Kehadiran pandemi corona yang sudah ada di Indonesia hampir 6 bulan terakhir ini, apda akhirnya memang memberikan penurunan dampak ekonomi yang besar. Beberapa perusahaan merugi dan harus melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK. 

Nah, jika kamu termasuk individu yang terkena dampak ini, berikut hal-hal yang bisa dilakukan agar kamu tetap memiliki penghasilan.

1. Membuka jasa titip

Ini Cara Kamu Tetap Memiliki Penghasilan Meski Terkena PHKfreepik.com/ freepik

Jasa titip atau sering disebut jastip ini biasa dilakukan ketika kamu berada di kota besar dan dapat mengakses barang yang nggak bisa ditemukan di daerah. Jasa titip ini bisa saja skincare, makeup, pakaian hingga makanan.

Kamu juga bisa memanfaatkan beberapa diskon dengan metode pembayaran agar keuntungan yang kamu dapatkan semakin banyak.

2. Menjual barang preloved

Ini Cara Kamu Tetap Memiliki Penghasilan Meski Terkena PHKfreepik.com/ freepik

Di masa pandemi seperti ini, kamu tentunya sering membersihkan barang-barangmu yang ada di rumah. Menjual preloved atau barang-barang yang sudah nggak kamu pakai namun kondisinya masih bagus, juga bisa menghasilkan uang, Bela.

Selain rumahmu lebih rapi, barang-barangmu lebih tertata dan bisa bermanfaat bagi orang lain.

3. Membuka usaha makanan

Ini Cara Kamu Tetap Memiliki Penghasilan Meski Terkena PHKfreepik.com/ master1305

Ini saat yang tepat kamu menguji resep terbaik keluarga untuk mengolahnya menjadi makanan dan menjualnya secara online. Bisa saja makanan kering, makanan basah ataupun menjual hampers. Di momen lebaran ini tentunya orang-orang akan suka dengan makanan yang menarik karena akan lebih sering di rumah bersama keluarga.

Cara agar lebih efektif dengan melakukan PO atau pre order. Hal ini agar kamu membuat makanan atau hampers hanya sesuai pesanan dan kamu juga tidak merugi.

4. Menjual jasa yang kamu kuasai

Ini Cara Kamu Tetap Memiliki Penghasilan Meski Terkena PHKfreepik.com/ freepik

Nggak ada hal yang lebih menguntungkan daripada menjual jasa. Jika kamu bisa desain, hand lettering, ataupun fotografi, bisa saja menjadi ladang emas untukmu.

Salah satunya dengan tren virtual photography yang membuat orang nggak harus ketemu untuk melakukan sesi foto. Hanya nyalakan zoom atau video call, hasil foto yang apik akan bisa kamu ciptakan.

5. Menjadi reseller atau dropshipper

Ini Cara Kamu Tetap Memiliki Penghasilan Meski Terkena PHKfreepik.com/ anyaivanova

Jika kamu bukan orang yang jago masak atau mampu menjual jasa kreativitas, coba menjadi reseller atau dropshipper. Cari pedagang pakaian, makanan atau produk pernak-pernik unik yang menurutmu memiliki cakupan pasar luas dan bisa menerima jasa reseller.

Itulah beberapa pilihan cara untuk menghasilkan pundi-pundi baru di tengah pandemi ini. Mau coba yang mana dulu, Bela?

Baca Juga: Kena PHK Karena Pandemi Corona? Ini Tips Melamar Pekerjaan yang Tepat

Baca Juga: 7 Cara Positif Menyikapi PHK, Jangan Sedih Ya!

Baca Juga: Supaya Tetap Aman, Ini 5 Tips Mengatur Keuangan Menghadapi Inflasi