Berapa gajimu di perusahaan sekarang ini, Bela? Coba ingat-ingat respon apa yang biasa kamu sampaikan setelah mendapat pertanyaan ini. Kebanyakan orang tidak mau mengungkap secara lugas nominal gaji yang ia dapatkan. Bahkan sebisa mungkin merahasiakannya, dan menginginkan orang lain menerka-nerka dengan memberikan jawaban yang terbilang absurd. Di kehidupan sosial kita, penghasilan menjadi hal pribadi yang hanya dibagikan bagi orang terdekat yakni keluarga. Kira-kira kenapa sih orang-orang cenderung merahasiakan penghasilannya? Ini dia alasannya

Bersifat personal

Alasan Mengapa Orang Cenderung Merahasiakan Penghasilannyaunsplash.com
 

Beberapa orang berpikiran untuk merahasiakan pendapatannya karena beberapa rekannya memiliki kualifikasi, tanggung jawab dan pekerjaan yang sama namun digaji dengan nominal yang tidak sama. 

Ada banyak alasan mengapa bagian human relation suatu perusahaan menetapkan gaji yang tidak sama pada karyawan yang memiliki jabatan yang sama sehingga sulit untuk terbuka mengenai gaji kepada orang lain khususnya teman sekerja. 

Harga diri

Alasan Mengapa Orang Cenderung Merahasiakan Penghasilannyaunsplash.com
 

Selain bersifat personal, gaji adalah masalah harga diri. Orang selalu berekspektasi kalau bekerja di perusahaan besar akan selalu mendapatkan gaji yang besar, padahal tidak selamanya begitu.  Terkadang demi menjaga nama baik perusahaan dan diri sendiri, banyak orang yang berusaha merahasiakan pendapatan per bulannya bahkan dengan teman terdekatnya sekalipun. 

Tidak mau digurui

Alasan Mengapa Orang Cenderung Merahasiakan Penghasilannyaunsplash.com
 

Ada kekhawatiran banyak orang ketika mengungkapkan nominal gajinya, orang lain akan mulai mengguruinya dengan rencana finansial maka dari itu orang mulai berusaha untuk merahasiakan pendapatannya. Ketika pendapatan yang ia hasilkan melebihi rata-rata, banyak orang yang berekspektasi untuk menawarkannya aset masa depan atau bertindak seolah penasihat keuangan yang kadang membuat kesal sendiri. 

Masih dianggap hal yang tabu

Alasan Mengapa Orang Cenderung Merahasiakan Penghasilannyaunsplash.com
 

Membicarakan gaji masih dianggap tabu, karena kebanyakan orang masih menilai seseorang hanya berdasarkan pendapatannya per bulan. Terkadang orang lebih memikirkan nilai diri berdasarkan nominal penghasilan dibandingkan pekerjaan yang setiap harinya dilakukan sehingga membicarakan gaji bisa jadi merendahkan pekerjaan seseorang.

Kesenjangan sosial

Alasan Mengapa Orang Cenderung Merahasiakan Penghasilannyaunsplash.com

Orang terkadang juga akan menghindari topik gaji ketika berhadapan dengan orang yang ia ketahui penghasilannya per bulan. Hal ini kurang lebih untuk menghindar kesenjangan sosial di antara mereka. Kebanyakan orang digaji lebih banyak tidak ingin menyakiti hati orang lain yang digaji lebih sedikit darinya di lingkungannya, karena hal ini akan membuatnya dan orang lain tidak nyaman jika hal tersebut diketahui orang lain.

 

BACA JUGA: Jangan Pendam Hal Seperti Ini Kalau Kamu Ingin Maju