Kartu Tanda Penduduk atau KTP merupakan salah satu tanda pengenal yang wajib dimiliki warga negara Indonesia. Seiring dengan perkembangan, KTP mengalami banyak perubahan, seperti material bahan. Dulu mungkin kamu mengenalnya hanya terbuat dari kertas dan plastik. Namun, dengan berkembangnya zaman KTP kini berbasis eletronik atau dikenal dengan e-KTP.

KTP digunakan untuk berbagai keperluan. Sehingga, tentu ada standar yang terkait dengan KTP tersebut termasuk ukurannya. Ukuran KTP menjadi sangat penting karena itu semua ada standarnya. Di Indonesia, standar yang digunakan adalah standar ISO (International Organization for Standardization), sehingga tidak berbeda dengan yang digunakan di dunia internasional. 

Penasaran dengan ukuran KTP standar di Indonesia? Simak berikut ini.

Ukuran KTP di Indonesia

KTP di Indonesia ada dua jenis yaitu KTP biasa dan e-KTP. Walau sekarang kebanyakan menggunakan e-KTP, namun beberapa warga negara Indonesia juga masih ada yang memiliki KTP biasa.

Ukuran KTP biasa dan e-KTP sedikit berbeda yaitu sebagai berikut.

Belum Banyak yang Tahu, Ini Ukuran KTP Standar di IndonesiaPopbela.com/Romi Subhan

Data ini wajib kamu tahu agar tidak ada kesalahan menggunakan ukuran KTP untuk membuat kartu identitas lainnya. Agar hasil maksimal, ukuran ini juga bisa kamu terapkan pada komputer kamu jika kamu ingin membuat kartu identitas yang seukuran dengan KTP.

Cara setting size KTP di komputer

Belum Banyak yang Tahu, Ini Ukuran KTP Standar di IndonesiaUnsplash.com/Kari Shea Edited by Romi Subhan

Kamu pasti pernah membutuhkan KTP kamu untuk dicetak dan dikirim. Agar ukuran sesuai dengan aslinya kamu bisa mengikut langkah-langkah sebagai berikut, ya, Bela.

Pertama klik dua kali pada gambar KTP yang ingin kamu atur ukurannya. Selain cara itu, kamu bisa menggunakan klik kanan agar muncul pada mouse. Setelahnya, akan muncul pilihan menu, dan kamu bisa pilih atau klik bagian size and position.

Selanjutnya pada tab/ bagian size, kamu harus menghilangkan centang pada pilihan lock aspect ratio. Hal itu dimaksudkan agar rasio yang diatur tidak terkunci. Setelah itu, kamu bisa atur tinggi dan lebar sesuai jenis KTP yang ada pada tabel di atas, lalu tekan OK.

Itulah ukuran KTP standar di Indonesia. Semoga membantumu dalam menyiapkan berkas yang dibutuhkan, ya, Bela.

Baca Juga: Pastikan Kamu Terdaftar, Ini 5 Cara Cek Validitas NIK KTP

Baca Juga: Hore! Ancol dan Dufan Dibuka Kembali, KTP Non-DKI Jakarta Boleh Masuk

Baca Juga: Langkah Mengurus Pindah Alamat KTP