Bekerja di kantor mungkin membuatmu bosan dengan regulasi, jobdesk atau bahkan rekan kerja yang itu-itu saja. Apalagi bekerja lima hari dalam seminggu membuatmu merasa kurang dalam mengeksplorasi diri. 

Nah, mungkin kamu perlu masuk ke dalam suatu komunitas yang dapat mengembangkan kemampuan dirimu yang lain. Baik itu komunitas professional, ataupun hobi yang kamu punya.

Semisal kamu menyukai fotografi, kamu bisa masuk ke dalam komunitas yang ada di kotamu. Selain memberikan ilmu, kamu juga bisa menyalurkan hobi dengan orang-orang yang sepemikiran.

Inilah keuntungan kamu bergabung di satu komunitas.

1. Menyediakan akses dalam bisnis barumu

6 Alasan Kenapa Bergabung di Komunitas itu Penting!freepik.com/ freepik

Ketika kamu masuk dalam suatu komunitas yang sesuai dengan passion-mu, kamu bisa mendapatkan akses yang mudah saat ingin mengembangkannya ke dalam bisnis. Menurut Matt Willens dari Kantor Hukum Willens mengatakan, banyak sumber daya yang dapat kamu manfaatkan melalui jaringan komunitas, dari pengendalan vendor yang tepat, hingga mendapatkan pendanaan.

Cobalah gali pengetahuan saat kamu ngobrol dengan relasi dalam komunitasmu ini.

2. Recharge dari lingkungan kantor

6 Alasan Kenapa Bergabung di Komunitas itu Penting!freepik.com/ rawpixel

Komunitas yang ada biasanya mempunyai anggota karyawan kantoran juga, oleh karena itu mereka sering membuat pertemuan atau acara di akhir pekan. Nah, dalam komunitas ini tentunya kamu akan mengenal banyak hal baru yang jauh dari kejenuhan rutinitas dalam kantor.

Atau dengan latar belakang di lingkungan yang berbeda, kamu tetap bisa menemukan insight dari mereka yang tetap sejalan dengan topik yang kamu suka di komunitas itu.

3. Membuat namamu (dan perusahaanmu) dikenal di luar sana

6 Alasan Kenapa Bergabung di Komunitas itu Penting!freepik.com/ photohobo

Penting juga dalam suatu komunitas adalah personal branding, bagaimana kamu mempromosikan dirimu di luar sana, baik dengan namamu sendiri atau nama perusahaanmu. Dengan relasimu yang sudah banyak dan kamu dikenal orang di komunitas itu, tentunya akan memberikan efek positif di dunia pekerjaanmu.

Contohnya saat kamu akan melakukan kerjasama dengan perusahaan di dunia kerjamu, orang sudah notice denganmu karena kamu sudah masuk ke komunitas. Tentunya orang akan lebih percaya denganmu.

4. Kamu akan mempunyai perkspektif baru

6 Alasan Kenapa Bergabung di Komunitas itu Penting!freepik.com/ freepik

Jika kamu masuk dalam satu komunitas yang berbeda bidang dengan dunia kerjamu, tentunya ini akan membuatmu mempunyai perspektif yang baRu. Kamu akan memandang beberapa sisi lain dalam suatu bidang atau suatu situasi.

Perspektif lain inilah yang akan membuatmu semakin matang dan dewasa saat kamu akan menjalani sebuah pekerjaan ataupun mengatasi sebuah masalah yang ada.

5. Meningkatkan kemampuan yang sudah kamu punya

6 Alasan Kenapa Bergabung di Komunitas itu Penting!freepik.com/ andreonegins

Salah satu tujuan saat kamu masuk ke dalam komunitas, yaitu hobi atau passion yang sama. Nah, saat kamu sudah mempunyai skill atau kemampuan, kamu akan mendapatkan info terkini yang biasanya dimiliki oleh profesional.

Semisal kamu masuk dalam komunitas fotografi, kamu akan bisa mengeksplorasi beberapa tren foto atau teknik yang sebelumnya belum kamu tahu.

6. Akan mereferensikanmu dan produk yang kamu punya

6 Alasan Kenapa Bergabung di Komunitas itu Penting!

Nah, tujuan komunitas lainnya tentunya memberikanmu akses ke orang ataupun kelompok yang berpotensi membutuhkan produk atau jasa yang kamu punya. Mereka dapat memperkenalkanmu ke siapa orang yang bisa kamu prospek.

Nggak hanya ilmu, tentunya juga memberimu pendapatan tambahan ke depannya ya, Bela.

Baca Juga: Gawat, Ini Akibatnya Jika Kamu Punya Skandal di Kantor

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Diskusi Politik dengan Rekan Kerja di Kantor

Baca Juga: Ganti Pekerjaan di Masa Sulit, Ini yang Bisa Kamu Lakukan