Coba pikirkan kembali deh, Bela, apa makna kerja keras bagimu? Apa kerja keras berarti kita harus bekerja tanpa pantang menyerah meskipun kesulitan dan halangan selalu datang? Kalau kamu merasa sukses hanya datang karena bersakit-sakit dahulu, kamu salah besar. Hidup ini orang seimbang, jangan mau sakit-sakit dahulu, karena sekarang, besok ataupun nanti kamu harus tetap bahagia karena kesuksesan kamu. Makanya itu, kerja keras tidak lagi jadi patokan kesuksesan. Ini di alasannya

Bekerja kreatif lebih berguna dibanding bekerja keras

Bekerja Keras Saja Tidak Bisa Membuat Kamu Sukses, Ini Alasannyaunsplash.com
 

Bekerja keras hanya akan menghabiskan waktu, terutama jika kamu tidak mendapatkan hasil apa-apa setelahnya. Bekerja kreatif di sisi lain adalah strategi pintar untuk mencapai tujuan kamu, Bela. Dengan bekerja keras biasanya kamu hanya akan meniru apa yang sudah dilakukan oleh orang-orang yang lebih sukses dari kamu, padahal kamu bisa menemukan hal-hal baru dengan bekerja kreatif. Kamu juga tidak harus membuang waktu kamu yang berharga demi kata bekerja keras yang pada hasilnya tidak semaksimal yang kamu harapkan. 

Kamu juga butuh bantuan

Bekerja Keras Saja Tidak Bisa Membuat Kamu Sukses, Ini Alasannyaunsplash.com
 

Menjaga hubungan yang kuat adalah sesuatu yang vital karena tidak ada orang yang bisa hidup sendirian di dunia ini. Kunci kesuksesan adalah membangun koneksi dan hanya dengan bekerja keras kamu tidak bisa mencapai impian kamu. Dengan bantuan orang lain, kamu lebih mudah mengerjakan tugas dan kewajiban kamu yang kamu anggap sangat sulit. Setidaknya, mereka bisa tetap memotivasi kamu kala sedang stres. 

Penting mengalahkan rasa takut

Bekerja Keras Saja Tidak Bisa Membuat Kamu Sukses, Ini Alasannyaunsplash.com
 

Ketakutan bisa jadi hal serius yang bisa menghalangi kesuksesan kamu maka dari itu kamu harus tahu cara menghadapinya. Cara terbaik untuk mengalahkan rasa takut adalah menghadapinya bukan dengan bekerja keras. Ibarat kata, kamu sudah belajar mati-matian tapi di hari ujian kamu malah ketakutan sampai ngga berani masuk kelas? Tuh kan, kamu sudah harus bisa menghadapi kenyataan dengan persiapan yang matang dan jangan lupa berdoa ya, Bela.

Kamu juga butuh bahagia

Bekerja Keras Saja Tidak Bisa Membuat Kamu Sukses, Ini Alasannyaunsplash.com
 

Jangan karena berpatokan pada impian, kamu jadi lupa caranya bahagia ya. Bahagia kadang bisa datang kalau kamu rileks sebentar menikmati pagi atau sekedar minum kopi. Kebahagiaan dan kesuksesan harus datang beriringan, jangan sampai kamu sudah sukses tapi tetap nggak bahagia karena terus-terusan bekerja membandingkan materi dan pencapaian. Semuanya nggak ada yang abadi, Bela. Maka dari itu ciptakanlah bahagia mu sendiri.

BACA JUGA: 10 Tips Agar Kamu Bekerja Lebih Cerdas, Bukan Lebih Keras