Sudah menjadi kewajiban untuk pemain film mempromosikan filmnya menjelang tanggal rilisnya di bioskop. Tidak hanya memberitahukan secara singkat sinopsis serta karakter dalam film yang dimainkannya dari media ke media lainnya, di zaman sekarang aktor dan aktris diharap mampu menarik perhatian publik untuk menyisakan waktu, uang dan energinya untuk datang ke bioskop. Hal ini yang membuat metode tradisional seperti beriklan sudah tidak manjur lagi.

Di antara beberapa judul film, terdapat lima judul film yang bentuk promosinya menyajikan metode promosi yang tidak biasa. Apa saja ya?

Jualan dimsum dan martabak

5 Kegiatan Promosi Film Indonesia Terunik dan Janggalinstagram.com/ayutingting92

Demi mempromosikan film terbarunya yang berjudul Dimsum Martabak, dua pemain utamanya yakni Ayu Ting-ting juga Boy William rela menjalani profesi baru yakni menjadi penjual dimsum dan martabak selama satu hari. 

Pada pertengahan Mei lalu, Ayu Tingting terlihat sibuk menyajikan makanan di sebuah food truck di halaman Ramayana Departement Store Tangerang bersama dengan Boy William. Antusiasme masyarakat juga sangat besar melihat artis idolanya berjualan di sekitar area pemukimannya.

Wedding crasher

5 Kegiatan Promosi Film Indonesia Terunik dan Janggalinstagram.com/adipatidolk

Dua aktor utama Teman Tapi Menikah, Adipati Dolken dan Vanesha Prescilla juga melakukan hal yang di luar kebiasaan untuk promosi filmnya. Metode yang mereka lakukan saat itu ialah wedding crasher atau mendatangi pernikahan orang yang tidak dikenal untuk diberi kejutan.

Pengantin yang mereka pilih untuk didatangi acara pernikahannya adalah pasangan yang sudah lama berteman, sama seperti latar belakang cerita dalam film yang mereka bintangi. 

Menggunakan pakaian adat

5 Kegiatan Promosi Film Indonesia Terunik dan JanggalInstagram.com/hanungbramantyo

Demi mempromosikan film terbarunya yang juga bernuansakan sejarah, para pemain film Bumi Manusia rela promosi menggunakan pakaian adat jawa sambil berkeliling radio dan stasiun televisi. 

Film yang diperankan oleh Iqbaal Ramadhan dan Mawar Eva ini adalah buah karya novelis terkenal Pramoedya Ananta Noer yang berfokus pada cerita revolusi masyarakat Jawa saat penjajahan Belanda sehingga dirasa perlu untuk melakukan promo dengan kostum berlatar belakang sejarah.

Mendesain ulang pesawat

5 Kegiatan Promosi Film Indonesia Terunik dan Janggalinstagram.com/indrowarkop_asli

Pemandangan yang tidak biasa juga terlihat saat promosi film komedi Warkop DKI Reborn akhir tahun lalu. Wajah ketiga aktornya yakni Tora Sudiro, Vino G. Sebastian dan Abimana Aryasatya sengaja digambar di badan pesawat. 

Pesawat tersebut memang benar digunakan oleh pemain film serta krunya sebagai moda transportasi untuk promosi di lima kota dalam satu hari. 

Mengosongkan kursi bioskop

5 Kegiatan Promosi Film Indonesia Terunik dan Janggalinstagram.com/danurmovie

Kegiatan promosi film Danur dengan mengosongkan lima kursi bioskop untuk karakter fiksi dalam film tersebut memang terkesan menyeramkan namun inilah yang dianggap penulis serta kru film menarik perhatian penonton. 

Lima bangku yang dikosongkan diharapkan diisi oleh lima karakter hantu Belanda yang dalam fim ini disebut sahabat beda dunia. Lima kursi yang dikosongkan pada premier film tersebut dilapisi kain putih dan diletakkan beberapa barang kecil seperti buku musik, bunga dan lain sebagainya. 

 

BACA JUGA: Selain Cinta Laura, 5 Seleb Indonesia Ini Juga Go Internasional di Dunia Perfilman