Semua manusia menginginkan kesejahteraan hidup maka dari itu millennials lebih cenderung memilih pekerjaan permanen dibandingkan freelance sama seperti kamu yang sampai sekarang masih bertahan di pekerjaan yang sama tahun demi tahun berganti. 

Namun yang perlu kamu sadari saat ini adalah tidak ada pekerjaan yang bagus dan yang benar-benar mensejahterahkan di zaman sekarang. Faktanya, semakin lama kamu bertahan dalam suatu organisasi, daya juang kamu akan berkurang dan kamu akan lebih mendambakan zona nyaman dibanding menantang diri kamu sendiri mendapatkan karier yang lebih baik

Konsep berpindah pekerjaan saat ini tidak lagi dipandang sebagai bentuk pengkhianatan pada perusahaan karena kamu perlu memikirkan diri kamu sendiri. Idealnya, kamu disarankan untuk berpindah pekerjaan setiap 3 tahun sekali. Ini dia alasannya

1. Mampu memilah tempat kerja yang sehat

7 Alasan Kamu Harus Pindah Kerja Setiap Tiga Tahun Sekaliunsplash.com

Orang yang sering berpindah pekerjaan biasanya sudah punya cukup pengalaman tentang lingkungan sosial sehingga dia bisa memilah lingkungan yang sehat dan yang tidak. Mereka biasanya tidak akan menyerah hanya karena rekan kerja atau bos yang tidak cocok namun mereka jadi belajar untuk mendewasakan diri berinteraksi dengan orang yang tidak mereka sukai.

2. Bisa memotivasi diri sendiri

7 Alasan Kamu Harus Pindah Kerja Setiap Tiga Tahun Sekaliunsplash.com
 

Biasanya orang yang berpindah pekerjaan tiap 3 tahun sekali sudah memiliki motivasi kuat dalam hidup dan bisa menasihati diri sendiri setiap menemukan kendala dalam pekerjaannya. Hal ini yang sebenarnya sangat dibutuhkan di era modern zaman sekarang. 

3. Kesempatan mendapatkan jabatan lebih baik

7 Alasan Kamu Harus Pindah Kerja Setiap Tiga Tahun Sekaliunsplash.com

Ketika kamu sudah bertahan selama 3 tahun di sebuah perusahaan, pengalaman kamu akan dipertimbangkan sehingga bahkan pekerjaan yang akan mencari kamu. Dari situ, kamu bisa memasang tujuan kamu ke depannya untuk mendapatkan jabatan yang lebih baik dari perusahaan lama kamu bekerja. 

4. Networking akan lebih luas

7 Alasan Kamu Harus Pindah Kerja Setiap Tiga Tahun Sekaliunsplash.com
 

Ketika kamu berpindah pekerjaan, jaringan pertemanan di lingkup karier kamu juga akan semakin luas. Kamu bisa berkenalan dengan orang yang berada di luar perusahaan kamu yang mungkin saja bisa mengubah hidup kamu nantinya. 

5. Tahu 'menjual diri'

7 Alasan Kamu Harus Pindah Kerja Setiap Tiga Tahun Sekaliunsplash.com
 

Ketika kamu melamar pekerjaan, kamu pasti sudah tahu nilai diri kamu sendiri yang bisa membuat perusahaan tersebut tertarik untuk merekrut kamu. Dengan berpindah pekerjaan, kamu jadi tahu menjual diri dan mengerti kalau perusahaan tersebut membutuhkan orang berpengalaman seperti kamu. 

6. Terhindari dari politik internal perusahaan

7 Alasan Kamu Harus Pindah Kerja Setiap Tiga Tahun Sekaliunsplash.com
Semakin lama kamu bertahan di suatu perusahaan, semakin banyak kelemahan yang kamu ketahui dari perusahaan tersebut. Menurut pepatah tidak ada perusahaan yang baik di dunia ini kecuali kamu membuat perusahaan kamu sendiri, maka dari itu alihkanlah pandangan kamu dari pandangan internal perusahaan yang tidak penting dengan cara mencari pekerjaan baru. 

7. Mampu beradaptasi dengan baik

7 Alasan Kamu Harus Pindah Kerja Setiap Tiga Tahun Sekali

Ketika kamu berpindah dari satu perusahaan ke perusahaan lain dalam kurun waktu beberapa tahun, kamu akan terbiasa dengan perubahan mulai dari peraturan, strategi bisnis hingga lingkungan sosial sehingga kamu tidak lagi terkejut dengan perubahan di seluruh aspek kehidupan kamu. 

 

BACA JUGA: Alasan Mengapa Orang Cenderung Merahasiakan Penghasilannya