Jika kamu benar-benar punya tekad untuk merantau, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan demi membujuk orang tersayang. Bahkan jika orangtua kamu sangat over protective dan dipastikan tidak akan memberikan kamu izin untuk merantau, jika kamu berniat, kamu bisa kok memengaruhi mereka.

Apalagi jika kamu ingin pindah ke kota besar seperti Jakarta, Bandung dan kota lainnya. Keresahan orangtua memang bisa dipahami namun jangan sampai karena hal ini kamu menyiayiakan pengalaman yang harusnya bisa kamu dapatkan selagi masih muda.

5 Cara Meluluhkan Hati Orangtua Agar Kamu Boleh Merantau

Cara meyakinkan mereka kalau kamu sudah dewasa tidak hanya sekedar kata-kata tapi juga perbuatan. Mulailah dengan bantu-bantu pekerjaan rumah seperti membersihkan rumah dan memasak. Tunjukkan kepada orangtua kamu kalau kamu bisa bertanggungjawab untuk dirimu sendiri dengan tidak merepotkan mereka.

Jika kamu berada di usia bekerja, mulailah untuk berkontribusi sedikit dalam pengeluaran rumah tangga seperti membayar setengah dari pengeluaran bulanan air dan listrik. Jika kamu menunjukkan kepada orangtua kamu kalau kamu sedang belajar menjadi orang dewasa dan bertanggungjawab, mereka pasti akan luluh juga ketika kamu memilih untuk merantau. Merebut hati orangtua untuk merantau sebenarnya gampang ketika kamu tahu apa yang kamu lakukan di masa depan.

5 Cara Meluluhkan Hati Orangtua Agar Kamu Boleh Merantau

Meski kamu masih belum merantau, pastikan untuk terus menghubungi orangtua dan memberitahukan apa yang kamu lakukan, di mana dan bersama siapa kamu hari itu. Jangan lupa juga untuk menanyakan tentang orangtua kamu. Orangtua hanya perlu dipastikan kalau keluar dari rumah bukan berarti kamu tidak terkontrol lagi makanya kamu harus sering-sering memberikan kabar kepada mereka meski kamu masih tinggal bersama mereka.

Setelah kamu merantau nanti pastikan untuk selalu saling bertanya kabar dan terus jalin komunikasi yang erat meski jarak memisahkan kamu dengan orangtua kamu.

5 Cara Meluluhkan Hati Orangtua Agar Kamu Boleh Merantau

Buatlah list apa yang kamu harus lakukan dan tentukan bagaimana caramu mendapatkannya dan berapa banyak uang dan waktu yang kamu perlukan. Buatlah rencana untuk mendapatkan pekerjaan, menabung untuk biaya pindahan dan kebutuhan sehari-hari ketika kamu masih harus mencari pekerjaan di kota baru. Orangtua kamu pasti akan setuju kamu merantau kalau kamu menunjukkan rencana detil tentang masa perantauan kamu. 

Jangan lawan mereka dalam bentuk argumen karena pastinya mereka hanya memikirkan keselamatan dan kenyamanan kamu selama di perantauan.

5 Cara Meluluhkan Hati Orangtua Agar Kamu Boleh Merantau

Ada baiknya kamu mulai mencari tempat tinggal di tempat tujuan kamu baik melalui saran orang yang kamu kenal tinggal di sana atau mencarinya melalui situs online. Tunjukkan kepada mereka kalau kamu juga bisa mendapatkan tempat tinggal yang layak. Tunjukkan juga kepada mereka kalau tempat tinggal kamu nantinya akan mendukung aktivitas kamu.

Cara ini akan membantu membuat orangtua kamu tergerak hatinya tanpa mereka sadari kamu sudah berpikir untuk memusatkan perhatian kepada kehidupan kamu sendiri.

5 Cara Meluluhkan Hati Orangtua Agar Kamu Boleh Merantau

Ketika kamu ingin memulai sesuatu yang baru, lebih mudah untuk memulainya dengan pemikiran yang matang dan tidak tergesa-gesa. Jangan berargumen, menangis atau perang mulut hanya karena kamu ingin keluar dari rumah dan merantau di tempat baru. Deskripsikan alasan jelas kepada mereka mengapa kamu harus pindah entah karena alasan pendidikan, pekerjaan atau pengalaman baru bukan hanya sekedar kebebasan yang kamu idam-idamkan selama ini.

 

BACA JUGA: 10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Merantau ke Jakarta