Menghasilkan pendapatan tambahan mungkin adalah impian bagi sebagian orang. Kebutuhan yang kian meningkat, harga-harga yang semakin naik, hingga adanya impian yang ingin dibeli membuat kita harus bekerja ekstra untuk mendapatkan pendapatan tambahan.

Tapi, kini kamu tidak perlu pusing lagi. Popbela punya beberapa rekomendasi pekerjaan yang bisa menghasilkan pendapatan tambahan untukmu. Apa saja ya?

1. Menjadi Reseller Barang Antik

7 Pekerjaan yang Bisa Menghasilkan Pendapatan Ekstra UntukmuFlickr.com

Jika di sekitar tempat tinggalmu ada toko barang bekas, tidak salahnya untuk sesekali mampir dan melihat-lihat. Jika kamu menemukan barang vintage berbentuk lucu, tidak ada salahnya untuk kamu beli, bersihkan, dan hias ulang hingga mendapatkan harga jual yang lebih tinggi saat kamu membelinya. Kamu bisa memanfaatkan sosial media untuk menjualnya kembali. Tertarik untuk mulai berburu barang antik?

2. Guru Les atau Bimbel

7 Pekerjaan yang Bisa Menghasilkan Pendapatan Ekstra Untukmupexels.com/pixabay

Salah satu sumber perhasilan ekstra yang tak terbatas adalah menjadi guru les atau guru bimbel. Karena pada kenyataannya, beberapa orang sangat membutuhkan guru bimbel. Tidak perlu menyita waktumu, batasi jam mengajarmu dua hingga tiga kali per minggu juga sudah cukup untuk memberikan tambahan pendapatan.

3. Penulis Lepas

7 Pekerjaan yang Bisa Menghasilkan Pendapatan Ekstra Untukmupexels.com/rawpixel.com

Banyaknya platform digital seperti saat ini tentu membutuhkan jasa penulis untuk mengisi kontennya. Kamu dapat memanfaatkan keahlian menulismu untuk mencari pendapatan tambahan. Untuk pekerjaan sampingan ini, kamu hanya membutuhkan laptop dan ponsel untuk mencari dan menjalin kerja sama dengan klien.

4. Mengasuh Anak

7 Pekerjaan yang Bisa Menghasilkan Pendapatan Ekstra Untukmupexels.com/Lina Kivaka

Jika kamu suka dengan anak-anak pekerjaan ini mungkin akan cocok untukmu. Tawarkan jasa mengasuh anak di akhir pekan supaya tidak mengganggu pekerjaan utamamu. Kelebihan pekerjaan ini adalah jika anak-anak tertidur kamu akan ada waktu yang cukup beristrahat dengan tetap bisa menjaga tanpa perlu mondar-mandir mengawasinya.

5. Berburu Flash Sale dan Menjualnya Kembali

7 Pekerjaan yang Bisa Menghasilkan Pendapatan Ekstra Untukmupopsugar.com/Mark Popovich

Di era sekarang yang banyak 'Flash Sale' tentu ini jadi lahan basah yang bisa kamu coba dengan membelinya lalu menjual kembali dengan harga yang lumayan. Untuk mendapatkan tambahan pendapatan dari jenis pekerjaan ini, kamu harus rajin-rajin mencari tahu dan membuka e-commerce yang rutin mengadakan Flash Sale.

6. Fotografi

7 Pekerjaan yang Bisa Menghasilkan Pendapatan Ekstra Untukmupexels.com/Andre Furtado

Banyak sekali para fotografer yang memang melakukannya sebagai penghasilan ekstra. Seperti fotografer untuk pernikahan, perjalanan, atau kegiatan acara lainnya. Sebagai awal, tawarkan jasamu untuk orang terdekat terlebih dulu. Jika mereka sudah percaya dan yakin dengan hasil kerjamu, pasti mereka akan dengan senang hati merekomendasikan jasamu kepada teman-temannya.

7. Admin Media Sosial

7 Pekerjaan yang Bisa Menghasilkan Pendapatan Ekstra Untukmupexels.com/Christina Morillo

Menjadi seorang admin untuk sebuah akun Twitter, Facebook maupun Instagram ternyata menghasilkan uang yang cukup sebagai penghasilan ekstramu. Jika memang kamu suka berkutat pada laptop atau smartphone, pekerjaan ini sangat cocok untukmu.

Baca Juga: Ini yang Akan Terjadi Jika Kamu Terlalu Benci dengan Pekerjaanmu