Apakah berhenti dari pekerjaan adalah satu-satunya pilihan untuk kamu saat ini? Membuat keputusan akan keluar dari pekerjaan 'aman' di tengah gejolak ekonomi saat ini juga sangat sulit bagi pegawai yang sangat berpengalaman. Mengapa? Mengundurkan diri atau resign berarti mengarah pada perubahan yang bisa jadi sangat mengerikan. Tidak ada yang bisa menjamin kalau kamu akan lebih bahagia, tidak lagi stres dan memiliki lebih banyak uang setelah kamu berhenti bekerja. 

Berikut adalah lima nasihat yang perlu kamu renungkan untuk membantu kamu memutuskan apakah kamu perlu berhenti bekerja dalam waktu dekat.

If you don't like something, change it. If you can't change it, change your attitude

Masih Takut Resign? Coba Renungkan 5 Nasihat Iniunsplash.com
 

Kalau kamu merasa ingin keluar dari pekerjaan karena kamu merasa sudah tidak cocok dengan pekerjaan kamu saat ini, coba pikirkan lagi apakah kamu sudah berusaha mengubahnya. Kebanyakan anak muda jaman sekarang ingin segera keluar dari pekerjaannya hanya karena manajemen kantor yang kurang terkontrol padahal situasi yang sama juga bisa kamu temui di kantor baru. 

Jika kamu tidak sanggup mengubah peraturan di kantor kamu, bagaimana kalau kamu mengubah persepsi kamu terhadap pekerjaan kamu? Nikmatilah setiap harinya tanpa menggerutu karena selalu saja ada hal yang bisa kamu syukuri setiap harinya.

Only you can decide what is best for you

Masih Takut Resign? Coba Renungkan 5 Nasihat Iniunsplash.com
 

Tentunya hanya kamu yang tahu apa yang kamu mau dan yang terbaik bagi kamu jadi pikirkan baik-baik apa sebenarnya motivasi kamu untuk keluar dari perusahaan. 

Jika alasannya hanya karena perusahaan sekarang bukanlah perusahaan ternama atau kamu ingin mengejar mimpi lama kamu, sebaiknya kamu bertahanlah sebentar lagi. Berjuanglah sampai kamu belajar sesuatu di tempat kerja kamu saat ini dan pada akhirnya kamu bisa lebih percaya diri untuk mengambil pekerjaan terbaik kamu nantinya.

Just don't give up trying to do what you really want to do. Where there is love and inspiration, you never go wrong

Masih Takut Resign? Coba Renungkan 5 Nasihat Iniunsplash.com
 

Kalau kamu merasa pekerjaan kamu saat ini memang bidang kamu, namun kamu bermasalah dengan lingkungan kantor, pikirkan ulang apa yang membuat kamu menyerah dengan pekerjaan baik tersebut. 

Jika kamu melakukan apa yang kamu suka, usahakan jangan menyerah karena hal ini adalah proses belajar. Kamu tidak akan bisa puas di mana pun kamu ditempatkan jika di situasi tempat kamu berada saat ini pun kamu belum mampu bertahan. Ingatlah apa yang menjadi motivasi kamu datang ke tempat kamu bekerja saat ini di hari awal bekerja, pastikan kamu masih punya semangat itu hingga saat ini.

If you need a change but feel stuck and unsure of what to do, you're not alone

Masih Takut Resign? Coba Renungkan 5 Nasihat Iniunsplash.com
 

Saat ini kamu mendeskripsikan pekerjaan kamu hanya sebagai upah membayar biaya hidup dan cicilan per bulannya? Kamu tidak sendirian. Ada banyak orang yang berpikiran sama seperti kamu bahkan beberapa pegawai senior yang akan pensiun dalam waktu dekat. 

Kebanyakan dari kita menginginkan perubahan yang drastis namun di lain pihak juga tidak tahu perubahan apa yang sebenarnya kita inginkan. Kamu tidak sendiri jika kamu berpikir kalau kamu bekerja untuk uang saat ini namun galilah lebih dalam potensi kamu agar nantinya hal tersebut bisa kamu kembangkan dan akhirnya uang yang datang pada kamu.

You can't have a life where you like all ten things about it. There's no life like that in the world

Masih Takut Resign? Coba Renungkan 5 Nasihat Iniunsplash.com
 

Hidup itu ada baik dan buruknya begitupun pekerjaan kamu pasti ada beberapa bagian yang kamu tidak sukai dan itu lumrah saja kok. Tidak ada manusia di dunia ini yang hidup tanpa masalah seperti halnya kamu yang saat ini sedang bermasalah dengan pikiran kamu sendiri apakah ingin berhenti bekerja. 

Hidup memang selalu ada pro dan kontranya kok, kamu harus sadar kalau tidak ada satupun orang di dunia ini yang selalu bahagia setiap harinya dalam setahun. Lebih penting, kamu bersyukur karena bisa menikmati apa yang kamu miliki sekarang. 

 

BACA JUGA: Ingin Menyerah Saat Bisnismu Gagal? Inilah 7 Tips Supaya Semangatmu Bangkit Lagi!