Kenapa sih kebanyakan dari kita harus pakai kemeja putih dengan rok dan sepatu hak tinggi saat wawancara kerja padahal orang-orang penting seperti Steve Jobs atau Mark Zuckerberg hanya memakai pakaian kasual yang dipadu padankan dengan bawahan jeans?

Nah, bagaimana kalau seandainya kamu juga menggunakan jeans saja ketika menghadiri wawancara kerja? Dianggap tidak sopankah?

1. Ketahui Budaya Perusahaan

Bolehkah Memakai Jeans Saat Wawancara Kerja?teenage.com.sg

Studi menyebutkan kalau sebenarnya pewawancara sudah tahu kamu orang yang tepat atau tidak untuk mendapatkan pekerjaan tersebut hanya dari beberapa detik melihat kamu. Hal ini pun tidak terlepas dari pakaian apa yang kamu kenakan pada saat itu. Bukan hanya karena pakaiannya sesuai dengan badan kamu, tapi penting bagi kamu untuk berpakaian sesuai dengan kultur perusahaan.

2. Jangan Terlalu Cuek

Bolehkah Memakai Jeans Saat Wawancara Kerja?Instagram/@iymel

Namun, jangan coba-coba untuk memakai jeans jika kamu melamar di perusahaan perbankan, marketing, public relation atau perhotelan karena biasanya mereka menetapkan standar yang tinggi dalam urusan berpakaian, pastikan kamu menggunakan kemeja, rok dan sepatu hak tinggi untuk menunjang penampilan.

Pastinya kamu tidak akan mau memakai kemeja dan jeans sementara yang mewawancarai kamu memakai pakaian formal kan? Sama halnya seperti kamu tidak ingin memakai rok dan sepatu hak tinggi sedangkan yang mewawancarai kamu hanya pakai kaos polos dan celana jeans, Bela.

3. Pakai Jeans Boleh Kok, Asal ....

Bolehkah Memakai Jeans Saat Wawancara Kerja?saimachowdhury.co.uk

Jika kamu melamar di perusahaan periklan atau industri kreatif lainnya, kamu bahkan sangat disarankan untuk berpakaian kasual seperti halnya memakai celana jeans dan sepatu sneakers mengingat gaya bekerja mereka yang tidak terlalu kaku. Tentu saja mereka tidak akan memakai rok atau sepatu hak tinggi saat mereka harus mengeluarkan ide cemerlang setiap harinya.

Diwajibkan bagi kamu untuk mengetahui kultur perusahaan dulu sebelum memilih pakaian yang tepat untuk datang saat wawancara namun pastikan kamu berpakaian kasual juga tetap rapi ya, Bela.

4. Solusi Terbaik

Bolehkah Memakai Jeans Saat Wawancara Kerja?liveabout.com

Akan lebih baik jika kamu menggunakan pakaian dengan warna netral yang tidak terlalu mengundang perhatian dan hindari menggunakan warna pakaian yang bertabrakan dan pola yang terlalu ramai. Intinya, yang paling penting sebenarnya adalah bagaimana kamu menanggapi setiap pertanyaan yang diajukan pewawancara, Jadi jangan takut dahulu mengenai dress code ya, Bela.

Jika kamu masih merasa ragu harus berpakaian apa saat wawancara, jangan takut untuk bertanya melalui telepon atau email saat undangan wawancara diberikan pada kamu. 

 

BACA JUGA: Ditanya Kelemahan Saat Wawancara Kerja? Ini Jawaban yang Benar