Dengan adanya aturan pemerintah untuk melakukan work from home karena pandemi corona, ini bukan alasan untukmu nggak produktif. Meskipun bekerja dari rumah, kamu pasti tetap punya target dan tenggat waktu yang harus selesai sesuai jadwal.

Nyamannya suasana rumah, atau melihat pekerjaan rumah yang belum selesai, membuat kita lengah dan sering kali menunda pekerjaan. Untuk meminimalkan hal itu, inilah hal yang harus kamu hindari selama WFH.

1. Menghindari gangguan

Hindari 6 Hal Ini Saat #WFHfreepik.com/ Racool_studio

Saat work from home, gangguan yang sering datang justru dari lingkungan rumah. Seperti kasur empuk, serial favorit menanti, game online, hewan piaraan, adanya anak kecil, atau panggilan orangtua. Meskipun hal ini sulit kamu hindari, minimalkan gangguan tersebut dengan menginformasi keluarga, bahwa kamu perlu waktu tertentu untuk berkerja di ruangan tersendiri, tanpa gangguan.

2. Seenaknya mengatur waktu kerja

Hindari 6 Hal Ini Saat #WFHfreepik.com/ ollyy

Salah satu keuntungan saat work from home adalah waktu yang fleksibel. Kamu bisa mengatur waktu dengan bijak. Fleksibel bukan berarti seenaknya mengatur waktu kerja, ya Bela. Bawa kebiasaan kamu saat ngantor, ke rumah. Misalnya: tetapa bangun pagi, mandi, sarapan, lalu bekerja. Bedanya, waktu kamu di jalan terpotong, sehingga ada waktu lebih untuk melakukan hal lain seperti olah raga, atau tidur lebih lama.

3. Tetap berpakaian rapi

Hindari 6 Hal Ini Saat #WFHfreepik.com/ kuprevich

Untukmu para pekerja kantoran, berpakaian rapi setiap hari merupakan rutinitas. Jika dirasa memakai piyama saat work from home belum cukup mengembalikan mood-mu bekerja seperti biasa, kamu bisa tetap berpakaian rapi.

Hal ini membuatmu tetap semangat bekerja waalau berada di dalam rumah.

4. Menunda pekerjaan

Hindari 6 Hal Ini Saat #WFHfreepik.com/ vgstockstudio

Walaupun kamu mempunyai waktu yang lebih panjang, bukan berarti kamu bisa menunda pekerjaan yang diberikan di kantor, ya, Bela. Justru menyelesaikannya lebih awal dapat membuatmu lebih produktif.

Hal disiplin seperti ini harus kamu terapkan agar semua  tugas dapat selesai tepat waktu.

5. Sering membuka media sosial

Hindari 6 Hal Ini Saat #WFHfreepik.com/ sitthiphong

Gangguan yang paling berat adalah media sosial. Jika di kantor ada bos yang mengawasimu, hal ini nggak berlaku saat di rumah. Nah, hal-hal yang mengurangi waktu produktifmu ini harus kamu kurangi ya, Bela.

kamu tetap bisa membuka media sosialmu, tetapi di waktu istirahat seperti makan siang dan sore hari, setelah tugas-tugasmu selesai.

6. Ada data rahasia perusahaan

Hindari 6 Hal Ini Saat #WFHfreepik.com/ alicephoto

Nah, jika di kantor sudah ada banyak device untuk keamanan data yang digunakan, ini juga harus kamu perhatikan saat kamu work from home. Pastikan kamu hati-hati dengan perangkat yang kamu gunakan. Jangan hanya bergantung pada router dan modem-mu. Enskripsikan datanya agar tetap aman dari pengintaian.

Baca Juga: 6 Sifat yang Harus Kamu Miliki untuk Jadi Karyawan Terbaik