Ada banyak budaya makan siang kantoran di seluruh dunia. Mulai dari yang makan siang di kantin kantor hingga makan siang fancy dengan wine.

Ini dia kultur makan siang kantoran unik dari seluruh dunia

Makanan delivery - India 

Yuk Ketahui Kultur Makan Siang Unik di Seluruh Duniaunsplash.com/Vitaliy Lyubezhanin

Di India, waktu makan siang biasanya adaah waktu paling macet apalagi di kota besar seperti Mumbai makannya dibanding pergi keluar kantor pekerja kantoran lebih memilih memesan makanan. Karyawan kantoran di India pun lebih suka menghabiskan waktu di meja kerjanya selama satu jam sembari menghabiskan makan siang pesanannya seperti roti masalah, salad wortel dan sebagainya.

Konsep delivery makanan untuk pekerja kantoran di Mumbai pun sudah berjalan sangat lama dan diwariskan secara turun temurun. 

Makanan pinggir jalan - Uganda

Yuk Ketahui Kultur Makan Siang Unik di Seluruh Duniaunsplash.com/ Slim Emcee (UG) the poet Truth_From_Africa_Photography

Di Uganda, makan siang menjadi sajian paling krusial di mana pekerja kantoran di negara ini biasanya menghabiskan 30 menit untuk makan siang dan makan di sekitar kantornya.

Kultur kerja di Uganda juga sangat bervariasi namun biasanya karyawan akan lebih suka makan makanan pinggir jalan bersama koleganya. Makanan seperti rolex atau roti gulung dilapisi telur, bawang dan tomat adalah sajian yang paling dinimati karyawan di negara ini mengingat rolex adalah makanan murah, cepat dan enak.

Snack bar - New York

Yuk Ketahui Kultur Makan Siang Unik di Seluruh Duniaunsplash.com/ben o'bro

Di Amerika Serikat, orang menghabiskan kurang dari 30 menit waktu makan siangnya di mana makanan cepat saji jauh lebih efisien bagi mereka. Namun karena makanan cepat saji mayoritas tidak baik untuk kesehatan maka lebih baik bagi karyawan di kota sibuk seperti New York untuk sarapan lebih banyak dan mengonsumsi snack bar yang setara dengan nutrisi satu kali makan di waktu makan siang.

Food Truck - Filipina

Yuk Ketahui Kultur Makan Siang Unik di Seluruh Duniaunsplash.com/Toa Heftiba

Bagi karyawan kantoran di Filipina, menyantap makanan dari food truck adalah sebuah tren selama lima tahun belakangan.  Dibandingkan makanan pinggir jalan, ada banyak food truck yang menyajikan pilihan makanan yang sehat yang biasanya sangat rasanya seperti masakan rumah sehingga pilihan seperti ini menjadi makan siang paling efektif bagi pekerja kantoran di Filipina. 

Makan siang restoran - Perancis

Yuk Ketahui Kultur Makan Siang Unik di Seluruh Duniaunsplash.com/Darren Coleshill

Perancis adalah salah satu negara yang paling memperhatikan kultur makan siangnya. Lebih dari 43 persen responden sebuah survey yang dilakukan The Edenred menunjukkan orang Perancis menghabiskan 45 menit untuk makan siang dan 72 persen di antaranya makan siang di restoran setidaknya satu kali dalam seminggu.

Di restoran, para kolega bisa berbicara lebih leluasa yang sangat didambakan di kehidupan sosial masyarakat perancis. Di hari jumat adalah hari dimana restoran menjadi sangat sibuk karena karyawan kantoran di Perancis juga lebih leluasa minum wine bersama teman kerjanya.

Coffee break - Mesir

Yuk Ketahui Kultur Makan Siang Unik di Seluruh Duniaunsplash.com/Les Anderson

Karena kebanyakan orang Mesir menyantap sarapan pada pukul 9 hingga 11 siang, kebanyakan karyawan menghabiskan waktunya untuk menikmati kopi di jam makan siang seperti jam 12 atau 1 siang. Mereka biasanya akan makan di jam 3 atau 4 sore dan makan malam di jam 9. Sarapan di Mesir yang dimulai cukup lama ini membuat karyawan di sana menghabiskan waktu untuk makan siang dipakai untuk rehat sejenak sebelum makan berat.

 

BACA JUGA: Makanan yang Diperkirakan Akan Booming di 2018