Salah satu keunggulan dari drama korea yang membuat banyak orang jatuh hati adalah potret kehidupan yang ditampilkan benar-benar mirip dengan realita sehari-hari termasuk di dalamnya aktivitas kerja. Dari berbagai macam genre, drama korea yang berpusat pada lingkungan kerja kantoran juga ternyata diminati karena banyak gambaran dan situasi sosial yang benar-benar sangat mirip dengan dilema pekerjaan bagi millenial jaman sekarang.

Apa saja sih dramanya? Cek di sini dulu yuk.

Misaeng

4 Drama Korea yang Deskripsikan Beratnya Kehidupan Kerja Bagi Millenialjediprincess.wordpress.com

Berbicara tentang drama kehidupan kerja rasanya tidak puas kalau tidak membahas drama populer satu ini. Misaeng bercerita tentang sosok pemuda bernama Jang Geu Reu yang sejak kecil bercita-cita ingin menjadi pemain baduk (catur korea) ternama. Namun karena gagal mencapai impiannya, ia akhirnya berusaha bekerja kantoran dengan ijazah SMA berkat bantuan orang dalam. Karena kemampuannya yang dipandang tidak mumpuni dari latar belakang pendidikan, ia pun dipandang sebelah mata bukan hanya dari atasan tapi juga teman sekantornya. Dalam setiap episodenya, kamu akan diajak untuk melihat realita nyata pekerja kantoran mulai dari politik kotor perusahaan hingga diskriminasi terhadap wanita. 

The Best Moment to Quit Your Job

4 Drama Korea yang Deskripsikan Beratnya Kehidupan Kerja Bagi Millenialwww.youtube.com

Sama seperti Misaeng, drama ini juga diangkat dari webtoon dengan judul yang sama bercerita tentang kegalauan empat wanita di era milenial tentang karier masa depannya. Cerita dibuka dengan kisah perjuangan Yeon Ji, seorang wanita yang hanya bekerja di berbagai perusahaan dalam waktu singkat karena tidak mendapatkan pekerjaan permanen dan beberapa temannya yang memilih untuk menjalani pekerjaan yang mereka sukai. Perjalanan karier satu sama lain tidaklah mudah hingga drama ini sampai ke satu pertanyaan inti dari drama ini sendiri, kapan waktu yang tepat untuk keluar dari pekerjaan kamu?

Radiant Office

4 Drama Korea yang Deskripsikan Beratnya Kehidupan Kerja Bagi Millenialwww.youtube.com

Drama ini menceritakan tiga pengalaman kerja pertama tiga anak muda yakni Eun Ho Won, seorang wanita berusia 28 tahun yang sudah lelah dengan pekerjaan paruh waktu yang ia lakoni selama ini. Ia pun pernah berniat untuk bunuh diri dan diwaktu yang bersamaan ia mendapat kabar kalau ia mendapatkan pekerjaan baru. Bersama degan dua rekannya. Do Ki Taek dan Jang Kang Ho mereka berusaha untuk beradaptasi dengan dunia kerja yang sesungguhnya termasuk menghadapi si bos yang rewel dan banyak maunya.

Not All Right, But It's Alright

4 Drama Korea yang Deskripsikan Beratnya Kehidupan Kerja Bagi Millenialwww.youtube.com

Web drama ini terbilang cukup singkat dan fokus pada dunia kerja dua tokoh sentralnya yakni Jian, seorang karyawan baru wanita di bagian web desain yang kesal dengan kelakuan bosnya. Ia pun akhirnya mulai berpikir untuk keluar atau bertahan di perusahaannya saat ini bekerja. Sementara, Geon Ho, teman Jian, juga masih galau tentang masa depannya karena tak kunjung mendapatkan pekerjaan.

 

BACA JUGA: Drama korea Ini Ajarkan Kita Bahwa Inner Beauty Bisa Taklukan Segalanya!