulan pertama, hingga satu tahun. Misalnya dalam seminggu pertama, kamu harus mengenal semua karyawan di perusahaan. Gak harus yang berhubungan langsung dengan pekerjaanmu kok, Bela! Yang terpenting target tersebut berguna untuk meningkatkan kariermu.

Itu dia tadi lima tips buat kamu yang baru saja mendapatkan pekerjaan pertamamu. Gimana? Jadi makin siap kan berada di dunia kerja?