Diterima magang memang sesuatu yang menyenangkan, ada perasaan bahagia kala membayangkan bagaimana pengalaman bekerja untuk pertama kalinya. Memang selalu ada perasaan gugup ketika mulai melakukan sesuatu yang baru sama halnya dengan memulai magang.

Kamu mungkin tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi, namun kamu bisa menyiapkan diri kamu untuk menerima banyak tantangan dan kesempatan yang datang saat memulai magang. Ini dia tujuh hal yang perlu kamu lakukan saat mulai magang untuk pertama kali

1. Tenangkan diri

 
Kamu tidak mungkin bisa mengingat nama semua orang dalam satu perusahaan di satu waktu, dan karenanya kamu tidak akan mungkin dibenci. Semua orang pasti ingat hari pertamanya bekerja maka dari itu percaya diri dan selalu tersenyum. Semuanya akan baik-baik saja.

2. Banyak bertanya

 
Beranikan dirimu bertanya lebih banyak ketimbang saat kamu berada di kelas. Kamu magang juga untuk belajar, maka dari itu tidak ada salahnya bertanya. Bertanya tidak akan membuatmu menjadi orang bodoh. Beranikan bertanya pada bos, teman magang atau office boy sekalipun.

3. Jangan biarkan dirimu bosan

 
Mungkin di beberapa waktu kamu akan kebagian pekerjaan, namun di lain waktu kamu mungkin bahkan tidak akan menerima pekerjaan apapun. Jangan biarkan dirimu terlalu banyak menatap handphone, tanyalah kepada sekitarmu apa yang mereka butuhkan atau buatlah dirimu menjadi pintar dengan belajar sendiri.

4. Berani bicara

 
Jika kamu merasa tidak sesuai dengan aturan atau tugas yang diberikan kepada kamu, jangan pendam perasaan tersebut namun utarakanlah. Ada 99 persen kesempatan kamu akan diterima dengan baik dan dianggap sebagai seorang penganalisa yang baik.

5. Jelajahi bidang yang kamu sukai

 
Jika kamu merasa kamu tidak tertarik dengan dunia marketing seperti penempatan kamu sekarang, maka tanyakan kepada bos kamu untuk merekomendasikan kamu ke tempat yang lebih kamu sukai. Kamu perlu untuk menjelajahi banyak departemen untuk tahu bidang apa yang sebenarnya kamu ingin jelajahi lebih banyak.

6. Jadikan diri kamu seorang bos

 
Meskipun kamu hanya peserta magang, kamu juga memiliki hak untuk memberikan ide dan memutuskan sesuatu kok. Maka dari itu, jika semua orang mengeluarkan pendapatnya untuk memberikan sebuah keputusan pastikan dirimu ada disana.

7. Bicaralah pada banyak orang

 
Kenalilah banyak orang di sekitar kamu bahkan jika hanya satpam atau office boy, jangan hanya membuat sebuah grup dengan teman magang kamu karena kamu tidak akan tahu koneksi dan kesempatan akan datang darimana. 

BACA JUGA: Tahun Ini Harus Dapat Tempat Magang! Ini Dia Tips-tipsnya