Apa sih artinya kaya bagi kamu, Bela? Punya rumah gede, mobil mewah, tidak dipusingkan dengan dana kebutuhan sehari-hari? Beberapa orang di lain hal merasa kaya bukan karena hartanya yang melimpah, tapi karena ia bisa keliling dunia atau saat ia mampu mengendalikan rencana finansialnya meskipun penghasilannya pas-pasan.

Sama saja dengan bahagia, kaya juga relatif dan subjektif untuk berbagai orang. Namun, ada 7 hal yang menjadi pertanda kalau kamu sudah kaya tanpa kamu sadari. Yuk disimak, Bela!

7 Tanda Kalau Kamu Sebenarnya Sudah Kaya

Kebanyakan orang gagal menyadari kalau di dalam hidup ini sebenarnya tidak penting seberapa banyak uang yang kamu hasilkan, tapi seberapa banyak uang yang bisa kamu pertahankan. Ada banyak pemenang lotre yang akhirnya menghabiskan semua uangnya dalam waktu sehari atau seorang atlet yang menghasilkan miliaran rupiah di usia muda dan akhirnya hidup susah di usia tuanya.

Uang kadang bisa jadi sumber kebahagiaan, tapi juga bisa menjadi sumber malapetaka dan akhirnya kamu akan menyadari kalau pada akhirnya uang instan tidak mampu menyelesaikan berbagai masalah. Jadi, kamu sudah punya tabungan, Bela?

7 Tanda Kalau Kamu Sebenarnya Sudah Kaya

Tidak perlu hidup bermewahan, asalkan kamu mampu memenuhi segala kebutuhan kamu setiap harinya, hal ini berarti kamu sudah kaya secara finansial. Salah satu tujuan adanya manajemen finansial adalah menghabiskan lebih sedikit dibanding yang kamu terima, berapapun yang kamu hasilkan.

Meski terdengar mudah, namun tidak semua orang mampu melakukannya jika sudah berhadapan dengan uang yang banyak. Kebanyakan dari mereka menghabiskannya untuk hal-hal yang diinginkan meskipun pada dasarnya mereka tidak membutuhkan contohnya handphone flagship, sneaker ber-merk, jam tangan buatan Swiss dan lain-lain.

7 Tanda Kalau Kamu Sebenarnya Sudah Kaya

Jika kamu bisa memutuskan untuk liburan ke Eropa hari ini juga, maka kebanyakan orang akan setuju kalau kamu orang kaya. Namun, jika saja kamu pergi ke Eropa lima tahun kemudian setelah menabung setiap bulannya, kamu juga tetap dikatakan kaya, kok.

Masalahnya adalah tidak banyak orang yang mampu menabung dalam kurun waktu 5 tahun hanya untuk jalan-jalan ke Eropa yang hanya sekitar 1 atau 2 minggu perjalanan. Survey yang dilakukan The Pew untuk warga Amerika menyebutkan kalau 33 persen dari penduduknya tidak memiliki tabungan atau simpanan hari tua. Kalau kamu sudah punya tabungan impian belum?

7 Tanda Kalau Kamu Sebenarnya Sudah Kaya

Pensiun itu mahal. Ahli menyatakan kalau kamu perlu menutup 70 hingga 80 persen dari penghasilan awal kamu dengan tambahan penghasilan jika kamu ingin pensiun dini sesuai dengan keinginan kamu. Bahkan jika kamu pindah ke area pedesaan untuk menekan biaya hidup, pensiun adalah periode kamu harus membiayai hidup kamu sendiri dan keluarga.

Meskipun masa pensiun pada umumnya terdapat di angka 56 hingga 60 tahun, namun kebanyakan orang memperpanjang masa pensiunnya karena tidak mampu hidup tanpa gaji bulanan. Jadi, jika kamu mampu pensiun di waktu yang kamu inginkan kamu sudah dianggap kaya, Bela. 

7 Tanda Kalau Kamu Sebenarnya Sudah Kaya

Beruntunglah kamu kalau saat ini kamu bekerja bukan lagi untuk mencari uang tapi mendapatkan pengalaman, menambah skill dan relasi serta banyak alasan lainnya. Kebanyakan orang kaya juga tidak lagi berpatokan pada uang pada titik tertentu, namun lebih pada bagaimana mengembangkan usahanya atau menuruti passion dan keinginan masa mudanya.

Hal ini bukan berarti kalau kamu tidak bahagia setiap mendapatkan gaji, namun uang tidak selamanya menjadi sumber kebahagiaan kamu saat melakukan sesuatu. Di titik ini, kamu sudah bisa dikatakan kaya loh, Bela

7 Tanda Kalau Kamu Sebenarnya Sudah Kaya

Banyak orang memiliki hubungan yang rumit dengan uang. Kita diajarkan kalau uang adalah benda yang menakutkan, sulit untuk dihasilkan dan lebih sulit lagi untuk mempertahankannya. Mulai sekarang berhentilah untuk melihat uang sebagai musuh namun teman terbaik kamu. 

Alasan mengapa orang kaya menghasilkan lebih banyak uang adalah karena mereka tidak takut untuk mengakui kalau uang bisa menyelesaikan sebagian besar masalah. Orang-orang dengan kelas finansial menengah melihat uang sebagai pertarungan tiada akhir yang harus dipertahankan dalam hidup namun orang dengan kelas finansial ke atas melihat uang sebagai media yang mampu membuat mereka tenang dan nyaman.

7 Tanda Kalau Kamu Sebenarnya Sudah Kaya

Yang akan kamu pelajari setelah kamu menjadi kaya adalah kalau uang bisa saja membawa kamu mencapai kebebasan. Jika kamu belajar untuk mengontrol finansial kamu, kamu tidak akan stuck di pekerjaan, tempat atau hubungan yang tidak kamu sukai hanya karena kamu tidak mampu bergerak ke arah yang lebih baik. 

Menjadi mandiri secara finansial dapat membukakan pintu kemana saja. Jadi, sudah kaya kah kamu sekarang?

 

BACA JUGA: Meski Kini Kaya Raya, Dulu 7 Seleb Hollywood Ini Hidup Memprihatinkan