Tentu saja tinggal bersama orangtua akan lebih menyenangkan dan menghemat di mana kamu tidak perlu berpikir akan membayar tempat tinggal atau makanmu sendiri. Namun tidak ada yang lebih menantang dibandingkan menghadapi dunia luar. Kamu akan lebih bisa mandiri dan berusaha untuk mencari jalan untuk kehidupanmu sendiri. 

Orangtua tentu tidak akan mau anaknya keluar dari rumahnya, ini semua tergantung pada dirimu sendiri, apakah kamu sudah siap? Yuk disimak, ini dia pertanda kamu sudah harus keluar dari rumah.

1. Jarak rumah dan kantor atau kampus butuh waktu lama

 
Jika kamu memiliki jarak rumah dan kantor yang cukup jauh, maka ini pertanda kalau kamu sudah harus mencari tempat tinggal sendiri. Demi menghemat waktu di perjalanan, kamu sudah harus keluar dari rumah. Kamu bisa memilih kontrakan atau tempat kos yang nyaman untuk ditinggali dan mengunjungi keluarga di akhir pekan.

2. Suka keluar rumah

 
Hayo, siapa yang selalu dimarahi kalau pulang rumah dini hari? Dengan keluar dari rumah kamu bisa mengatur jam pulang kamu sendiri termasuk untuk main bersama teman-teman kamu. Menurut para ahli, menginjak usia di atas 20 tahun, kamu memang sudah harus memisahkan kehidupan sosial dan keluarga kamu. Mungkin salah satu wujudnya adalah dengan hidup sendiri.

3. Sudah bisa mengatur keuangan sendiri

 
Kalau kamu sudah lihai mengatur keuangan kamu sendiri termasuk penghasilan tetap dan tambahan kamu, sudah layaknya nih kalau kamu mencari tempat tinggal sendiri. Dengan hidup sendiri, kamu bisa mengatur pengeluaran mandiri tanpa harus diintervensi lagi oleh orangtua kamu. Ingat ya, di usia kamu yang sudah dewasa sudah saatnya kamu berbakti dan menyisihkan uang untuk orangtua kamu bukannya memberatkan mereka lagi.

4. Bisa mengerjakan pekerjaan rumah sendiri

 
Sudah bisa masak sendiri? Atau mencuci baju sendiri? Sempurna! Kamu sudah bisa keluar rumah mengandalkan kebiasaan baik kamu ini. Kamu juga sudah harus belajar mengerjakan sesuatu untuk diri kamu sendiri termasuk hal-hal kecil seperti pekerjaan rumah tangga. Jangan sampai deh, yang membersihkan tempat tinggal kamu nanti harus orangtua atau orang lain lagi.

5. Adik kamu bahkan sudah pergi merantau

 
Salah satu pertanda kalau kamu juga sudah harus keluar dari rumah adalah satu persatu saudara-saudara kamu sudah merantau dan memilih untuk tidak tinggal bersama orangtua lagi. Disatu sisi, sebagai anak kita kasihan melihat orangtua yang ditinggal oleh anak-anaknya. Tapi percaya deh, kalau orangtua memang menyayangi kamu, mereka pasti akan berbuat yang terbaik untuk kamu termasuk mengizinkan kamu keluar dari rumah. Oh ya, jangan lupa kunjungi mereka minimal dua kali seminggu atau rajinlah berkomunikasi.

6. Sudah menjalani hubungan serius

 
Kamu juga ingin kan membangun rumah tangga mandiri nantinya dengan pasangan kamu? Sudah pertanda nih kalau kamu harus keluar dari rumah kalau kamu dan pasangan kamu berencana untuk punya rumah sendiri. Sebelum menjadi ibu rumah tangga yang baik, kamu juga harus belajar cara untuk menjaga dan merawat diri kamu sendiri.

7. Tidak harus dimintai tolong atau disuruh orangtua lagi

 
Masih ingat kan kalau sewaktu kecil dulu kamu masih harus dibangunkan orangtua, disuruh mandi, makan, menyirami tanaman dan sebagainya? Nah. kalau kamu sudah melakukan semuanya sendiri tanpa disuruh berarti kamu sudah memiliki inisiatif sendiri dan ini adalah kebiasaan baik. Dengan keluar dari rumah, kamu bisa melakukan sesuatu sesukamu karena orangtua pun sudah percaya kalau kamu bisa melakukan apa maumu dengan sikap penuh tanggung jawab.

8. Menginjak usia di atas 27 tahun

 
Usia 27 tahun menandakan kalau kamu sudah matang. Wanita di usia 27 tahun biasanya sudah memiliki karier yang stabil, penghasilan tetap atau bahkan sudah berkeluarga dan memiliki anak. Jika kamu adalah salah satu dari empat kategori di atas kamu perlu mempertimbangkan untuk keluar dari rumah dan menjadi mandiri.

9. Sudah siap untuk mandiri

 
Poin terpenting dari keputusan untuk keluar dari rumah adalah apakah kamu siap menghadapi dunia luar tanpa orangtua? Ingat lho kamu harus membayar semuanya sendiri dan mengerjakannya secara mandiri. Namun meskipun begitu, hidup sendiri memiliki banyak keuntungan. Kamu akan lebih mendalami karakter kamu dan berusaha untuk memperjuangkan diri kamu sendiri.

 

BACA JUGA: Mau Jalan-Jalan Sendiri Tapi Dilarang Orangtua? Pakai Trik Ini